Untuk Membuat Website Pilih WordPress Atau Blogspot?

  • Whatsapp

Tahu dong kalau mau membuat website, pilihan CMS paling populer adalah WordPress atau Blogspot. Kedua platform tersebut merajai pemakaian di Tanah Air, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Ketahui apa saja mereka sebelum memakai salah satu di antaranya. 

Perbandingan Antara WordPress dan Blogspot

Memilih platform untuk dijadikan situs, kembali kepada alasannya. Apakah kamu membutuhkan website untuk berjualan, sekedar catatan harian atau tujuan lainnya. Dengan demikian akan lebih memudahkan memilih antara WordPress atau Blogspot. 

WordPress atau Blogspot

1. Pengembang 

Sebelum mebahas lebih dalam, ketahui terlebih dahulu fakta mengenai WordPress dan Blogspot. WordPress adalah platform dengan basis sistem manajemen Konten (CMS). WordPress mengeluarkan dua platform yang berbeda yakni WordPress.com yang lebih mirip dengan blogspot dan WordPress.org yang memiliki paket yang lebih lengkap. 

Blogspot dikembangkan oleh Google dengan website Blogger. Pada dasarnya ini adalah platform perintis website gratis untuk membantu orang tanpa pengetahuan programming untuk bisa ngeblog. Jadi wajar saja kalau tampilan dan menu dibuat dengan simple dan mudah digunakan oleh orang awam. 

2. Kemudahan Pemakaian 

Kalau buta tentang kode programing tentu kamu ingin website yang mudah dipakai. Wordpres atau Blogspot sama-sama memenuhi kriteria tersebut dan termasuk platform yang user-friendly. Hanya saja blogspot dapat lebih mudah diakses kalau memiliki akun Google. 

WordPress memerlukan instalasi sebelum dapat digunakan. Kamu juga harus memilih antara memakai WordPress.com atau WordPress.org. Ada lebih banyak fitur pada WordPress jadi kamu perlu waktu lebih lama untuk mempelajarinya. 

3. Pengelolaan Website

Kamu sudah berhasil membuat sebuah website, sekarang pertimbangkan masalah pengelolaannya. Website memerlukan update dan sesekali melakukan back-up data. Belum lagi kalau ada masalah seperti server yang down atau website tidak bisa diakses sama sekali. 

Blogspot memiliki fitur untuk penambahan posting atau halaman walau dengan keterbatasan penambahan plug-in. Kelebihan blogspot adalah dalam hal monetize dengan memasang iklan Adsense yang dapat menjadi sumber penghasilan bila dilakukan dengan serius. 

WordPress juga bisa memasang iklan pada platform .org kalau .com tidak. Bahkan kamu perlu mengeluarkan sejumlah uang untuk menghilangkan iklan yang dipasang oleh WordPress pada platform WordPress.com punyamu. 

4. Tambahan Fitur 

Salah satu tujuan memiliki website adalah untuk mendapatkan pengunjung dan hal tersebut bisa dilakukan dengan memahami SEO (search engine optimizer). Jadi, kamu bisa menambahkan fitur baik pada WordPress atau Blogspot agar semakin menarik bagi pembaca. 

WordPress memiliki beragam pilihan plug-in tambahan. Kamu hanya perlu masuk pada menu tertentu dan memilih sendiri tambahan yang diinginkan. Kalau Blogspot cukup minim untuk masalah fitur tambahan. Bahkan pilihan template WordPress lebih banyak ditemukan daripada tempalte blogspot. 

5. Performa dan Keamanan

Perlu diingat kalau Blogspot adalah produk dari Google. Jadi sistem keamanan dan manajemennya mengikuti standarisasi Google yang tidak main-main. Kamu akan tenang memakai platform karena berada di balik nama besar. Sayangnya, semua sistemasi tersebut sudah default dan tidak bisa diubah-ubah, kecuali kamu memiliki pemahaman programming. 

Baca juga : Mengapa Membuat Blog dengan WordPress Disarankan?

Kalau WordPress memakai sistem open-source. Kalau menginginkan performa dan keamanan maka harus menambahkan fiturnya, beberapa bahkan memerlukan tambahan biaya. Kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan, fitur mana saja yang akan dipasang. Demikianlah perbandingan antara dua platform untuk membuat website. Apakah kamu akan memilih WordPress atau Blogspot setelah membacanya? Sesuaikan dengan kebutuhanmu dan terlebih lagi perhatikan tiap detail dengan baik untuk menghindari adanya hidden fees yang tidak diduga-duga.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *