Cara Memperkuat Sinyal 4G Lemah dengan Antena Penguat Sinyal

Antena Penguat Sinyal 4G

Beuh, ternyata sekarang ini masih banyak daerah-daerah yang sinyal 4G nya masih lemah. Padahal jaringan 5G sudah muncul, eh sinyal 4G saja masih belum sempurna betul di negara kita. Sinyal 4G lemah ini memang bikin susah, apalagi sekarang kan orang-orang sudah main internet semua.

Ya kalau cuma buat bukan Whatsapp, Media Sosial, Browsing, mungkin masih aman. Tapi kalau untuk kebutuhan gaming atau streaming itu bikin pusing.

Sinyal 4G yang lemah ini bisa diakibatkan oleh banyak hal.

Yang pertama, tentu dipengaruhi oleh coverage yang kurang bagus di daerah tersebut. Daerahnya jauh dari tower BTS (stasiun pemancar). Sehingga sinyal 4G yang didapatkan pun juga tidak maksimal.

Yang kedua, bisa juga diakibatkan oleh faktor alam & bangunan. Misalnya saja banyak pohon-pohon besar, kemudian banyak bangunan tinggi. Apalagi kalau berada di dalam ruangan yang rapat sekali temboknya, sehingga sinyal tidak bisa masuk dengan baik ke ruangan atau bangunan tersebut.

Tenang, kalau di tempatmu sinyal 4G lemah itu bisa diatasi dengan menggunakan antena penguat sinyal 4G.

Ada beberapa macam antena penguat sinyal 4G yang dijual dipasaran.

Antena Yagi

Antena Yagi

Antena ini bentuknya seperti antena TV, dibuat dengan kerangka pipa-pipa aluminium kecil. Antena model seperti ini termasuk model lama. Bahkan dulu sebelum ada internet, waktu ponsel masih zaman Nokia jadul, aku pernah pasang antena seperti ini untuk menyuatkan sinyal hp pada waktu itu.

Cara kerja antena yagi ini ada berupa induksi, yakni ada media yang nantinya perangkat hp/modem ditaruh atau ditempel di media induksinya ini.

Cara kedua yang saat ini umum dipakai yakni yang menggunakan pigtail. Jadi nanti ada colokannya yang tinggal dipasang di slot antena yang ada di modem atau mifi.

Antena Log Periodic

Antena Log Periodic

Antena Log Periodic ini juga salah satu antena yang bisa meningkatkan sinyal 4G. Akan tetapi antena ini tidak bisa berjalan sendiri karena cara kerjanya harus dihubungkan ke repeater 4G.

Antena Log Periodic adalah antena multi element yang memiliki ciri impedansi & radiasi yang fluktuatif secara konstan. Memiliki komponen yang bernama Dipole.

Antena ini sudah mendukung jaringan 2G (EDGE), 3G, HSDPA, 4G LTE, 4G DCS. Atau di frekuensi 700 Mhz / 800Mhz / 900Mhz / 1800Mhz / 2100Mhz, 2400Mhz, 2700Mhz.

Baca juga : 8 Tips Memilih MiFi 4G LTE agar Sesuai Kebutuhan

Antena Indoor Modem/Mifi 4G

Antena Indoor Modem/Mifi 4G

Kalau kedua antena di atas digunakan di outdoor, antena ini bisa digunakan di Indoor. Ukurannya pun juga kecil. Sebenarnya kalau dibilang mengungatkan sinyal ya tidak terlalu signifikan, kalau menurutku ini lebih cocok untuk menstabilkan sinyal.

Misalnya saja di lokasi mu sudah bagus nih sinyal 4G nya, tetapi pas kamu berada di kamar, ternyata sinyalnya meredup. Nah antena ini bisa digunakan.

Cukup pasang antena ini di modem atau mifi yang memiliki slot antena. Jadi misalnya modem kamu taruh deket jendela, terus pasang antena ini dan taruh di sisi yang sinyalnya bagus. Antena ini hanya memiliki panjang kabel 3 meter saja.

Antena Indoor Portable Modem 4G

Antena Indoor Portable

Antena ini hampir sama dengan antena indoor nomor 3, tetapi ini tidak punya kabel, jadi langsung dicolok saja ke slot antena yang ada di modem atau mifi. Ukurannya pun cukup kecil.

Tetapi berdasarkan pengalaman menggunakan antena ini, aku tidak merasakan peningkatan sinyal. Tapi ada juga user lain yang katanya ada peningkatan, ya meskipun 1-2 bar.


Baca juga : Ini Lho Perbedaan Teknologi Jaringan 4G LTE dengan 5G

Itulah beberapa cara memperkuat sinyal 4G lemah dengan antena. Ini direkomendasikan untuk penggunakan modem atau mifi lho ya. Kalau sinyal 4G lemah di smartphone ya sepertinya kamu perlu bangun tower BTS sendiri. :D

Kamu mungkin juga suka :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.