Aplikasi Android Ini Bisa Menemukan Smartphone Yang Silent

Smartphone Hilang

Apakah Anda pernah lupa meletakkan ponsel? Sialnya lagi jika ponsel tersebut diletakkan dalam keadaan silent mode. Banyak pengguna smartphone yang sering kebingungan mencari ponsel mereka saat berada di dalam keadaan silent. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa banyak pengguna yang terkadang kelupaan untuk merubah mode ponselnya dari silent menjadi getar atau normal.

Nah, bagaimana cara untuk mengantisipasi hal ini jika suatu saat Anda kehilangan smartphone dalam keadaan silent mode? Berikut beberapa aplikasi yang bisa membantu menemukan smartphone yang hilang dalam keadaan silent. Dengan catatan, aplikasi-aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk smartphone Android.

1. Aplikasi Ring My Droid

Ring My Droid

Anda bisa mengunduh aplikasi Ring My Droid melalui Google Play Store. Setelah diinstal, jalankan aplikasi ini dan tentukan key phrase-nya. Aplikasi ini akan bekerja saat Anda kehilangan smartphone milik Anda. Saat kehilangan, cukup kirimkan SMS dari nomor keluarga, rekan, atau pacar ke nomor ponsel Anda berisikan key phrase yang telah diaktifkan sebelumnya. Setelah smartphone Anda menerima SMS tersebut, maka secara otomatis smartphone akan berdering walaupun berada dalam keadaan silent.

2. Aplikasi Clap to Find

Clap to Find

Aplikasi yang satu ini akan lebih membantu lagi, apalagi jika ponsel berada di dalam airplane mode. Clap to Find tidak membutuhkan kuota internet, sehingga walaupun berada dalam keadaan airplane mode akan tetap bisa dijalankan. Cara menggunakannya, pertama unduh aplikasi ini terlebih dahulu di Google Play Store. Jika sudah, jalankan aplikasi kemudian atur alert settings. Anda bisa mengatur ringtone, alert mode, volume sinyal, dan lama dering sesuai dengan keinginan. Saat smartphone hilang, tepuk tangan Anda beberapa kali (minimal tiga kali pengulangan tepukan). Jika tepuk tangan tidak terdeteksi, atur sensitivitas aplikasi ini sesuai dengan keinginan. Yang perlu diingat, jangan lupa untuk selalu setting ponsel dengan ‘enable‘ agar bisa digunakan.

Bagaimana? Cukup mudah dan simpel kan menggunakan dua aplikasi ini? Anda bisa menginstalnya untuk berjaga-jaga jika suatu saat smartphone Anda hilang dalam keadaan silent mode. Keamanan smartphone akan lebih terjamin. Anda juga tidak perlu khawatir sulit mencari lagi. Namun yang perlu diingat, tetap rahasiakan key phrase milik Anda. Jangan sampai ada orang lain yang tahu. Sebab bisa saja ada orang yang usil mengirimkan SMS berisi key phrase tersebut di waktu yang salah.

Post Author: S Adi Firmansyah

Selain mengelola blog ini, pria single yang satu ini juga mengelola beberapa blog lainnya, seperti EtalaseBisnis.com - RuangPegawai.com // #TechBlogger

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG