Bardi Smart Power Strip, Stop Kontak yang Bisa Dikontrol Lewat Ponsel

  • Whatsapp

Perkembangan teknologi wireless dan ponsel pintar ternyata bisa berpengaruh ke berbagai perangkat elektronik rumah tangga. Dulu saya tidak membayangkan kalau perkembangannya bisa secepat ini. Salah satu yang membuat saya kagum adalah produk Bardi Smart Power Strip. Ini adalah produk stop kontak dari Bardi yang tidak seperti stop kontak biasanya. Karena ini adalah stop kontak pintar yang bisa dikontrol lewat ponsel.

Ya, saya sendiri juga heran ternyata bisa ya sebuah perangkat stop kontak bisa diakses lewat ponsel. Padahalkan fungsi stok kontak ya cuma buat colokin listrik saja.

Tapi sebuah perangkat itu hadir pasti tidak sekadar hanya melihat fungsinya saja. Tapi Bardi Extention Power Strip ini adalah sebuah solusi untuk kita yang sebenarnya punya masalah klasik sama stop kontak. Apa hayo? Ya misalnya saja kita sering lupa mencabut charger hp kalau sudah tidak digunakan. Atau mungkin lupa mencabut colokan lampu. Poin ‘lupa’ di sinilah yang jadi permasalahan.

Selain itu ‘mager’ untuk mencabut listrik. Misalnya saja lagi hidupin kipas angin di kamar, tapi ternyata kita lagi nggak di kamar, mau ke kamar males jalannya, jadi matiinnya gimana? Ya pakai perangkat Bardi Smart Power Strip (EXTENTION POWER STRIP PS – 10A – NEM) ini saja.

Apa itu Bardi Smart Power Strip?

Bardi Smart Power Strip

Jadi Bardi Smart Power Strip itu merupakan perangkat stop kontak extension seperti pada umumnya, tapi ini lebih pintar. Karena kita bisa menyalakan dan menghidupkannya melalui aplikasi.

Jadi untuk kaum rebahan dan mageran serta lupaan, ini adalah solusi praktis untuk bisa mengatasi itu semua.

Apalagi sekarang ini kan mayoritas orang sudah pegang smartphone setiap hari bahkan sampai lupa waktu, nah cukup dengan ponselnya, kita bisa mengontrol dari jauh perangkat-perangkat elektronik kita yang tersambung melalui Bardi Smart Power Strip ini.

Spesifikasi Bardi Smart Power Strip

Dari sisi desain, stop kontak ini ya seperti stop kontak pada umumnya. Bentuk fisiknya tidak ada yang berbeda. Hanya saja di setiap soketnya memiliki lampu indikator kecil sebagai penanda soket tersebut posisi ON atau OFF.

Bardi Smart Power Strip

Ukuran panel utamanya 28cm sedangkan panjang kabelnya 2 meter, jadi cukup panjang.

Stop kontak pintar ini memiliki 4 soket eu dengan daya 220v, maksimal 10A untuk tiap soketnya. Dan ada 3 soket USB 5v dengan daya 2.1A setiap soketnya. Jadi kalau kamu mau mengisi baterai smartphone tapi adaptor charger nya rusak atau hilang, bisa langsung colok di sini. Tapi ini bukan fast charging ya, karena hanya 2.1A.

Di sini atas ada tombol Power ON/OFF. Ini fungsinya untuk menyalakan dan mematikan semua soket secara manual.

Own ya, untuk konektivitasnya, Extention Power Strip ini sudah menggunakan Wireless 2.4GHz 802.11 b/g/n.

Fitur Bardi Extention Power Strip

Fitur dari sisi hardware kalau yang saya baca dan lihat, stop kontak ini sudah dilengkapi dengan fitur grounding standar Eropa, sehingga dari sisi keamanan sudah sangat terjamin.

Kemudian di bagian bawah terdapat 6 titik karet bantalan yang membuat stop kontak ini tidak mudah bergeser meskipun kita taruh bawah lantai. Keset gitu karetnya.

Bardi Smart Power Strip

Sedangkan untuk fitur software nya ada banyak. Yang bisa kita lakukan dari aplikasi Smart LifeSmart Living adalah :

  • Mematikan & menghidupkan semua soket
  • Mematikan & menghidupkan masing-masing soket
  • Membuat jadwal waktu ON/OFF untuk masing-masing soket
  • Mengatur countdown ON/OFF untuk masing-masing soket
  • Mendukung Amazon Alexa, Google Assistant, IFTTT, dll
aplikasi Smart Life - Smart Living

Nah, karena saya pengguna Android, jadi saya hanya bisa mencobanya untuk menghubungkan dengan Google Assistant. Sehingga nanti selain bisa dikontrol lewat aplikasi, kita juga bisa kontrol lewat suara. Misalnya OK Google, nyalakan stop kontak! Maka stop kontak akan nyala. :)

Keuntungannya menghubungkan ke Google Assistant adalah kita bisa mengontrolnya dari jauh. Misalnya saja kita lagi pergi ke luar, terus inget tadi belum cabut listrik kipas angin, ya tinggal Ok Google! Matikan Kipas Angin saja! Selesai dah. :D

Owh ya, di aplikasi Smart Life juga ada fitur Share Device. Jadi kamu bisa share perangkat yang terhubung ke akun Smart Life ini ke keluarga lain. Ya supaya orang lain juga bisa mengontrolnya. Tapi pastikan itu memang orang yang tepat ya. Jangan sampai ini disalahgunakan.

Cara Menghubungkan Bardi Smart Power Strip ke Ponsel

Sebenarnya di setiap pembelian produk Bardi Smart Home akan diberikan petunjuk cara penggunaannya. Tapi agar kamu bisa punya bayangan terlebih dulu, caranya seperti ini.

Yang harus kita lakukan adalah mengunduh aplikasi Smart Life di Google Play Store. kalau sudah diinstal, kemudian buat akun dulu kalau belum punya. Setelah itu bisa tambahkan perangkat dan pilih menu Electrical kemudian pilih Power Strip.

aplikasi Smart Life - Smart Living

Pastikan wifi di rumah kamu sudah menyala dan kamu sudah terhubung ke jaringan wifi tersebut. Kalau sudah dihubungkan, colok Bardi Extention Power Strip ke sumber listrik, kemudian nyalakan dengan menekan tombol Power ON di stop kontak Bardi ini, setelah itu matikan selama 10 detik.

Kemudian tekan tombol Power On dan tahan selama 5 detik sampai lampu kedip-kedip. Ikuti saja stepnya di aplikasi Smart Life. Dan perangkat Extention Power Strip ini sudah terhubung ke aplikasi Smart Life. Sekarang kamu bisa kontrol stop kontak ini melalui aplikasi.

Lalu bagaimana cara menghubungkan ke Google Assistant? Itu akan saya ulas di artikel selanjutnya ya. :) Soalnya caranya agak panjang.

Jadi apakah kamu akan memiliki perangkat Bardi Smart Power Strip ini di rumah kamu? Menurut aku sih ya harus, apalagi kalau kamu memang membutuhkannya.

Dimana membelinya? Saya sarankan kamu membelinya langsung ke marketplace Bardi Smart Home. Kamu bisa menemukannya di sini https://bardi.co.id/products/extention-power-strip-ps-10a-nem/.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *