Apa Itu VPN? Dan Apa Fungsinya?

Apa Itu VPN

LhaGeek.com – Jika kamu membaca artikel-artikel sebelumnya misalnya tentang ‘Bagaimana Mengatasi Koneksi Internet Lemot di Windows 10?‘, pasti kamu ada mendapatkan informasi tentang pengguna VPN. Tapi apakah kamu sudah tahu apa itu VPN? Yang di dalam artikel tersebut bisa menjadi solusi untuk memperlancar koneksi XL di Windows 8/10….

Kalau kamu awam soal ini, tenang… aku akan jelaskan sedikit mengenai VPN dan fungsinya.

VPN itu singkatan dari Virtual Private Network yang mana merupakan jaringan virtual yang bisa dihubungkan dengan perangkat komputer yang kita miliki melalui internet. Dengan menghubungkan ke VPN, maka kita seperti memiliki jaringan internet sendiri yang aman dan bebas.

Tak heran jika banyak yang menggunakan VPN untuk melakukan by pass jaringan agar bisa membuka website yang diblockir pihak tertentu. VPN menawarkan jaringan virtual yang aman, sehingga lalu lintas data kita akan lebih aman jika menggunakan VPN.

Pusing dengan penjelasan di atas? Coba lihat gambar di bawah ini dulu.

Gambaran VPN

Fungsi VPN.

Penggunaan VPN sangat memiliki manfaat yang banyak.

  • VPN bisa mendukung berbagai protokal jaringan seperti L2TP, IPSec, PPTP, dan SOCKS. Protokol-protokol ini yang akan memproses otentikasi VPN.
  • Dengan menggunakan jaringan VPN yang telah dienkripsi maka jaringan kita akan lebih aman.
  • Bisa membuka situs web yang di blokir.
  • dll

Post Author: S Adi Firmansyah

Selain mengelola blog ini, pria single yang satu ini juga mengelola beberapa blog lainnya, seperti EtalaseBisnis.com - RuangPegawai.com // #TechBlogger

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG