Jenis-Jenis Kertas Cetak Foto

Jenis Kertas Foto

Printer itu memiliki berbagai jenis atau tipe dan perbedaan antar tipe itu salah satunya dikarenakan fungsi. Ada printer yang hanya digunakan untuk cetak dokumen biasa saja, tetapi juga ada printer khusus untuk cetak foto. Printer untuk cetak foto sendiri juga punya spesifikasi yang berbeda, salah satunya harus menggunakan kertas cetak foto.

Ya kali mau cetak foto tapi kertasnya pakai jenis HVS. :D Ya bisa saja sih, tetapi kan tidak cocok.

Nah kertas cetak foto ini pun banyak sekali jenisnya. Kalau kamu mau ngeprint biasanya ada beberapa nama kertas yang harus dipilih.

Tipe Kertas

Pasti kamu juga belum tau apa saja perbedaan antara jenis-jenis kertas foto yang ada saat ini. Mari kita pelajari bersama.

Glossy Photo Paper

Kertas foto yang satu ini sudah banyak dikenal orang. Salah satu ciri atau karakter dari kertas foto ini adalah bahannya yang glossy. Glossy itu permukaan kertasnya halus dan mengkilap. Jenis kertas ini memang banyak digunakan, karena termasuk standar kertas foto.

Akan tetapi kertas ini mudah tergores dan lengket.

Karena lapisannya yang mengkilap, hasil cetakan fotonya nanti pun akan terlihat cemerlang. Harganya relatif murah, dan ini yang banyak di pasaran.

Kertas Glossy

Premium Glossy Photo Paper

Karakteristik kertas foto ini sama dengan Glossy Photo Paper, tetapi karena ini ‘premium’ tingkat permukaannya lebih mengkilap dibanding yang biasa. Dan kertas ini lebih ditujukan untuk mencetak foto dengan resolusi tinggi. Ya meskipun yang jenis glossy biasa juga bisa, tetapi yang premium ini akan lebih menghasilkan kualitas yang sempurna.

Akan tetapi harganya lebih mahal.

Matte Paper

Kalau glossy itu permukaannya mengkilap, Matte Paper ini permukaannya kasar atau biasa orang menyebutnya ‘Doff’. Kertas ini memiliki kekuatan penyerapan tinta yang kuat. Sehingga kadang kualitas tinta yang biasa saja bisa tersamarkan karena kualitas kertas ini.

Biasanya jenis kertas Matte Paper atau Doff ini digunakan untuk cetak foto yang nantinya akan dibingkai.

Owh ya, dari segi keawetan cetakan foto, sebenarnya lebih awet jenis kertas ini dibanding Glossy. Karena glossy itu mudah lengket kalau dipegang, dan kadang meninggalkan bekas sidik jari.

Luster Photo Paper

Bisa dibilang jenis kertas ini adalah gabungan dari glossy dan matte. Karena memiliki permukaan yang berkilau tetapi tidak over, dan teksturnya seperti kulit jeruk. Kertas ini juga lebih tebal, dan jika dilihat sekilas memang sangat berkualitas. Sangat cocok untuk digunakan cetak foto berbingkai dengan resolusi tinggi. Kombinasi glossy dan matte membuat hasil cetakan fotonya akan nampak indah.

Dengan kertas ini foto akan lebih kuat kontrasnya dan saturasi yang kaya. Foto pun akan terlihat lebih tajam.

Sticker Glossy Photo Paper

Merupakan jenis kertas foto dengan tempelan (stiker). Sering kita menjumpai pada sticker yang menampilkan foto dengan warna dasar kertas putih dan mengkilap, jenis ini sangat cocok untuk keperluan pembuatan sticker serta mampu mencetak foto beresolusi tinggi.

Double-Side Paper

Jenis kertas ini memiliki dua sisi yang bisa digunakan untuk mencetak foto. Hasil kedua sisinya pun sama-sama bagus. Untuk tekstur kertasnya sendiri tidak terlalu mengkilap tetapi lebih ke doff. Biasanya penggunaan kertas ini untuk kebutuhan cetak pamflet atau brosur yang memang butuh cetak dua sisi.

Sebenarnya masih ada beberapa jenis kertas foto lainnya lagi, tetapi itu yang biasa digunakan oleh orang. Semoga bisa bermanfaat.

Kamu mungkin juga suka :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.