Ingin Membeli Printer Ink Tank? Simak 4 Kelebihan dari Printer Ink Tank

Printer Ink Tank

Printer merupakan alat yang digunakan untuk mencetak (output) pekerjaan, yang sebelumnya telah dibuat (input) pada komputer PC atau laptop kita. Seiring berkembangnya zaman, printer itu sendiri sudah hadir dalam beberapa jenis.

Salah satunya adalah printer ink tank. Mesin pencetak ini disebut printer ink tank, sebab memiliki tangka tinta original dari pabrikanya. Sebagian besar orang yang menggunakan printer, umumnya memilih jenis printer ini dengan anggapan bahwa penggunaan tinta printer akan lebih hemat.

Printer tidak hanya digunakan oleh perorangan pribadi, tetapi juga banyak digunakan di berbagai sector penting. Mungkin, printer lebih diperuntukan untuk mencetak laporan atau artikel khusus, sehingga lebih dominan warna hitam- putih. Namun, beberapa sector yang lebih informal, akan banyak memerlukan printer yang dapat mencetak  dengan warna (full colour).

Lalu mengapa kita sebaiknya memilih printer ink tank? Apa saja keunggulan dari printer ink tank dibandingkan jenis lainnya? Artikel ini akan membahasnya dengan lebih lengkap.

Kelebihan Printer Ink Tank

Printer Ink Tank

Berbicara mengenai kelebihan printer ink tank, tentunya harus ada perbandingan khusus. Jika printer ink tank dibandingkan dengan printer inkjet dengan sistem cartridge, ternyata printer ink tank memang terbukti memiliki beberapa keunggulan tertentu. Apa saja kelebihan printer ink tank, berikut ulasannya:

Harga Tinta

Kelebihan printer ink tank yang pertama adalah dari harga tintanya. Jika Anda terbiasa menggunakan printer inkjet sebelumnya, dengan menggunakan sistem cartridge maka diperlukan biaya lebih untuk membeli cartridge baru, karena alasan sudah habis digunakan. Harga tinta catridge juga memang bisa lebih mahal dari ink tinta.

Pemakaian 1 botol tinta yang dibeli seharga Rp. 100.000, dengan hasil cetakan hingga 6.500 halaman untuk (hitam putih saja), dan 5.000 halaman untuk warna, dengan ukuran kertas A4. Sedangkan printer cartridge dengan harga yang sama , mungkin hanya mampu mencetak 150 hingga 200 lembar.

Tidak Menggunakan Cartridge

Printer inkjet menggunakan sistem cartridge yang memiliki print head built-in, jika tinta yang ada dalam drum cartridge tersebut habis, maka pengguna harus membeli isi ulang (refill) berupa cartridge yang baru.

Sementara printer ink tank, tidak lagi menggunakan print head built-in. Cara kerjanya dengan menyalurkan tinta ke dalam printer secara terus menerus dari tangki tinta. Jika tinta mulai terlihat akan habis, Anda hanya perlu mengisi ulang tangka dengan tinta yang baru.

Baca juga : Cara Mengatasi Hasil Print Bergaris pada Printer

Ketersediaan Unit

Jenis printer inkjet yang menggunakan sistem cartridge, termasuk kepada salah satu jenis printer yang banyak digunakan di pasaran saat ini. Namun, dalam hal kebutuhan mencetak yang tinggi dari berbagai sector, maka penggunaan printer ink tank ini akan lebih hemat dalam biaya cetak.

Selain itu, juga lebih ekonomis dari segi harga tinta dengan kualitas terbaik. Untuk mencari tinta ink bagi printer jenis ini akan sangat mudah ditemukan.

Fitur dan Fasilitas yang Lengkap

Di awal printer ink tank ini mulai banyak digunakan, fokusnya memang hanya kepada nilai ekonomis saat harus mencetak dalam jumlah banyak. Namun seiring berkembangnya teknologi, kini telah hadir berbagai merek printer dengan sistem ink tank yang disertai fitur dan fasilitas multifungsi. Printer ink tank ini kemudian tidak hanya untuk mencetak, tetapi juga bisa untuk fotocopy, scanning hingga mengirim fax.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Printer Laser Jet Yang Harus Kamu Tahu

Sebagai pengguna printer, baik untuk keperluan pribadi maupun perusahaan, sebaiknya kita memilih printer yang sesuai budget dan yang mendukung kebutuhan pencetakan yang dilakukan. Jika memang kebutuhan mencetak Anda dalam jumlah banyak, maka jenis printer ink tank dengan sistem tangka tinta sangat cocok untuk digunakan.

Kamu mungkin juga suka :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.