Printer Share, Aplikasi Untuk Sharing Printer Dari Komputer & Ponsel

Printer Share

LhaGeek.com – Kalau kamu sekarang lagi nyari cara untuk sharing printer padahal printer tersebut tidak memiliki fitur Wi-Fi untuk sharingnya, lebih baik baca artikel ini saja. Saya pun mencoba cara ini dan berhasil.

Caranya cukup mudah, yaitu menggunakan sebuah aplikasi bernama Printer Share.

Aplikasi ini dapat diunduh di www.printershare.com, dan nanti kamu harus menginstall aplikasi Printer Share di komputer kamu dan ponsel jika ingin mencetak dokumen langsung dari ponsel. For your information, aplikasi ini hanya bisa dijalankan di sistem operasi Windows dan Mac saja. Sedangkan untuk ponsel hanya bisa di Android dan iOS.

Oke, kali ini saya akan contohkan untuk sharing printer inkjet yang tidak memiliki fitur Wi-Fi. Dimana kasusnya kita akan mencetak dokumen langsung dari ponsel Android. So, yang dibutuhkan adalah seperangkat printer, satu buah kompoter desktop atau laptop, dan ponsel Android (karena saya memakai android).

*Pertama install Printer Share di komputer & ponsel

Yang perlu dilakukan pertama kali adalah memastikan untuk menginstall aplikasi Printer Share di komputer/laptop kamu. Silahkan unduh dulu di sini http://www.printershare.com/download-windows.sdf.

Jika sudah, lanjut install Printer Share di ponsel Android kalian. Aplikasi Printer Share di Android bisa di unduh di Play Store.

Mobile Print - PrinterShare

*Buka Printer Share di Komputer & Sign up

Selanjutnya kamu bisa buka aplikasi Printer Share yang ada di komputer, lalu masuk ke menu User pilih login. Jika kamu belum punya akun, silahkan Create new account.

Printer Share - Login

Cek email untuk mendapatkan informasi User ID dan password.

Jika sudah mendapatkan User ID & Password, silahkan login dengan user ID tersebut.

Setelah login, pilihlah printer yang akan disharing. Oh ya, pastikan komputer/laptop kamu sudah terhubung ke printer, dan printer dalam keadaan menyala ya. Pilih printernya lalu klik Share.

Printer Share - Share

Sampai di sini berarti komputer dan printer sudah siap menerima job printing dari device lain.

*Buka Printer Share di Ponsel

Nah, karena kasus di sini adalah ingin mencetak dokumen yang ada di ponsel langsung, maka buka ponsel yang sudah diinstall aplikasi Printer Share tadi.

  • Buka aplikasi PrinterShare
  • Di bagian bawah adalah tulisan Printer, lalu pilih Select.
  • Pilih lagi PrinterShare Remote
  • Lalu Login. Masukkan User ID dan password kamu tadi.
  • Selanjutnya Add Printer.
  • Di menu Find Printers, ketik User ID kamu tadi.
  • Maka muncul printer kamu, dan pilih saja itu.

Sampai di sini ponsel kamu sudah terhubung dengan printer yang akan digunakan untuk mencetak dokumen, tentunya melalui aplikasi Printer Share.

*Pilih Dokumen Yang Akan Dicetak

Selanjutnya kamu tinggal memilih dokumen yang akan di cetak. Jika dokumen tersimpan di memori ponsel, pilih saja menu Documents.

Setelah ketemu, kamu bisa atur di bagian option. Di sini kamu bisa mengatur ukuran paper, page scaling, printout mode, dll. Jika sudah fix, silahkan klik Print. Nah, nanti ada pilihan lagi tentang jumlah cetakan dan halaman mana yang akan dicetak.

Jika sudah, klik Ok saja, maka permintaan printing akan diproses.

Tunggu sebentar, nanti di komputer ada notif, dan printer pun langsung memproses permintaan tersebut. Mudah kan!

***
Penggunaan aplikasi Printer Share seperti ini sangat cocok digunakan bagi kamu yang lagi di luar ruangan lalu ingin mengirim atau mencetak dokumen dengan segera ke kantor atau ke mana saja. Sehingga dengan berbekal ponsel saja, kebutuhan cetak mencetak akan lebih cepat.

Printer Share
Skema Printer Share

Jadi itu aja tips untuk sharing printer melalui aplikasi Printer Share. Sebenarnya di aplikasi ada beberapa fitur lain, tapi silahkan nanti dikulik sendiri. Jika ada yang kurang jelas dengan tutorial di atas, silahkan tanyakan lewat komentar di bawah.

I’m Virman, Stay Cool…

Post Author: S Adi Firmansyah

Selain mengelola blog ini, pria single yang satu ini juga mengelola beberapa blog lainnya, seperti EtalaseBisnis.com - RuangPegawai.com // #TechBlogger

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG