Apa Keunggulan dan Kekurangan Shared Hosting?

  • Whatsapp

Sedang mempertimbangkan memakai hosting untuk websitemu? Ternyata ada banyak jenis hosting dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Salah satunya yang cukup populer adalah Shared hosting yang termasuk hosting terjangkau dibandingkan hosting lainnya. 

Plus-Minus Shared Hosting 

Shared hosting merupakan hosting yang memakai satu server yang dipakai bersamaan oleh beberapa akun. Jadi, semua data disimpan pada satu server oleh banyak akun yang memakai storage, RAM dan prosesor yang sama. Lalu, apakah kelebihan dan kekurangan dari jenis hosting ini? Berikut adalah ulasan singkatnya. 

Shared Hosting

Kelebihan Shared Hosting

Satu hal yang pasti, jenis hosting seperti ini murah dan terjangkau. Tapi, ada juga hosting lain yang memiliki kisaran harga yang kurang-lebih sama. Jadi, apa yang menjadi kelebihan dari hosting ini? 

  • Ada Pengelola. Kamu yang tidak memiliki pengetahuan tentang programing atau IT akan sangat terbantu dengan shared hosting. Pengelolaan sepenuhnya terletak pada penyedia layanan hosting. Kamu hanya tinggal memakainya saja. Mungkin sesekali perlu melaporkan apa bila ada masalah. 
  • Menu Sederhana. Karena dibuat dalam hosting yang dibagi-bagi maka pengunaan lebih mudah dan dibuat sangat simple. Semua kebutuhan ada dalam satu wadah sehingga tidak memerlukan menu yang rumit.
  • Website Kecil. Kalau website yang kamu inginkan hanya memerlukan data minim, shared hosting sangat cocok untukmu. Kamu dapat memaksimalkan hosting yang kamu miliki dengan semua data yang kamu perlukan. 
  • Control panel mudah. Kamu yang tidak paham istilah IT atau teknis akan diberikan control panel yang mudah digunakan. Bahkan, orang awam yang tidak paham sama sekali tentang programing, bisa mengoperasikannya. 
  • Harga terjangkau. Karena porsi website terbagi dalam beberapa akun secara berbarengan, harga hosting bisa ditekan. Jadi, kamu dapat memiliki website walau hanya memiliki modal kecil. 

Kekurangan Shared Hosting

Setelah memastikan beberapa kelebihan dari hosting yang dishared ini, berikut adalah ulasan mengenai kekurangannya. Cermati apa saja sisi minus dari hosting ini. Jadi, kamu dapat menerima kekurangan tersebut saat sudah membelinya. 

  • Akses lambat kalau server down. Sebenarnya sebuah hal yang wajar kalau server down maka akan berpengaruh pada performa. Tapi karena akses terbagi-bagi maka kelambatan akan lebih terasa. 
  • Resource server tidak rata. Memakai Shared hosting berarti membagi layanan. Ada kemungkinan kalau hal tersebut tidak terbagi rata dengan tiap akun. Hal ini perlu dimaklumi karena ada banyak faktor yang mempengaruhinya. 
  • Batasan Sumber Daya. Kamu memakai jasa layanan tertentu untuk memiliki website dan menjalaninya dengan lancar. Karena biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar dan memakai server bersama, ada keterbatasan layanan yang akan diperoleh.
  • Masalah Menyebar. Satu akun yang bermasalah seperti kena virus atau malware akan mempengaruhi akun lainnya. Hal ini dikarenakan posisi server yang dipakai bersamaan, sehingga tiap masalah memiliki potensi untuk menyebar. 
  • Format Tertentu. Karena dibuat sebagai hosting bersama maka semua format harus mengikuti standarisasi yang sudah ditetapkan oleh penyedia. Kamu tidak dapat melakukan instalasi software tertentu yang tidak kompatible dengan sistem yang sudah ada.
  • Keamanan. Kamu mungkin harus menambahkan sistem keamanan karena sifat shared hosting yang rentan untuk penyalahgunaan akses. Semakin banyak orang yang memakai server yang sama, semakin besar kemungkinan tersebut.

Itulah penjelasan singkat mengenai Shared Hosting. Tiap hosting memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Kamu hanya perlu cermat mengetahui semua plus dan minus tersebut, sebelum memutuskan memakai Shares Hosting atau tidak. Sesuaikan dengan kebutuhan serta budget yang kamu miliki.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *