Acer Swift X

Bak jamur yang tumbuh di musim hujan, kreator konten tumbuh subur di Indonesia. Melihat tren ini, Acer menghadirkan perangkat laptop yang memiliki kemampuan untuk mendukung pembuatan konten, yakni Swift X.

Acer Swift X sudah resmi hadir di Indonesia dan dimotori oleh prosesor besutan AMD. Tersedia dua pilihan, yakni AMD Ryzen 7 series atau Ryzen 5 series. Varian yang akan kami review kali ini adalah Swift X yang menggunakan Ryzen 7 series.

Penasaran dengan kemampuan laptop ini, terutama untuk pembuatan konten? Langsung saja simak sampai habis review dari kami berikut ini.

Acer Swift X

Desain dan Layar

Mendukung kreator konten yang memiliki mobilitas tinggi dan bisa memudahkan untuk bekerja di mana saja, Swift X didesain dengan bodi yang tipis dan ringan. Ketebalan bodi Acer Swift X sekitar 17 mm dan bobot 1,39 kg.

Kami sangat menyukai desainnya yang ringkas ini. Mudah dibawa dan tidak merepotkan sama sekali, membuat faktor ini jadi kelebihan yang ditawarkan oleh Acer Swift X.

Desain Acer Swift X memang memiliki desain yang terlihat stylish. Opsi warna Steam Blue dan Safari Gold dibuat dengan finishing yang elegan dan menurut kami lumayan eye-catchy.

Layar jadi bagian penting bagi kreator konten, maka dari itu bagian ini juga harus diperhatikan ketika membeli laptop. Swift X menggunakan layar IPS berukuran 14 inci Full HD yang sanggup menampilkan konten dengan resolusi tinggi dan detail yang jernih.

Color Garmut 100% sRGB sudah disertakan ke bagian layar untuk menjamin kualitas warna dari Acer Swift X. Fitur satu ini sanggup membuat layar bisa menampilkan warna mendekati aslinya, sehingga pembuatan konten jadi lebih maksimal.

Rasio layar ke bodinya lumayan luas, dengan persentase hingga 85,73% dan menghasilkan luas pandang yang mencapai 170 derajat. Dengan layar yang lebih luas, Anda bisa menikmati konten dengan lebih leluasa.

Keberadaan portnya diisi dengan port HDMI, USB charging, USB Type C, USB 3.2, USB 2.0 dan jack audio 3,5mm.

Acer Swift X Port

Selama gelaran Acer Day 2022 yang berlangsung dari tanggal 3 Agustus – 30 September 2022, Anda bisa memiliki Acer Swift X berdesain spesial yang dibuat oleh ilustrator ternama, Sarkodit atau Angga Tantama.

Ilustrasi yang dibuat Sarkodit membawa tema imajinatif dan unik. Desain ini menggambarkan laptop Acer yang bisa menjadi sahabat terbaik untuk mewujudkan imajinasi menjadi nyata.

Sementara ilustrasi dari Angga Tantama menceritakan sebuah robot yang berhasil terlepas dari belenggu dengan mengeluarkan potensi terbaiknya. Sama halnya dengan laptop Acer yang mampu mengeluarkan potensi terbaik penggunanya melalui spesifikasi laptop yang mumpuni. 

Jika Anda menginginkan desain yang eksklusif dan tampil beda, kesempatan ini jelas tidak bisa Anda lewatkan begitu saja mengingat kesempatan ini tersedia dalam jangka waktu terbatas.

Baca juga:  Kelebihan & Kekurangan Laptop Acer Aspire 3 A311-31-C64M

Performa Prosesor AMD

Kebutuhan pembuatan konten dan editing didukung dengan prosesor AMD Ryzen 7 5800U. Prosesor yang dibuat dengan arsitektur AMD Zen 3 ini memiliki kecepatan mencapai 4.40 GHz. Total corenya berjumlah 8 dan mendukung 16 threads.

Sedangkan untuk urusan grafis dipercayakan pada NVIDIA GeForce RTX 3050 yang mampu mendukung beragam task dengan kebutuhan grafik tinggi, seperti editing, desain hingga bermain game.

Acer Swift X

Selama mereview laptop ini kami sudah menjajalnya dengan beragam task, mulai dari yang ringan seperti browsing dan membuat artikel, hingga yang agak berat seperti editing video di Adobe Premiere hingga bermain game Valorant.

Semua task tersebut bisa kami lakukan dengan sangat lancar. Menurut kami laptop ini sangat mampu mendukung produktivitas, hingga entertainment seperti bermain game. 

Hanya saja kami belum sempat mencoba kemampuannya untuk bermain game yang lebih berat. Tetapi kemampuan laptop ini sudah bisa dengan baik memainkan game-game casual.

Performa laptop ini juga didukung dengan RAM dual channel LPDDR4x 16 GB. Sedangkan untuk menyimpan aplikasi, game dan lain sebagainya sudah disediakan SSD 512 GB. Jika penyimpanannya menurut Anda kurang, Anda bisa menambahkan SSD lainnya hingga 2 TB.

Supaya menjaga performanya tetap adem ketika digunakan, Acer Swift X sudah dilengkapi sistem pendingin yang terdiri dari kipas pendingin dan desain air inlet keyboard. Kombinasi ini disebut mampu mengalirkan udara dengan baik hingga 20%.

Kipas pendinginnya memiliki 59 bilah dan kecepatannya yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Sementara air inlet keyboard merupakan ventilasi udara yang terpasang di atas keyboard dan dapat memberikan tambahan aliran udara masuk yang membantu mendinginkan komponen di bagian dalam.

Nilai lebih lainnya yang Anda dapatkan dari Swift X adalah, laptop ini sudah langsung terinstall sistem operasi Windows ketika Anda membelinya. Sebagai tambahan lainnya, Acer juga memberikan aplikasi Office Home & Student 2021 secara cuma-cuma. Asal tahu saja, jika Anda membutuhkan aplikasi ini, Anda perlu merogoh kocek sekitar Rp 1,7 jutaan.

Kesimpulan

Selama beberapa hari kami mencoba laptop ini, Acer Swift X sangat sanggup memberikan kinerja yang signifikan untuk mendukung kebutuhan kreator konten, bahkan hingga casual gamers. Desainnya yang stylish juga menambah nilai lebih pada “tongkrongan” yang dimiliki laptop ini.

Kabar baiknya, Acer Swift X kini dijual dengan harga yang lumayan menarik. Acer Swift X yang awalnya dijual dengan harga normal sekitar Rp 18 jutaan, kini bisa Anda miliki dengan menyiapkan dana berkisar Rp 18 jutaan.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.