Cara Bikin Email Baru di Gmail Melalui Komputer & Ponsel Android

Cara Bikin Email Baru di Gmail

LhaGeek.com – Saat ini memiliki akun e-mail sudah menjadi keharusan. Soalnya jika kamu memiliki smartphone Android mau tidak mau juga harus memiliki e-mail di Gmail agar bisa digunakan secara maksimal.

Tapi kadang pengguna awam kurang mengerti ketika membuat email di Gmail. Alhasil cuma suruh orang lain untuk dibuatkan. Masalahnya adalah ketika nanti ponsel di reset atau ingin login ke akun Gmail, maka lupa passwordnya bahkan tidak tahu apa password akun Gmailnya.

Solusi terakhir pun harus bikin email baru di Gmail lagi.

Kalau kamu memang punya masalah seperti ini, sebaiknya tidak perlu meminta bantuan orang lain untuk membuat email di Gmail. Karena bikin email itu sangat mudah sekali, apalagi di Gmail.

Perlu kamu tahu, kalau orang lain yang membuatkan resikonya akan lebih besar. Karena orang tersebut akan tahu email dan password email kamu. Kalau kamu nggak menggantinya bisa bahaya.

Nah, kali ini LhaGeek ingin memberikan cara membuat email di GMail dengan dua cara, yaitu cara yang melalui dekstop (PC/Notebook) dan mobile (smartphone Android). Silahkan dipraktekan, caranya sangat mudah.

#Cara Bikin Email GMail melalui Notebook/PC

Caranya sebagai berikut :

1. Buka http://gmail.com atau bisa juga http://mail.google.com

Gmail 1

Tampilan akan seperti di atas. Karena kamu mau bikin email, maka pilih saja Create account.

2. Isi Form

Gmail 2

Setelah klik Create account maka kamu akan melihat halaman baru dengan form-form yang harus diisi. Isilah form tersebut, Nama, username, password, tanggal lahir, gender, nomor ponsel, alamat email yang lain (jika punya), lokasi (negara).

Tips :
*Untuk username, isilah dengan yang mudah diingat. Username ini nanti jadi alamat email kamu. Sebaiknya isi username dengan nama kamu. Misalnya : virmansyah, maka alamat email lengkapnya nanti virmansyah@gmail.com. Kalau ternyata username yang diinginkan sudah tidak tersedia, cobalah dengan yang lain atau dikombinasikan dengan angka.

*Untuk password, isilah dengan tingkat kerumitan yang tinggi tapi yang mudah diingat. Password ini sifatnya privasi, artinya hanya kamu yang tahu. Orang lain tidak boleh tahu, kalau tahu ya bisa masuk ke akun kamu. Password ini bisa diisi dengan berbagai kombinasi karakter mulai dari huruf besar kecil, angka, karakter simbol. Misalnya : @(V1Rm45yaH_2%16)

Supaya tidak lupa, catatlah alamat email dan password di buku catatan. Untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu lupa lagi.

3. Klik Next Step

Gmail 3

Jika form isian sudah benar tinggal klik Next step. Jika berhasil maka akun Gmail kamu sudah bisa digunakan. Ya, seperti itulah cara membuat email di Gmail. Sangat mudah dan cepat. Jadi, ayo buat sendiri email kamu.

#Nah sekarang lanjut ke cara bikin email baru di Gmail melalui smartphone

Gmail Mobile

Caranya sebagai berikut :

1.Masuk ke aplikasi Gmail yang ada di smartphone kamu.

Dibagian menu pilihan email bagian bawah ada Add account, pilih saja itu.

2.Pilih Google (Gmail or Google Apps)

Karena akan membuat email Gmail, maka pilihlah Google. Lalu klik next.

3.Pilih Or create a new account

Karena akan membuat email baru, maka pilihlah Or create a new account.

4.Ikuti Step by step

Masukan nama depan dan belakang, username (username@gmail.com), password (minimal 8 karakter), dan nomor ponsel.

Jika sudah, dibagian akhir ada Privacy and Terms, kamu tinggal scroll ke bawah dan pilih I AGREE. Lalu pilih Next. Tunggu sebentar, dan email baru kamu di Gmail sudah berhasil dibuat. Ya, lagi-lagi sangat mudah membuatnya.

Post Author: S Adi Firmansyah

Selain mengelola blog ini, pria single yang satu ini juga mengelola beberapa blog lainnya, seperti EtalaseBisnis.com - RuangPegawai.com // #TechBlogger

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG