Fungsi Saklar / Tombol Lock di SD Card

SD Card

Kalau kamu punya SD Card atau Adapter MicroSD, pasti akan menemui sebuah tombol atau saklar yang bisa digeser. Apakah kamu tahu kalau sebenarnya itu ada fungsinya? Saya sendiri dulu tidak tahu itu fungsinya untuk apa. Saya kira untuk mengunci microSD yang dipasang di adapter tersebut supaya tidak bisa dilepas, eh tahunya kok ya tetap bisa dilepas.

Setelah mencoba sendiri, akhirnya tahu juga fungsi dari saklar itu. Ternyata fungsinya untuk lock atau mengunci. Bukan mengunci dari sisi fisik SD Cardnya, tetapi mengunci file atau data yang ada di dalamnya.

Ketika tombol Lock dipilih, artinya SD Card tersebut dalam posisi Read Only. Pengguna hanya bisa membaca data yang ada dan tidak bisa menghapus, menulis atau menambahkan data baru di SD Card tersebut.

Dan ketika tombol Lock posisi off, maka SD Card tersebut dalam keadaan Writable. Yang mana pengguna bisa Membaca, Menulis dan Menghapus data yang ada di dalamnya.

SD Card

Jadi itu fungsi utamanya. Sudah tahu kan?

Kalau sudah tahu pastikan jangan salah memilih saklarnya. Kalau SD Card lagi dipakai untuk perangkat misalnya lagi dipasang di kamera, ya jangan diaktifkan tombol Lock nya. Karena nanti kamu tidak bisa menyimpan foto yang diambil. Dan pasti akan muncul notifikasi kalau SD Card Protected (Read Only).

Kapan mengaktifkan fitur Lock di SD Card?

SD Card Lock

Gunakan saat kamu ingin melihat data yang ada di SD Card, sekedar melihat saja di komputer lain untuk menjaga agar SD Card tidak terpapar oleh virus atau ketidak sengajaan memformat SD Card.

Selain itu gunakan ketika ingin mentransfer data dari SD Card ke Komputer tanpa ingin menghapus data di SD Card. Kalau untuk Copy Paste dari SD Card masih bisa. Dan memang sebaiknya di lock saja jika ingin proses transfer tanpa menginginkan menghapus data di SD Card.

Tujuannya supaya tidak ada data yang tidak sengaja ke hapus, atau juga menjaga SD Card dari serangan virus yang ada di komputer.

Baca juga : Ayo Kenali MicroSD Asli dan Palsu dari Ciri-Cirinya Berikut!

Jadi itu fungsinya. Semoga dengan artikel singkat ini kamu jadi tahu fungsinya ya.

Beberapa SD Card sudah ada informasi tulisan Lock di saklarnya, tetapi sebagian tidak ada tulisannya. Dan kalau yang tidak ada tulisannya, kamu coba saja posisi Locked itu yang mana, supaya tidak salah.

Kamu mungkin juga suka :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.