Yeay, Fitur HTTPS Blogspot Melengkapi Update Keamanan Blogspot

HTTPS Blogspot

Kabar baik datang dari penyedia layanan blog gratis, BlogSpot atau Blogger.com. Ya, seperti yang diberitakan oleh Jo-el van Bergen, Software Engineer & Security Google melalui laman Google Online Security kemarin (30/9), pengguna blogspot kini sudah bisa menggunakan fitur HTTPS untuk laman blognya.

Tapi tunggu dulu, apakah kawan Geekers sudah tau Apa Itu HTTPS?

Jadi HTTPS ini adalah sebuah protokol komunikasi data dalam jaringan internet yang lebih aman. HTTPS ini merupakan gabungan dari protokol HTTP dan SSL/TLS, sehingga arus pengiriman maupun penerimaan dari klien ke server akan dibungkus dalam paket data yang terenkripsi.

Manfaatnya jelas sangat banyak, khususnya masalah keamanan. Pengguna dalam hal ini blogger akan mendapatkan perlindungan data yang dimiliki agar tidak mudah diretas oleh hacker dan semacamnya. Sedangnya dari sisi pengunjung blog, maka pengunjung akan mendapatkan perlindungan bahwa ia sedang membuka laman blog yang benar dan aman dari malware atau sejenisnya.

Untuk bisa menggunakan fitur HTTPS ini, pengguna blogspot bisa langsung login menuju dashboard Blogger lalu arahkan ke Pengaturan (Setting) dan di opsi Basic akan ada pilihan HTTPS Setting. Pengguna tinggal memilih Yes untuk mengaktifkannya.

Fitur HTTPS Setting tidak akan berfungsi jika Anda sudah menggunakan Custom Domain untuk blog Blogspot Anda. Jadi, fitur ini hanya berlaku bagi pengguna yang masih menggunakan subdomain Blogspot.com.

Jika sudah mengaktifkan segera buka laman blog Anda dan amati url blog Anda sudah merubah menjadi https://namadomain.blogspot.com.

Perlu Anda perhatikan, setelah melakukan perubahan ke HTTPS Blogspot ini, mungkin saja ada struktur template Anda yang kacau akibat perubahan ini, untuk itu Anda harus memperbaikinya sendiri.

Sayangnya, update fitur security HTTPS di Blogspot ini belum sepenuhnya ada pada seluruh pengguna Blogspot. Tapi pihak Blogger.com akan segera memberikan secara bertahap kepada seluruh penggunanya.

Sebelumnya sudah sejak 2008, Google telah memberikan keamanan berupa enkripsi data untuk semua produknya yang digunakan oleh pengguna maupun server Google. Dan kali ini produk Blogspot telah diberikan fitur keamanan ini.

Nah, buat Anda kawan Geekers yang memiliki blog di Blogspot ayo segera cek update fitur ini di dashboard blogspot kalian masing-masing. Jika sudah ada, segera aktifkan karena ini sangat berguna untuk blog Anda. 🙂

Post Author: S Adi Firmansyah

Selain mengelola blog ini, pria single yang satu ini juga mengelola beberapa blog lainnya, seperti EtalaseBisnis.com - RuangPegawai.com // #TechBlogger

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG