Apa itu Steam dan Berbagai Keuntungan Saat Menggunakannya

Apa itu STEAM

Kabar gembira bagi para pecinta game atau gamers, karena Steam hadir khusus untuk memenuhi kebutuhan itu. Steam adalah suatu layanan market digital, khusus game yang dibuat oleh Valve Corporation. Platform ini juga bisa dikatakan sebagai penyalur dan pengumpul data game yang dimiliki para pengembang, untuk kemudian dijual di market digital ini.

Mungkin selama ini kamu mengetahui Playstore atau Apple Store untuk bisa mendowload game favorit kamu, maka Steam memiliki fungsi yang hampir sama. Di Steam, kamu bisa membeli dan memainkan berbagai game, baik itu berjenis game indie atau game yang dimiliki pengembang besar.  Semua itu, bisa kamu akses dan gunakan hanya dalam satu aplikasi Steam.

Kabarnya perusahaan Valve Corporation ini sempat mendapatkan masalah kecil sebelum merilis Steam. Namun, Steam akhirnya tetap diluncurkan dengan berbagai pelayanan dan fitur yang bagus untuk sebuah aplikasi market digital khusus game.  

Steam menyediakan verifikasi originals untuk setiap game yang terdaftar, bahkan hingga memiliki fitur Digital Rights Management (DRM), yang dapat mengatur keluar masuknya data game yang diunduh pengguna dari Steam.

Baca juga : Perbedaan Genre Game RPG, MMORPG, dan MOBA

Jenis Game dalam Steam

Tahukah kamu bahwa platform Steam ini ternyata sudah berdiri lebih dari 15 tahun lalu. Itu berarti bahwa Steam ini bukan layanan baru, sehingga pihak pengembang game bahkan sudah banyak terdaftar dalam layanan ini.

Lalu game apa saja ada pada platform ini? Beberapa jenis game seperti adventure, fps, racing, action, game indie ada di Steam. Platform market digital game ini juga menawarkan penjualan software yang bisa diunduh dari pengembang software.

Kamu yang suka dengan beberapa game online seperti Dota 2, Bless, PUBG, Team Fortress 2 juga ada di Steam. Kamu mungkin juga mencari hardware untuk digunakan saat bermain game, ini juga bisa kamu temukan di Steam. Steam bisa memenuhi berbagai kebutuhan game untuk para gamers.

Apa itu STEAM

Keuntungan Menggunakan Steam

Bagaimana, apa kalian masih ragu untuk segera menggunakan Steam? Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa kalian dapatkan saat menggunakannya, dilansir dari kincir.com:

Semua Game Original

Masih suka bermain game yang bajakan, sebaiknya segera berpindah ke Steam. Permasalahan game bajakan seperti itu memang menjadi isu yang sering muncul, terutama saat ingin membeli game di Indonesia. Hal ini pastinya merugikan industry game dunia dan juga penggunanya.

Jika menggunakan Steam, maka semua game sudah memiliki lisensi yang asli anti bajakan. Kamu bisa mendapatkan semuanya dengan DLC (Downloadable content) yang sudah diluncurkan. Bermain game dari Steam dengan keasliannya, tentu juga bisa mendukung pihak Publisher dan Depelover game itu sendiri, untuk selalu menghadirkan pembaruan konten gamenya.

Ganti PC tidak Masalah

Jika kalian mengganti PC atau laptop yang biasa digunakan untuk bermain game, dan sebelumnya sudah menggunakan Steam, maka kamu tinggal login kea kun Steam milikmu saja. Setelah bermain game, semua file game akan tersimpan di Cloud, selama terhubung dengan internet. Dengan begitu, saat pindah PC atau Laptop, kamu hanya tinggal melanjutkan permainan gamemu saja.

Pilihan Game Indie yang Unik

Seperti diulas sebelumnya, Steam memiliki banyak pilihan game Online maupun Offline, termasuk game indie. Beberapa game yang berkualitas bagus ini bisa dipilih berdasarkan tagging. Jika sudah memainkan satu game yang seru, kamu bisa mencari game lainnya dengan genre yang sama. Bahkan, beberapa game di Steam bisa kamu mainkan secara gratis.

Baca juga : Cara Download Call of Duty Mobile di Android Kamu

Promo Diskon untuk Game Seru

Membeli produk apapun saat diskon, tentunya merupakan hal yang ditunggu-tunggu, tidak terkecuali untuk game. Developer game sering membanderol gamenya dengan harga yang menyiksa. Namun, di Steam, kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah di waktu tertentu. Biasanya, dalam satu tahun, Steam akan memberikan diskon besar-besaran dalam waktu tertentu. Kamu bisa membuat list game terlebih dulu, dan menunggu hingga diskon tiba.

Cara Pembayaran yang Mudah

Membeli game di platform Steam juga menawarkan pembayaran yang mudah. Pembayaran melalui kartu kredit adalah yang paling praktis. Bagi kamu yang tidak memiliki kartu kredit, bisa menggunakan Steam wallet.

Bisa Melihat Ulasan Game Bagus

Penggemar game pastinya selalu menantikan game-game terbaik untuk dimainkan bukan? Namun, terkadang kenyataanya berbeda dengan ekspektasi. Untuk mengatasi masalah ini, para gamers dapat mengunjungi komunitas Steam, untuk menyimak ulasan dari para gamers yang sudah dulu main game incaran saat itu.

Ulasan tersebut bisa membantu kalian agar tidak membuang –buang waktu untuk memainkan game yang ternyata kualitasnya kurang baik dan terlanjur dibeli. Game rate juga bisa membantu kamu menemukan game terbaik.

Dengan menggunakan platform Steam, para pengguna tidak hanya bisa membeli game original, game terbaik saja, tetapi pengguna juga bisa bergabung dalam komunitas para pemain game. Selain itu, apa itu Steam tentunya merupakan platform yang memberikan kepercayaan kepada konsumennya, dan Steam hanya menyediakan file original bukan bajakan.

Kamu mungkin juga suka :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.