Bagaimana Virus Bisa Masuk Ke Komputer atau Laptop?

Virus Komputer

LHAGEEK.com – Hal menyebalkan ketika menggunakan komputer atau laptop adalah sudah terserang virus. Berbagai jenis virus mulai dari virus shortcut, virus trojan, virus yang membuat komputer tidak bisa nyala, dan lainnya, membuat kita tidak nyaman ketika mengoperasikan komputer.

Biasanya, komputer atau laptop yang terkena virus itu menggunakan sistem operasi Windows. Secara Windows OS memang rentan terhadap serangan virus. Tapi bukan berarti kita sebagai pengguna tidak bisa mencegahnya.

Saya sendiri sudah lebih dari empat tahun tak terkena virus. Soalnya memang sudah saya cegah.

Kali ini saya tak akan menjelaskan tentang bagaimana cara mencegah agar virus tidak masuk, tapi ingin sedikit memberikan informasi bagaimana virus bisa masuk ke komputer atau laptop. Nantinya teman-teman bisa menyimpulkan sendiri cara pencegahannya.

Proses masuknya virus ke sistem komputer ini saya tulis dari hasil pengalaman yang saya temui saja, jadi kalau nanti ada yang kurang atau tidak sesuai ya wajar.

#1 Melalui Internet

Virus bisa masuk ke komputer kita salah satunya melalui internet. Dimana ketika kita sedang browsing, akses email, dan aktivitas yang berhubungan dengan internet akan berpeluang untuk dimasukin virus. Biasanya ini juga kelalaian kita sendiri, misalnya membuka laman-laman website yang tidak aman, mengklik link atau banner yang ternyata itu virus, nah yang paling sering saya temui adalah jika kalian menyimpan halaman website ke komputer.

Karena dengan menyimpan suatu halaman website ke komputer, secara otomatis data yang ada di website tersebut juga tersimpan di komputer kita. Kalau ternyata di halaman tersebut ada virus, maka virus pun akan masuk ke komputer kita.

Lalu kalau melalui email, Anda wajib waspada jika ada email asing yang isinya link. Biasanya sih sudah masuk ke folder spam. Nah agar aman, lebih baik hiraukan saja email tersebut, biasanya link yang ada pada email terindikasi virus.

#2 Melalui Aplikasi

Jangan sembarangan mengunduh sebuah aplikasi. Aplikasi yang aneh atau semacam patcher biasanya sudah disusupi virus. Sehingga ketika kalian menginstall atau menjalankan aplikasi tersebut, secara otomatis virus akan menyebar ke komputer.

Sebaiknya apabila ingin mengunduh suatu aplikasi, lebih baik melalui situs-situs yang kredibel. Jangan asal mengunduh di tempat-tempat yang aneh.

#3 Melalui Flashdisk

Sebenarnya flashdisk hanya sebagai perantara saja. Jadi misalnya kalian ingin transfer file dari komputer/laptop lain ke komputer sendiri dan ternyata komputer lain tersebut sudah ada virusnya, bisa jadi virus akan masuk ke flashdisk dan akan berjalan ke komputer kalian setelah flashdisk di colok.

Pastikan komputer sumber sudah aman dari virus. Apalagi kalau habis dari warnet, pasti banyak banget virusnya.

#4 Melalui Sistem Operasi Itu Sendiri

Jangan kaget kalau baru saja install OS tapi sudah terkena virus. Bisa jadi virus memang sudah ada di sistem operasinya. Tapi ini berlaku untuk kalian yang menggunakan sistem operasi bajakan. Jadi waspadalah jika menggunakan OS Bajakan.

Sistem operasi bajakan memang rentan virus, karena bisa saja itu hasil modifikasi dari orang tak bertanggung jawab.

#5 Sistem Tidak Update

Pastikan sistem kalian selalu up to date. Karena jika tidak pernah diupdate akan banyak bugs di sistem operasi tersebut. Tidak hanya sistem operasi saja yang perlu di update, tapi aplikasi yang terinstall juga perlu di update.

#6 Tidak Ada Anti Virus

Jika kalian pengguna Windows, sangat disarankan untuk memasang anti virus. Dengan memakai anti virus paling tidak bisa menangkal masuknya virus. Kalian bisa mencoba menggunakan anti virus Avast yang gratis, atau juga bisa menggunakan yang berbayar. Tentunya yang berbayar akan lebih banyak fitur keamanannya.

Jadi jika kalian pengguna komputer/laptop, jangan sekedar memakainya. Lakukan juga pencegahan dan perawatan agar komputer tak terjangkir virus.

Post Author: S Adi Firmansyah

Selain mengelola blog ini, pria single yang satu ini juga mengelola beberapa blog lainnya, seperti EtalaseBisnis.com - RuangPegawai.com // #TechBlogger

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG