Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Ini Lho Perbedaan Teknologi Jaringan 4G LTE dengan 5G

Perbedaan 5G dan 4G LTE

Setelah menikmati teknologi 4G LTE untuk melakukan aktifitas di Internet, kabarnya tahun 2019 ini menjadi tahun awal kemunculan dari teknologi jaringan 5G yang merupakan generasi kelima untuk jaringan seluler di Indonesia. Lalu apakah jaringan 4G LTE dan 5G memiliki perbedaan? Dilansir dari Jawapos.com, kabarnya jaringan 5G ini tidak usah diragukan lagi soal kecepatanya ketika digunakan untuk mengakses internet.

Berbicara mengenai perbedaan Antara 4G LTE dan 5G tentunya terlihat pada sisi kecepatan akses jaringanya. Namun, apakah di masa depan kita memang memerlukan teknologi jaringan yang lebih cepat dari 4G LTE ini? Lalu apakah kita harus mengganti ponsel yang mensupport 5G? Meskipun teknologi 5G akan banyak diminati nantinya, tapi teknologi jaringan 4G LTE juga masih dianggap jaringan yang memiliki kecepatan yang stabil saat ini. Jadi, 5G muncul tidak untuk menggantikan 4G LTE.

Perbedaan Teknologi Jaringan 4G LTE dengan 5G

Perbedaan 5G dan 4G LTE

Perlu kita ketahui bahwa jaringan data seluler sebelum  4G LTE adalah 2G dan 3G yang terkesan tergantikan oleh 4G LTE sebagai jaringan yang lebih kuat dan memiliki kecepatan stabil. Namun, berbeda dengan 5G, jaringan ini memang lebih baik, tetapi tidak untuk menggantikan jaringan 4G LTE.

Jaringan 4G ini bahkan akan dikembangkan menjadi teknologi yang lebih baru seperti 4G LTE-A (Long-Term Evolution Advanced) dengan kecepatan 1 Gbps atau setara dengan jaringan ujung bawah dari 5G. Selain itu, ada juga jaringan LTE- Advanced Pro yang tentunya lebih cepat lagi.

Baiklah, saatnya kita mengetahui apa saja yang menjadi perbedaan Antara teknologi jaringan 4G LTE dengan 5G secara lebih detail. Berikut ulasannya

Spektrum yang Berbeda

Jaringan 5G memiliki lebih banyak spectrum yang tersedia dengan teknologi sinyal radio yang lebih maju. Sedangkan jaringan 4G menggunakan sinyal LTE

Kecepatan Download dan Upload

Jaringan 5G dapat memungkinkan Kamu untuk mengunduh dan mengunggah data dengan lebih cepat, dengan kecepatan unduhan 1 dan 10 Gbps dengan latensi 1 milidetik atau 50 Mbps dengan latensi 10 milidetik. Sedangkan jaringan 4G memiliki kecepatan rata-rata 27.9 Mbps untuk download dan 17.7 Mbps untuk upload

Frekuensi Bandwidth

Jaringan 5G akan membutuhkan bandwidth dengan frekuwensi tinggi (mmWave) gelombang millimeter. Dengan bandwidth yang besar ini, maka sangat ideal bagi Anda untuk tetap mendapatkan jaringan terbaik 5G, sekalipun sedang berada di lingkungan yang sibuk seperti area konser, stadion dan bahkan ketika berada di tengah kerumunan orang-orang. Sementara jaringan 4G LTE mungkin akan sedikit bermasalah ketika berada di area tersebut.

Baca juga : 8 Tips Memilih MiFi 4G LTE agar Sesuai Kebutuhan

Banyaknya Antena yang Dibutuhkan

Jika pada jaringan 4G LTE, umumnya BTS hanya memiliki 12 antena untuk mengirim dan menerima data, berbeda dengan jaringan 5G. Jaringan tercepat ini dengan MIMO yang massif mungkin bisa mendukung hingga 100 antena.

Beamforming

Beamforming yang digunakan pada jaringan 4G dapat mengidentifikasi rute optimal untuk setiap pengguna yang terhubung. Hal ini juga dapat mengurangi dan meningkatkan gangguan serta meningkatkan peluang sinyal yang mudah diblokir. Sedangkan pada jaringan 5G sinyal mungkin akan lebih mudah diblokir.

Jarak Pembangunan BTS

Jaringan 4G relative mengandalkan sedikit (BTS) yang dibangun terpisah beberapa mil, sedangkan jaringan 5G mungkin akan membutuhkan banyak sel kecil yang lebih dekat satu sama lain.

BTS untuk jaringan 5G bahkan bisa ditempatkan di atas lampu jalan atau di sisi bangunan setiap beberapa ratus kaki di area perkotaan. Untuk membangun BTS seperti itu, mungkin akan menjadi tantangan tersendiri dan memakan waktu serta biaya yang tidak sedikit.

Baca juga : Apakah Sinyal 4G Bikin Kuota Internet Cepat Habis?

Perbedaan Jaringan 4G LTE dengan 5G

Sekilas, kita bisa melihat bahwa perbedaan Antara teknologi jaringan 4G LTE dengan 5G tidak terlalu signifikan. Pelanggan hanya memiliki opsi baru jika memang ingin mengandalkan kecepatan jaringan yang lebih maksimal. Pemilik smartphone hanya perlu memiliki koneksi yang berkualitas tinggi dengan kecepatan yang layak.

Melihat dari kecepatan teknologi jaringan 5G, mungkin di masa yang akan datang ini akan sangat diperlukan. Di masa depan, mungkin akan bermunculan game virtual reality, mobil tanpa pengemudi, robot remote control dan banyak aplikasi yang akan cocok menggunakan teknologi jaringan 5G yang maksimal ini.

Namun, untuk kebutuhan saat ini, rasanya jaringan 4G LTE, 4G LTE-A hingga 4G LTE- A Pro sangat bisa diandalkan untuk kebutuhan mengakses internet kamu.

Nantinya bisa saja jaringan 5G dan 4G LTE akan saling melengkapi kebutuhan koneksi yang sesuai dengan lokasi dan kondisi pengguna.

Kita masih menunggu kapan tepatnya jaringan teknologi 5G ini akan diluncurkan secara resmi di Indonesia. Dilansir dari Jawapos.com, kabarnya operator di NKRI ini yang sudah siap dengan teknologi jaringan 5G adalah Telkomsel. Namun, operator ini juga masih sebatas pengujian kecepatan saja.

Adapun beberapa operator lainnya, seperti XL misalnya, mereka baru meluncurkan teknologi jaringan 4.5 G yang diklaim memiliki kecepatan yang lebih stabil dibandingkan dengan 4G LTE.

Kita tunggu saja, operator mana yang mungkin mengetahui perbedaan teknologi jaringan 4G LTE dengan 5G dan meluncurkan teknologi jaringan yang memang layak untuk para pelangganya.

Kamu mungkin juga suka :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.