Perbedaan Printer All in One Epson L485 dengan L385

Epson Printer All In One

Buat yang lagi nyari printer all in one (print - scan - copy), mungkin akan melirik printer yang satu ini, yaitu printer Epson L485 atau yang seri L385. Kalau kamu lihat secara singkat, kedua printer ini terlihat sama saja. Tetapi sebenarnya keduanya punya perbedaan yang cukup signifikan.

Perlu kamu ketahui kalau kedua seri printer Epson ini sebenarnya seri terbaru dari seri yang pernah ada. Untuk Epson L385 sendiri merupakan upgrade dari Epson L365, sedangkan Epson L485 upgrade dari Epson L455.

Jadi kalau kamu mau nyari yang Epson L365 atau L455 mending diurungkan saja dan cari yang versi barunya, yaitu Epson L385 dan L485. Karena kedua printer ini sudah memiliki keunggulan dibanding seri sebelumnya.

Baiklah saya tidak akan membahas perbedaan antaranya seri sebelumnya dengan yang baru, tetapi akan memberikan informasi mengenai perbandingan antara printer all in one Epson L385 dengan L485.

Persamaan Epson L485 dengan L385

Sebelum melihat perbedaannya, mending kita cari tahu dulu persamaannya. Kedua printer ini sama-sama sudah dilengkapi fitur WiFi. Sehingga sangat memudahkan untuk digunakan mencetak dokumen dari jarak jauh atau untuk lingkup perkantoran.

Selain itu printer ini juga memiliki kapasitas Ink Tank Epson yang besar. Di klaim mampu mencetak hingga 7500 lembar untuk warna dan 4500 lembar untuk hitam.

Sama-sama memiliki fitur Epson Connect Enabled. Kedua printer ini telah dilengkap fitur konektivitas yang lengkap, diantaranya Epson Connect yang bakal memudahkan pencetakan dalam satu koneksi jaringan LAN atau Wifi. Dan fitur ini dilakukan melalui Epson iPrint, Epson Email Print, Remote Print Driver, Scan to Cloud, Apple AirPrint, Google Cloud Print, dan Mopria Print Services.

Perbedaan Epson L485 dengan L385

Untuk perbedaannya sendiri ada beberapa item, seperti di bagian :

#Wi-Fi Connectivity

Meski sama-sama memiliki fitur WiFi, tetapi di Epson L385 ini hanya dapat menggunakan mode Infrastructure yakni melalui Wi-Fi Router. Sedangkan untuk Epson L485 sudah memiliki koneksi WiFi Direct yang memungkinkan untuk dihubungkan ke 4 perangkat langsung, tanpa harus melalui Router.

#Layar LCD

Epson L485

Epson L485

Nah di Epson L485 ini sudah memiliki layar LCD sebesar 1.44 inci berwarna. Sehingga sangat memudahkan untuk melakukan printing dll. Sedangkan di L385 belum ada layar LCD nya. Owh ya, di L485 juga sudah tersedia slot Memory Card sehingga pengguna bisa langsung mencetak dari memory card tanpa harus melalui komputer.

#Jumlah FotoCopy

Bagi yang membutuhkan fitur fotocopy tentang L485 jadi solusi, meski L385 juga sudah ada fitur fotocopy, tetapi L385 hanya bisa digunakan untuk copy dengan jumlah maksimal 20 copy saja. Sedangkan Epson L485 mampu digunakan hingga 99 copy. Selain itu L485 juga dapat digunakan untuk memperkecil maupun memperbesar dokumen antara 25-400% dengan fungsi AutoFit.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah printer All in One Epson L485 lebih unggul dibanding Epson L385. Tetapi dari keunggulan itu tidak mengurangi kelayakan L385 sebagai printer All in One salah satu yang terbaik di kelasnya.

Dari perbedaan ini, wajar jika keduanya punya harga yang berbeda.

Sekarang tinggal kamu menyesuaikan kebutuhan dan budget saja. Yang jelas keduanya memiliki garansi resmi  hingga 2 tahun atau 30.000 lembar. Kalau kamu butuh untuk kebutuhan perkantoran yang lingkupnya cukup besar, Epson L485 bisa jadi solusi. Tetapi kalau untuk rumahan, Epson L385 bisa dicoba.



Baca juga :



Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *