Begini Cara Menghitung Kebutuhan Daya Komputer Kamu

Daya Komputer
Image via Lifewire.com

Cara Menghitung Kebutuhan Daya Komputer | Kebutuhan daya pada komputer sangatlah vital karena ini akan berdampak pada kestabilan kinerja komputer. Selain itu juga memberikan jaminan kalau perangkat dan komponen yang terpasang berjalan dengan baik dan tidak rusak.

Karena kadang ada komponen yang tidak bisa bekerja maksimal ketika daya komputer kurang sesuai.

Kebutuhan daya pada komputer dikelola oleh sebuah perangkat bernama Power Supply. Kalau kamu beli PSU (Power Supply Unit), pasti akan mendapatkan beberapa tipe dan ukuran. Jangan sampai kamu memiliki power supply yang berlebih atau kurang, pastikan kebutuhan dayanya ideal.

Buat pengguna komputer pemula, biasanya akan sembarang dalam membeli power supply, padahal perlu diukur agar kebutuhan dayanya pas. Nah untuk menghitung daya yang dibutuhkan komputer kamu, bisa menggunakan cara ini. Kamu tidak perlu tanya pada orang lain, cukup ikuti cara ini.

#1 Menggunakan Cooler Master - Power Supply Calculator

Tenang, kamu nggak perlu ngitung manual. Kamu bisa coba pakai software Cooler Master ini untuk menghitung kebutuhan daya komputer kamu. Software ini sudah cukup populer kok.

Kamu cukup buka alamat website ini : http://www.coolermaster.com/power-supply-calculator/

Kemudian di sana akan ada banyak sekali form mulai dari Motherboard, CPU, Storage, dll. Nah kamu cukup pilih saja yang sesuai dengan spesifikasi komputer kamu. Kalau ada yang tidak tercantum, bisa pilih yang mendekati atau tidak perlu dipilih.

Jadi sebelum menggunakan software tersebut, kamu perlu mencatat seri komponen komputer kamu. Misalnya untuk CPU Intel menggunakan socket tipe apa. Karena di sana akan banyak listnya, jadi kamu perlu memilihnya yang sesuai dengan tipe CPU kamu.

Hasil Cooler Master

Kalau sudah diisi semua, tinggal klik Calculate di bagian bawah, dan nanti akan muncul hasil rekomendasi PSU Wattage-nya.

#2. Menggunakan OuterVision - Power Supply Calculator

Cara yang kedua pakai aplikasi OuterVision. Pada intinya, aplikasi ini sama dengan Cooler Master, yakni memberikan kemudahan dalam penghitungan power supply pada komputer.

Bedanya di OuterVision ini ada dua pilihan, Expert dan Basic. Kalau kamu tidak begitu tahu soal komponen perangkat komputer kamu, bisa pilih Basic, tapi jika sudah tahu apa saja spesifikasi dan tipe perangkat yang terinstall di komputer kamu, bisa pilih Expert.

Akan tetapi untuk hasil akan lebih akurat jika kamu memiliki mode Expert. Karena di mode ini kamu bisa mengisi informasi spesifikasi dengan detail. Sehingga hasilnya nantinya akan tidak jauh beda dengan kebutuhan sebenarnya.

Kalau sudah tinggal klik Calculate, maka kamu nanti akan mendapatkan hasil rekomendasi besaran power supply yang dibutuhkan.

Jadi seperti itu cara menghitung kebutuhan daya komputer kamu. Sangat mudah, dan ditiap-tiap rekomendasi itu kamu juga akan mendapatkan rekomendasi produknya. Kamu tidak perlu beli sama seperti yang direkomendasikan, karena itu pesan sponsor dari layanan tersebut. Tapi kamu bisa beli yang punya spesifikasi seperti itu. Intinya produk itu bisa dijadikan referensi.



Baca juga :



Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *