Ternyata Smartphone Bisa Merusak Otak Jika Ditaruh Di Sini

Tidur Dekat Smartphone

LhaGeek.com – Meskipun smartphone adalah ponsel ‘pintar’ tapi bukan berarti keberadaan smartphone selalu baik untuk menusia. Smartphone bisa saja merusak otak kamu jika ketika tidur kamu selalu menyandingkan.

Iya, ketika tidur menaruh smartphone di sebelah kamu itu bisa merusak otak dan membuat kamu pikun. Sebenarnya informasi ini sudah lama mencuat, tapi belum ada hasil penelitian finalnya.

Meskipun begitu, ada keterkaitan antara smartphone dengan kesehatan otak.

Yang pertama adalah smartphone dan perangkat elektronik lainnya memancarkan blue light (kilau biru) yang secara kasat mata tidak bisa dilihat. Ini semacam gelombang cahaya, sumbernya dari layar smartphone. Ini juga yang membuat kamu lelah jika memandangi layar smartphone. Nah, blue light ini juga bisa mengurangi kualitas tidur kamu.

Yang kedua adalah adanya penelitian yang dilakukan oleh University of Rochester dan Massachusetts Institute of Technology (MIT). Seperti yang dikabarkan Quartz, penelitian tersebut menyimpulkan bawah kualitas tidur sangat penting dalam menjaga kinerja otak.

Jadi, jika kualitas tidur kita tidak baik maka dampaknya juga ke kinerja otak, salah satunya bisa pikun meskipun masih muda.

Untuk itu lebih baik jauhkan smartphone ketika kamu ingin tidur. Akan lebih baik jika menon-aktifkan smartphone ketika tidur.

Selain itu, menjaga waktu tidur juga penting. Seperti diketahui, manusia memerlukan waktu istirahat maksimal 8 jam per hari. Jika kurang, lama-lama akan timbul gangguan otak yang dinamakan demensia dan alzheimer. Gangguan tersebut disebabkan karena adanya penumpukan neurotoksin ‘beta-amyloid’ di otak karena kurang tidur itu tadi.

Demensia itu adalah penurunan fungsional dalam berpikir dan melakukan pekerjaan sehari-hari. Sedangkan Alzheimer adalah penurunan daya ingat (pikun).

So, jangan anggap sepele hal ini.

Mulai sekarang jauhkan smartphone dari kepala ketika tidur. Jaga kualitas tidur agar meningkatkan kinerja di hari selanjutnya.

Post Author: S Adi Firmansyah

Selain mengelola blog ini, pria single yang satu ini juga mengelola beberapa blog lainnya, seperti EtalaseBisnis.com - RuangPegawai.com // #TechBlogger

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG