Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Perbedaan Genre Game RPG, MMORPG, dan MOBA

Genre Game

Tidak hanya musik saja yang memiliki genre, tetapi di game pun juga ada genre nya. Kalau kamu suka nge-game, rasanya wajib tahu genre game ini. Karena nggak lucu kalau kamu pas di tongkrongan ngobrolin game sama temen, tapi kamu pah poh dengan istilah ini RPG, MMORPG, dan MOBA.

Ya, ketiga genre game tersebut adalah yang sering dimainkan banyak gamers. Owh ya, jika kamu ternyata suka genre MOBA, bukan berarti kamu nggak boleh main game RPG lho. Bebas kok, kamu mau main genre apa saja asal kamu suka sama game nya.

Oke, supaya pengetahuanmu soal dunia game semakin bertambah, berikut ini perbedaan antara genre game RPG, MMORPG, dan MOBA.

Baca juga : Spesifikasi Minimum Bermain PUBG di PC dan Mobile

Pengertian RPG

Genre yang satu ini sesuai dengan namanya, kamu nanti akan memerankan sebuah tokoh fiktif dalam game tersebut. Dan game play nya berupa alur cerita dari tokoh tersebut.

Memainkan game RPG ini sangat menantang, karena di awal permainan pasti tokoh yang dipilih hanya memilih kemampuan yang biasa. Namun, nantinya jika kemampuan bisa bertambah seiring dengan dengan kenaikan level, item yang didapatkan dan lainnya.

Banyak game yang memiliki genre RPG, tetapi yang banyak dimainkan gamers itu diantaranya Suikoden 2, Final Fantasy XV, ada juga The Witcher 3. Kalau kamu memainkan game RPG lain, bisa tulis di komentar apa saja enaknya memainkan game itu.

Pengertian MMORPG

MMORPG memiliki kepanjangan Massive Multiplayer Online Role Playing Game. Secara umum, genre ini hampir sama dengan RPG, hanya saja di MMORPG ini bisa dimainkan secara bersama-sama. Dari namanya saja ada multiplayer nya. Dan game ini dimainkan secara online.

Kalau kamu pernah memainkan game Ragnarok, RF Online, atau Tantra Online, itu adalah beberapa game bergenre MMORPG.

Pengertian MOBA

MOBA memiliki kepanjangan Multiplayer Online Battle Arena. Game ini dimainkan secara bersama-sama dan online. Akan tetapi game play nya tidak berupa cerita. Di sini nantinya ada sebuah arena yang mana gamer akan bertanding melawan gamer lain.

Genre game ini saat ini sedang banyak dimainkan berbagai kalangan, contoh gamenya adalah Mobile Legends, Arena of Valor, Dota 2, dll.

Baca juga : Simak! Cara Memainkan Rules of Survival di PC atau Laptop Berikut Ini

 

Jadi itu perbedaan antara RPG, MMORPG, dan MOBA. Owh ya, untuk RPG ini dimainkan secara offline ya. Itu yang membedakannya dengan MMORPG.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu. Coba kalau kamu sudah pernah memainkan game apa saja, bisa tulis di komentar.



Baca juga :



Lhageek Merchandise



Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *