Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Mengapa Membuat Blog dengan WordPress Disarankan?

Membuat Blog dengan WordPress

Membuat website itu sekarang sangat mudah sekali. Bahkan kalau kamu nggak punya latar belakang bidang IT atau nggak pernah belajar soal programming tetap bisa membuat website. Karena sekarang ini sudah banyak cara yang bisa digunakan salah satunya dengan menggunakan CMS WordPress.

Ya, CMS WordPress ini adalah sebuah Content Management System yang sangat familiar digunakan. Bahkan banyak orang menyarankan menggunakan ini jika hanya ingin membuat website bahkan toko online.

Kali ini Lhageek nggak bakal jelasin cara membuatnya, soalnya sudah banyak tutorial cara membuat website di WordPress, salah satunya ini hostinger.co.id/tutorial/cara-membuat-blog-di-wordpress. Tapi di artikel kali ini Lhageek ingin jelasin alasan-alasan mengapa kamu harus menggunakan CMS WordPress ketika ingin membuat website.

Membuat Blog dengan WordPress

Berikut ulasannya.

1. Mudah dan Gratis

Biasanya kalau mendengar kata gratis itu akan sangat senang. Masyarakat kita memang seperti itu adanya :). Tetapi memang seperti itu faktanya. CMS WordPress ini bisa diunduh secara gratis di WordPress.org. Kemudian kamu bisa install di server hostingmu.

CMS WordPress ini terbilang sangat mudah digunakan. Setelah diunduh, tinggal diinstall saja, dan ikuti panduannya. Dalam hitungan menit, kamu pun langsung bisa punya website.

Tapi sebelum Lhageek jelasin panjang lebar, sudah tau kan yang dimaksud dengan CMS?

CMS itu adalah Content Management System yang artinya sebuah kerangka website yang sudah dibuat sedemikian rupa sehingga pengguna tidak perlu lagi mengurusi masalah coding website dan cukup fokus pada konten. Itulah mengapa CMS sangat banyak digunakan. Karena penggunaannya mudah, efisien, dan pengguna hanya fokus di konten saja.

2. Dukungan Template yang Banyak

Secara default ketika sudah menginstall CMS WordPress di server, maka tampilannya adalah berkonsep template blog yang simple. Nah jangan khawatir jika kamu ingin membuat sebuah website company profile atau blog dengan tampilan yang lain, karena sudah banyak pengembang yang menawarkan banyak template WordPress sesuai dengan kebutuhan kita.

Kalau kita mau membuat situs direktori bisnis, situs profil perusahaan, toko online, dan lain-lain tinggal cari saja template yang sesuai. Di WordPress sendiri menyediakan template gratis yang bisa digunakan. Atau kalau ingin yang lebih variatif ya beli di situs jual beli template.

3. Banyak Plugin yang Powerfull

Selain template, CMS WordPress ini juga sudah didukung dengan plugin-plugin yang bisa kita unduh secara gratis. Plugin ini mudahnya adalah aplikasi pendukung. Jadi misalnya kamu ingin membuat situs booking hotel dengan CMS WordPress, maka nanti untuk fitur bookingnya bisa menggunakan plugin booking yang tersedia di WordPress. Tinggal cari saja yang sesuai kemudian aktifkan.

Sangat mudah dan tentunya ini sangat efektif.

Selain itu juga banyak plugin-plugin yang berfungsi untuk meningkatkan performa blog atau web, seperti plugin SEO, Cache, Security, dll.

4. Up to Date

CMS WordPress ini didukung oleh developer-developer handal yang terus memperbaharui sistem CMS nya. Sehingga kalau ada bug bisa segera diperbaiki melalui pembaharuan. Dan CMS WordPress ini cukup rajin melakukan update sistem. Sebentar lagi bakal ada rilis versi terbaru, yakni WordPress 5.0.

5. Open Source

CMS WordPress ini adalah open source, yang artinya kamu berhak memodifikasi CMS WordPress sesuai selera kamu. Jika kamu memiliki keahlian programming dan ingin mengkustom CMS WordPress sesuai kebutuhan, itu sah-sah saja, tidak ada yang melarang.

Dengan seperti ini justru kamu bisa mendapatkan sebuah situs website yang lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan.



Baca juga :



Lhageek Merchandise



Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *