Inilah Keluarga Asus Zenfone 3 Yang Bikin Mupeng

Asus Zenvolution

Menurut kamu, bagaimana smartphone Asus generasi kedua, yakni keluarga Asus Zenfone 2? Jika kamu masih kurang puas dengan suguhan dari beberapa varian Zenfone 2, nampaknya kamu akan mendapatkan kepuasan di generasi selanjutnya dari Asus.

Mulai Selasa-Jum’at, (31 Mei – 3 Juni 2016) lalu, Asus menggelar acara Zenvolution Computex 2016 yang diadakan di Taipei World Trade Center Nangang Exhibition Hall, Taiwan. Dalam acara tersebut, selain memamerkan produk robotnya, Zenbo, Asus juga memperkenalkan generasi smartphone Asus ketiga, yaitu keluarga Asus Zenfone 3.

Ada tiga produk yang diperkenalkan Asus pada acara tersebut, yakni Asus Zenfone 3, Zenfone 3 Deluxe, dan Zenfone 3 Ultra.

Banyak sekali perbedaan dan pembaharuan yang ada digenerasi ketiga ini. Selain dari segi desain dan tampilan, spesifikasi hardware juga mengalami peningkatan.

Mari coba kita intip sedikit spesifikasinya.

Asus ZenFone 3

Asus ZenFone 3
image via asus.com

Kesan pertama setelah melihat smartphone ini adalah tidak menyangka kalau itu produk dari Asus. Tahu sendiri, Asus itu punya body belakang yang melengkung dan agak kurang nyaman dipegang. Tapi di Zenfone 3 ini dari sisi desain memang sangat berbeda dengan seri sebelumnya. Body yang slim, serta bagian pojok yang sedikit melengkung, bobot ringan (155 g) membuat Asus Zenfone 3 ini terlihat mewah dan kekinian.

Yang saya suka selain dari body yang tipis, juga tidak adanya logo ASUS di sisi depan (atas layar). Menurut saya, dengan tidak adanya logo di sisi depan itu membuat ponsel semakin berkelas dan tidak norak. Untuk logo ASUS ditempatkan di sisi belakang bawah.

Untuk layarnya menggunakan ukuran 5.5 inch Full HD (1920×1080) dengan teknologi IPS. So, sudah bisa dibayangkan kalau smartphone ini nanti bakal punya ukuran yang cukup lebar, tapi tipis.

Untuk dapur pacunya, Zenfone 3 menggunakan CPU Qualcomm® Octa-Core Processor Snapdragon™ 625 64-bit dengan kecepatan @2.0Ghz. Tentunya sudah didukung oleh GPU dari Adreno™ 506.

Zenfone 3 ini adalah dua varian, yang membedakan adalah dari segi kapasitas memori internal dan RAM. Ada dua pilihan yakni RAM 3GB dan 4GB, sedangkan memori internal 32GB dan 64GB. Cocok lah kalau begitu, prosesor S625 dipadu dengan RAM 3GB/4GB.

Kamera Zenfone 3 ini yang belakang 16 MP, dengan aperture f/2.0, auto-focus dengan dukungan laser auto-focus yang mampu menangkap focus dengan cepat 0.03 detik. Sedangkan kamera depan punya 8MP dengan aperture f/2.0. Untuk pengambilan video, katanya sih mampu mengambil video 4K.

Android yang dipakai pun sudah menggunakan versi terbaru Android 6.0 Marshmallow, wih, jadi bisa menambahkan akselerasi kinerja nih.

Namun sayang, kapasitas baterai hanya 3000 mAh. Dengan spesifikasi yang mumpuni, tapi baterainya justru sangat tanggung sekali.

Asus ZenFone 3 Deluxe

Asus ZenFone 3 Deluxe
image via asus.com

Kalau kurang puas dengan Zenfone 3, kayaknya harus memilih Zenfone 3 Deluxe. Dari segi body, waduh mikin tambah mupeng sob. Body nya itu kekinian sekali, dengan ukuran yang tipis (156.4 x 77.4 x 4.2 mm).

ZenFone 3 Deluxe ini memakai layar yang lebih lebar, 5.7 inch Full HD (1920×1080) Super AMOLED. Layarnya sudah dilapisi Corning® Gorilla® Glass 4.

Prosesor yang digunakan semakin mewah, yakni memakai Qualcomm® Snapdragon™ 820 64-bit dengan kecepatan @2.15GHz. GPU Adreno 530. Pakai S820 lho sob, dijamin akselerasi mulus dan dampaknya juga ke kualitas kamera.

Nah ngomong-ngomong soal kamera, ZenFone 3 Deluxe ini menggunakan rear camera 23 MP sob, dengan aperture f/2.0. Kira-kira gimana ya kualitasnya nanti? Sedangkan untuk kamera depan cukup pakai 8MP saja.

Yang bikin mupeng lagi, RAM nya 6 GB, dengan memori internal 64GB/128GB/256GB. Memori segede itu pun bisa ditambah lagi pakai microSD hingga 128 GB.

Lagi-lagi baterai hanya berkapasitas 3000 mAh. Entah kenapa kok tidak sekalian pakai kapasitas besar, tapi kemungkinan supaya tidak menyita ruang juga. Karena kalau kapasitas baterai besar mungkin agar berpengaruh pada body yang tebel lagi. Lagi Asus juga punya produk powerbank, bisa jadi supaya meningkatkan penjualan powerbank Asus juga. 😀

Asus ZenFone 3 Ultra

Asus ZenFone 3 Ultra
image via asus.com

Kalau dilihat dari spesifikasinya sih ZenFone 3 Ultra ini seperti gabungan antara Zenfone 3 dengan Zenfone 3 Deluxe.

Di ZenFone 3 Ultra ini body tetap elegan dan tipis seperti Zenfone 3 lainnya. Tapi, ada yang sedikit membedakan, yakni letak kamera belakang yang berada di pojok, tidak di tengah seperti seri sebelumnya. Lalu di ZenFone 3 Ultra ini juga ada tombol home, benar-benar tombol bukan berupa touchscreen.

Saya sendiri bingung mau menyebut ini smartphone atau tablet, tapi lebih tepatnya mungkin phabletnya. Soalnya ukuran layarnya 6.8 inch sob, sudah Full HD (1920×1080) IPS LCD sudah terlindungi Corning® Gorilla® Glass 4.

Zenfone 3 Ultra menggunakan chipset 64-bit Qualcomm® Quad-Core Processor Snapdragon™ 652 64-bit @1.8Ghz dengan GPU Adreno™ 510. Yah, kok nggak pakai yang S820 juga ya?

Ada dua pilihan RAM 3GB dan 4GB. Kapasitas memori internal juga ada 32GB/ 64GB / 128GB tentunya bisa diupgrade dengan microSD hingga 200GB.

Untuk kameranya tetap sama menggunakan kamera belakang 23MP Camera, f/2.0 aperture, 6 P Largan lens dan kamera depan 8MP f/2.0 aperture 85˚ wide-viewing angle. Fiturnya sejagat deh.

Syukurnya di ZenFone 3 Ultra ini ada peningkatan kapasitas baterai yakni 4600 mAh. Lumayan lah ya…

***
Itulah keluarga Asus Zenfone 3, kira-kira kalau disuruh milih kamu pilih mana sob? Kalau saya sih pilih ZenFone 2 Deluxe aja. Alasannya karena sudah pakai Snapdragon 820. Ukuran juga cukup, nggak terlalu besar. Masalah baterai? Ehm, sebenarnya agak kecewa juga sih, tapi tidak apa lah nanti dibantu powerbank.

via ASUS Press Room

Post Author: S Adi Firmansyah

Selain mengelola blog ini, pria single yang satu ini juga mengelola beberapa blog lainnya, seperti EtalaseBisnis.com - RuangPegawai.com // #TechBlogger

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG