WhatsApp Desktop Telah Hadir di Windows & Mac OS

WhatsApp Desktop

Aplikasi Instant Messaging WhatsApp, yang sejatinya adalah aplikasi berbasis mobile, akhirnya kini merilis versi desktopnya. Sebenarnya WhatsApp juga telah bisa digunakan di PC/Notebook, tapi hanya sebatas via website, WhatsApp Web.

Kemarin Selasa (10/5), WhatsApp melalui blog resminya https://blog.whatsapp.com mengumumkan kehadiran WhatsApp versi desktop ini. Dilansir dari blog WhatsApp, bahwa aplikasi WhatsApp desktop ini bisa digunakan untuk sistem operasi Windows 8+ dan juga Mac OS versi 10.9 ke atas.

Saya sendiri langsung mencobanya dengan mengunjungi langsung situs www.whatsapp.com. Dan di halaman download, kini telah ada pilihan Mobile Phones dan Mac or Windows PC.

WhatsApp Desktop - Download

Karena saya ingin mencoba yang versi desktop Windows OS, akhirnya saya download langsung aplikasi tersebut. Ukurannya hanya 61,4 MB.

Setelah di install, maka diminta untuk sinkronisasi terlebih dahulu. Mekanismenya sama ketika menggunakan WhatsApp Web. Dan dari segi fitur masih sama dengan versi WhatsApp Web. Namun yang membedakan, di WhatsApp Desktop ini ada beberapa main menu default seperti WhatsApp, Edit, View, Chat dan Help.

Dengan adanya versi desktop ini tentunya kita tidak perlu lagi membuka browser untuk menjalankan WhatsApp di PC.

Tapi menurut saya masih ada kekurangan dari WhatsApp Desktop ini.

Apabila aplikasi WhatsApp Dekstop kita close, maka aplikasinya akan berhenti. Sehingga apabila ada pesan masuk tidak ada notif. Tidak seperti aplikas LINE versi Dekstop yang meskipun kita close tapi jika ada pesan masuk tetap muncul notifikasi.

Jadi kalau ingin selalu mendapatkan notifikasi pesan masuk ya harus di minimize.

WhatsApp Desktop - Resource

Jika dilihat dari sisi penggunaan sumber daya, aplikasi WhatsApp Dekstop ini membutuhkan memori RAM sekitar 25 MB. Tapi ini tentu akan berbeda-beda di setiap komputer. Saya melakukan cek ini menggunakan Notebook dengan CPU Intel Core i3 1,9 GHz, RAM 6GB.

Saya juga mencoba untuk membuka WhatsApp Dekstop dan WhatsApp Web secara bersamaan, hasilnya tidak bisa. Misalnya yang duluan dibuka adalah WhatsApp Dekstop, lalu membuka WhatsApp Web maka di WhatsApp Desktop akan muncul notif seperti ini, begitu juga sebaliknya.

WhatsApp Desktop - Notif

Untuk fitur upload Document juga tetap ada, baik di Dekstop maupun Web.

Jadi itu saja ulasan mengenai WhatsApp versi Desktop ini. Kalau saya sih lebih suka pakai yang versi Desktop saja. 🙂 Kalau kamu gimana?

Post Author: S Adi Firmansyah

Selain mengelola blog ini, pria single yang satu ini juga mengelola beberapa blog lainnya, seperti EtalaseBisnis.com - RuangPegawai.com // #TechBlogger

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG