Net1 Indonesia

Kalau ditanya apa saja jaringan provider seluler di Indonesia, pasti mayoritas akan menjawab XL Axiata (Axis), Indosat Ooredoo, Telkomsel, Tri Indonesia, dan Smartfren. Tetapi tahukah kamu kalau sekarang ini sudah ada provider seluler baru di Indonesia? Namanya Net1 Indonesia, yang fokus di jaringan 4G LTE.

Sebenarnya provider yang satu ini sudah ada sejak 2016, tetapi karena jangkauannya belum meluas, jadi belum banyak yang tahu. Sebenarnya Net1 ini menggantikan merek dagang dari Ceria, pernah denger provider Ceria CDMA kan? Nah, karena CDMA sudah tidak ada, maka pihak perusahaan menggantikannya dengan ini.

Net1 Indonesia sendiri merupakan produk layanan telekomunikasi dari PT Sampoerna Telekomunikasi Indonesia dan telah bekerja sama dengan ICE Group, sebuah perusahaan telekomunikasi asal Skandinavia. Tidak seperti layanan telekomunikasi seluler lainnya, Net1 saat ini hanya memiliki frekuensi 450MHz atau 4G LTE saja.

Net1 ini memang belum merata ke seluruh negeri. Di pulau Jawa saja masih sebagian. Kalau berdasarkan pantauan Lhageek dari website resminya, saat ini baru ada 69 kabupaten/kota yang tercover jaringan NET1.

Peta Jangkauan Net1

  • Jumlah Kabupaten/Kota yang tercover Net1 Indonesia : 69 kabupaten/kota
  • Jumlah Desa yang tercover Net1 Indonesia : 4.534 desa
  • Jumlah Populasi yang tercover Net1 Indonesia : 25.713.916 orang

Kalau melihat dari peta coverage jaringan Net1, memang tersebar di daerah-daerah kecil. Di kota-kota besar pun belum ada, hanya Jakarta saja. Karena memang fokus dari Net1 Indonesia ini adalah di daerah pedesaan dan sub urban.

Tarif Layanan Internet 4G LTE Net1 Indonesia

Kira-kira nanti kalau sudah meluas, bagaimana ya kuliatas sinyalnya? Apakah 4G rasa 3G seperti kebanyakan provider saat ini? Dan bagaimana tarifnya? Kalau untuk saat ini tarif internet Net1 Indonesia terbagi menjadi dua golongan, yakni Personal dan Bisnis.

Untuk personal, memiliki dua paket dan semua Unlimited, tapi pakai Kuota. Hehe. Unlimited kok pakai Kuota. :D

Paket Personal Net1

Di paket pertama ini punya batasan kuota 20GB. Yang artinya kalau sudah mencapai batas 20GB, maka kecepatan dari yang semula up to 30Mbps, menjadi 64Kbps. Unlimited tapi pasti lemot ya. :D

Sedangkan paket kedua ​Net1 Unlimited Xtra, punya batasan pemakaian hingga 30GB, kalau sudah mencapai 30GB, kecepatan turun jadi 256Kbps, lumayan.

Akan tetapi, untuk pembelian paket internet ini ada syaratnya. Yaitu pembayaran pertama senilai Rp 399 ribu yang digunakan untuk membayar perangkat Mobile WiFi dan Rp 499ribu jika memilih menggunakan Fixed WiFi. Selanjutnya baru bisa berlangganan senilai harga paket di atas. Kira-kira wort it nggak nih?

Untuk Bisnis, Net1 punya dua paket juga, yaitu Net1 Business Pro Rental dan Net1 Business Pro Regular. Secara umum hampir sama dengan yang personal, tetapi di bisnis ini adalah beberapa tambahan.

Paket Bisnis Net1

Di paket Net1 Business Pro Rental, batas kuota maksimal adalah 50GB, jika melebihi itu kecepatan akan turun ke 384Kbps. Cuma di paket ini pengguna akan dipinjami perangkat, yang mana harus membayar sewanya Rp 20ribu per bulan.

Sedangkan di paket Net1 Business Pro Regular, perangkatnya berbayar, jadi pengguna harus beli perangkatnya.

Nah, kalau dilihat layanan telekomunikasi yang satu ini konsepnya mirip dengan Bolt. Net1 ini menjual layanan internet yang dibundling dengan perangkatnya. Jadi sepertinya tidak bisa jika hanya membeli kartu SIM nya saja kemudian ditaruh di ponsel.

Kira-kira menurut gimana layanan ini? Layak bersaingkah?



Baca juga :

LEAVE A REPLY

Silakan checklist Notify me of follow-up comments by email. untuk mendapatkan notifikasi melalui email apabila komentarmu ada balasan.
Please enter your comment!
Please enter your name here