5 Cara Mudah Hadapi Koneksi Internet Lemot

Koneksi Internet Lemot

Zaman digital ini, banyak aktifitas membutuhkan koneksi internet. Apalagi banyak badan usaha yang mengharuskan para pekerjanya mengirim pekerjaan secara online, walaupun simple dan praktis tetapi banyak yang mengeluh lantaran koneksi internet lemot. Alhasil aktifitas menjadi terhambat dan menimbulkan masalah.

Cara Mudah Menghadapi Koneksi Internet Lemot

Koneksi Internet Lemot
Photo by Pixabay on Pexels.com

Banyak alasan koneksi internet ponsel atau PC anda lemot, baik karena gangguan cuaca maupun hal lainnya seperti mati lampu. Apalagi mayoritas masyarakat menggunakan internet sepanjang hari, bahkan saat jam tertentu bisa sangat lambat karena semua orang aktif di internet. Tenang saja, berikut ada 5 cara mudah mengatasi koneksi internet yang lambat:

1. Optimasi Pengaturan Web

Ketika aktifitas di internet sangat penting harus diatasi, jangan sampai koneksi internet lemot memberikan dampak buruk bagi karir anda. Pastikan anda mengoptimasikan pengaturan web browser menggunakan versi HTML, maka nonaktifkan gambar dengan menggunakan fitur seperti Opera Turbo. Dijamin koneksi kembali stabil dan berselancar di internet semakin seru karena koneksi kencang.

2. Memeriksa Sinyal Wifi

Tatkala anda menggunakan sinyal Wifi, terkadang sinyal wireless lemah sehingga koneksi lambat. Solusinya, adalah melakukan reposisi, tweak dan meningkatkan router dengan trik sederhana. 

Rajinlah memeriksa pengaturan Wifi apakah ada masalah atau tidak agar koneksi selalu stabil, hal itu karena Wifi umum tersedia kafe atau tempat berkumpulnya anak muda. Jangan sampai koneksi lambat karena membuat pengunjung kecewa tak bisa internetan.

3. Menghapus Disable Aplikasi Yang Tak Terpakai

Jangan salah loh, disable aplikasi yang telah dijalankan dan widget memberikan pengaruh besar koneksi internet lemot. Alasannya karena aplikasi-aplikasi tersebut tetap berjalan di belakang layar Smartphone atau PC sehingga menghambat koneksi.

Pastikan anda fokus pada 1 aplikasi tujuan sehingga kinerja internet tidak berat, dengan begitu pekerjaan di internet lebih cepat karena koneksinya stabil. 

4. Memastikan Sinyal Jaringan Tinggi

Jaringan yang buruk membuat koneksi internet jadi lambat. Pilih dengan  jeli dalam menjatuhkan pilihan pada provider yang bagus sehingga menghasilkan jaringan sinyal tinggi. Dengan begitu koneksi internet selalu cepat dan berselancar tak mengalami kendala.

Live On XL

Menariknya lagi, ada situs yang berfungsi mengecek kecepatan internet loh. Hal tersebut diminati pengguna internet karena dapat mengecek seberapa besar lambatnya koneksi. 

Anda bisa mencari posisi lain sehingga koneksi lancar walaupun tempat tinggal di pegunungan atau jauh dari tower Smartphone. Sementara bagi pengguna Tablet atau ponsel dpaat mendekati router Wifi sehingga sinyal tetap kencang dan pencarian situs mudah diakses.

Baca juga : Cara Memperkuat Sinyal 4G Lemah dengan Antena Penguat Sinyal

5. Memutus Koneksi VPN Beberapa Detik

VPN memang dinilai ampuh meningkatkan kecepatan koneksi internet, sayangnya bisa memperlambat koneksi tatkala menggunakan mobile data. Agar koneksi kembali cepat, anda dapat mememutus koneksi VPN sekitar beberapa detik dan sambungkan lagi. 

Hal ini tidak butuhkan waktu lama, pasti koneksi kembali stabil dan tak menganggu aktifitas online walaupun mengunggah video atau kumpulan foto. Selain itu, pastikan menghapus file tidak penting agar kinerja tidak berat. Tujuannya agar aktifitasmu lancar tanpa masalah karena dunia online kini penting layaknya aktifitas umumnya.

Walaupun koneksi internet lemot menjadi hal lumrah, jika tidak diatasi secepatnya dapat memicu masalah. Apa jadinya jika anda menggunakan internet untuk interview online atau hal penting lainnya. Hindari kehilangan berbagai kesempatan dan aktifitas terhambat hanya karena internetnya lambat. Anda bisa mempraktekan ke 5 cara diatas untuk mengatasi koneksi lemot, tinggal pilih sesuai kebutuhan dan tipe gadget agar caranya ampuh.

Kamu mungkin juga suka :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.