Web Hosting Gratis untuk Belajar Membuat Website

Web hosting gratis adalah solusi untuk para pemula yang baru belajar membuat website atau blog. Karena dengan menggunakan layanan hosting gratis, kamu tidak perlu keluar biaya banyak untuk sewa web hosting maupun domain.

Membuat website memang bisa dilakukan di localhost terlebih dulu. Tetapi untuk memastikan kalau website juga bisa diakses dengan mudah di internet, perlu menggunakan web hosting untuk mengeceknya.

Bacaan Lainnya

Misalnya saja untuk memastikan apakah performa kecepatan website bisa diakses dengan cepat, atau ada script yang bermasalah ketika website sudah di-upload ke web hosting.

Untuk membuat website, ada banyak tutorial di luar sana yang akan mengajari kamu cara membangun situs web. Namun, cara terbaik untuk belajar adalah dengan melakukannya sendiri. Salah satu cara mudah dan gratis yang bisa dilakukan adalah membuat website dengan menggunakan CMS WordPress dan hosting gratis.

CMS WordPress merupakan platform yang bisa digunakan untuk membuat website dengan berbagai fungsi dan tujuan. Misalnya mau membuat blog, website perusahaan, toko online, atau website forum, semuanya bisa dilakukan dengan WordPress.

Nah untuk mendukung itu semua, butuh domain dan hosting gratis terlebih dulu agar tidak perlu keluar biaya untuk sewa domain hosting.

Apa itu Web Hosting Gratis?

Web Hosting Gratis

Web hosting gratis adalah layanan di mana kamu dapat meng-host situs web kamu secara gratis. Ada banyak penyedia web hosting gratis di pasaran, tetapi penting untuk memilih yang tepat yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Beberapa penyedia ini menawarkan web hosting gratis sebagai bagian dari layanan berbayar mereka, sementara yang lain menawarkannya sebagai layanan eksklusif. Terlepas dari jenis layanan yang kamu pilih, kamu harus memahami beberapa syarat dan ketentuan dasar sebelum memulai menggunakan web hosting gratis.

Untungnya, ada banyak penyedia hosting web gratis yang memudahkan untuk mengaktifkan dan menjalankan situs web hanya dalam beberapa menit.

Hosting gratis biasanya menawarkan penyimpanan dan bandwidth terbatas, yang dapat mempersulit pembuatan situs web yang efektif.

Cara Memilih Penyedia Hosting Gratis

Memilih penyedia hosting gratis adalah keputusan yang sulit. Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, seperti keandalan perusahaan, jaminan uptime, dan dukungan pelanggan. Cara terbaik untuk menemukan yang tepat untuk kebutuhan mu adalah membandingkan penyedia dan menemukan penyedia yang menawarkan apa yang kamu cari.

Biasanya penyedia hosting web gratis menawarkan layanan mereka secara gratis dengan imbalan batasan tertentu. Batasan yang paling umum adalah bahwa penyedia gratis dapat membatasi jumlah bandwidth atau ruang disk yang tersedia untuk pengguna di akun mereka. Batasan lain mungkin termasuk membatasi jumlah nama domain yang dapat di-host di akun atau membatasi akses ke cPanel dan fitur lainnya.

Baca juga:  Bakal Ada Kode Error Baru Selain "404", Ini Penjelasannya!

Langkah pertama dalam memilih penyedia web hosting gratis adalah memutuskan apa yang kamu butuhkan dari situs web mu. Jika kamu mencari tempat yang murah untuk meng-host blog pribadi, maka kamu akan memiliki jumlah ruang dan bandwidth yang terbatas dan mungkin tidak perlu khawatir tentang pendaftaran domain. Namun, jika kamu mencari tempat untuk membuat toko online, maka penting untuk menemukan perusahaan hosting web yang menawarkan bandwidth dan ruang disk tidak terbatas.

Kedua, Kamu harus meneliti berapa lama mereka telah menawarkan layanan mereka dan seberapa baik kinerja mereka selama bertahun-tahun ini. Jika mereka telah ada untuk sementara waktu dan memiliki sedikit atau tanpa downtime dalam beberapa tahun terakhir, maka ini mungkin merupakan indikasi bahwa mereka cukup andal dan dapat dipercaya untuk menggunakan layanan mereka untuk kebutuhan situs web kamu.

Ketiga, lihat review dan bandingkan dengan layanan lain. Saat ini banyak layanan web hosting gratis yang bisa digunakan. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya. Akan sangat sulit jika melihat satu per satu. Untuk itu ada baiknya kamu melihatnya melalui situs komparasi dan review web hosting.

Salah satu layanan web hosting gratis yang cukup terkenal adalah InfinityFree. Kamu bisa melihat dan membandingkan ulasan InfinityFree dengan layanan lain melalui situs tersebut.

Review Hosting

Pertimbangan Memilih Layanan Web Hosting Gratis untuk Situs Kamu

Saat memilih layanan hosting web gratis untuk situs kamu, ada dua pertimbangan utama :

  1. Berapa banyak ruang yang kamu butuhkan?
  2. Fitur seperti apa yang kamu butuhkan?

Memilih layanan hosting situs web gratis tidak sesederhana kelihatannya. Ada banyak faktor yang ikut bermain ketika memutuskan mana yang terbaik untuk kebutuhan mu meskipun itu hanya untuk belajar.

Ada layanan web hosting gratis yang sudah menyediakan fitur sub domain gratis juga. Meskipun bukan domain TLD (Top Level Domain), tetapi ini sangat bermanfaat. Dengan adanya fitur domain gratis, kamu tentu akan bisa lebih menghemat biaya. Karena tidak perlu sewa domain dulu.

Jika kamu ingin menggunakan layanan web hosting gratis untuk jangka panjang, pastikan perusahaan penyedia benar-benar memberikan layanan yang terpercaya. Fitur keamanan website juga perlu dilihat. Jangan sampai website kamu tiba-tiba hilang karena layanan yang diberikan tidak jelas.

Sangat penting untuk melihat review dari pengguna lain untuk menilai kinerja layanan tersebut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.