Fitur Lampu Pintar BARDI Smart LED Bulb 12W RGBWW

  • Whatsapp

Bardi Smart Home memiliki produk lampu pintar yang bisa kita gunakan untuk banyak hal. Dan produk lampu yang akan saya ulas ini adalah Smart Light Bulb 12W – RGBWW. Lampu LED ini tentunya bukan lampu LED biasa, tetapi lampu yang bisa dikontrol melalui aplikasi di smartphone kita.

Ini adalah lampu pintar yang saya miliki, dan ternyata menarik juga. Ketika saya menerima produk ini dari Bardi, saya sangat excited. Tidak sabar untuk mencobanya. Kebetulan juga saya juga lagi butuh lampu untuk meja kerja saya.

Btw, Bardi juga punya Smart LED Bulb yang ukuran 9W yang itu yang paling populer. Meskipun ukurannya 9W menurut saya juga sudah cukup untuk pencahayaan kamar atau ruang kerja. Tapi kalau ingin yang lebih terang, ya pilih yang 12W sekalian.

Spesifikasi Bardi Smart LED Bulb 12W RGBWW

BARDI Smart Light Bulb

Sesuai dengan namanya, produk lampu pintar ini memiliki warna RGB sampai 16 juta warna dan gradasi putih mulai dari 2700k (warm white) sampai 6500K (cool white).

Untuk tingkat kecerahannya, lampu ini memiliki tingkat kecerahan maksimal di 1110 lumens. Dan tentunya bisa diredupkan melalui aplikasi sampai 110 lumens.

Untuk voltasenya, lampu ini memiliki voltase AC 200-230 Volt. Untuk masa pakainya sendiri maksimal 50.000 jam. Silakan dihitung sendiri ya kira-kira bisa sampai berapa tahun :D

Untuk kepala ulirnya sendiri menggunakan mounting e27 yang bisa digunakan di fitting lampu di Indonesia. Jadi nggak perlu fitting lampu khusus, pakai saja yang sudah ada.

Nah karena ini lampu pintar, maka di dalamnya ada WiFinya, dengan jenis IEEE 802.11 b/g/n 2.4 Ghz.

Cara Menghubungkan Bardi Smart LED Bulb ke Smartphone

Supaya lampu ini bisa jadi pintar, maka harus dihubungkan ke smartphone kita. Dan pastikan di rumah atau tempat yang kamu gunakan sudah ada jaringan WiFi/Hotspot. Karena konektivitasnya nanti akan pakai WiFi.

Pertama-tama kamu harus install dulu aplikasi Smart Life – Smart Living yang ada di Play Store atau App Store. Jadi aplikasi ini nanti bisa digunakan untuk menghubungkan berbagai macam produk smart home milik Bardi, salah satunya adalah Bardi Extention Power Strip.

Setelah diinstall, pilih ikon (+) dipojok kanan atas, kemudian pilih menu Lighting, lalu pilih Light Source (BLE + WiFi).

Smart-Life-Bardi

Nah nanti akan ada petunjuk bagaimana menghubungkannya. Yaitu, yang pertama kamu harus memasang lampunya dulu, kalau sudah, tekan saklar lampu On-Off 3x. Jadi nyalakan terus matikan selama 3 kali sampai lampunya berkedip-kedip.

Smart life

Kalau sudah berkedip, tinggal konfirmasi di aplikasinya kemudian pilih Next. Atur jaringan WiFi yang kamu gunakan. Setelah itu tinggal tunggu lampunya terkoneksi di aplikasi Smart Life ini.

Dan kamu sudah bisa kontrol lampunya dari aplikasi ini.

Fitur Bardi Smart LED Bulb 12W RGBWW

Untuk fiturnya, kalau dari sisi aplikasi ada beberapa fitur.

1. Mode Warna

Di sini ada pilihan 4 mode warna, yakni White, Colour, Scene, dan Music.

Fitur Bardi

Di menu White ini kamu bisa memilih warna putih dari Warm White hingga Cool White. Kamu pun juga bisa atur tingkat kecerahannya.

Di menu Colour, kamu bisa memilih 16 juta warna RGB yang ada. Tinggal pilih sesuka kamu. Bisa atur tingkat kecerahan dan kontrastnya.

Di menu Scene, ini kamu bisa memilih tema sesuai kegiatanmu. Misal kamu lagi kerja, bisa pilih mode Working, atau kalau lagi baca buku bisa pilih mode Read.

Di menu Music, kamu tidak bisa memilih warna karena menu ini fungsinya akan menyala mengikuti ritme musik. Jadi kalau kamu lagi mutar lagu, terus di ruangan kamu ingin ada ambience warna yang sesuai ritme lagu, bisa pilih menu ini.

2. Fitur Left time

Kemudian di aplikasi Smart Life ini juga ada fitur Life time. Ini fitur untuk mengatur kapan lampu ini akan mati. Misalnya saja saat ini kamu lagi pakai lampunya, terus kamu ingin nanti 2 jam lagi lampunya mati, nah ngaturnya lewat ini.

3. Fitur Schedule

Di menu ini kamu bisa mengatur jadwal lampunya kapan hidup kapan mati sesuai dengan waktu atau jam yang sudah kamu atur. Kalau saya atur lampu ini nyala jam 08.00 pagi setiap harinya dan mati setiap jam 22.00 setiap harinya.

Kamu juga bisa atur tidak setiap hari. Intinya di fitur ini kamu bisa bebas atur waktunya.

Itu fitur utama yang ada di aplikasi ini.

Tetapi kalau kamu ingin lebih keren lagi, kamu bisa hubungkan lampu ini dengan Google Assistant. Caranya kamu bisa install aplikasi Google Home di smartphone kamu terus integrasikan Google Home dengan perangkat Bardi. Mungkin lebih jelaskan akan saya buatkan artikel terpisah.

Intinya dengan mengintegrasikan ke Google Assistant, kamu bisa kontrol lampu ini dengan suara. Misalnya saja “Ok Google, Matikan Lampu Kerja.”

Punya Bardi Smart LED Bulb ini Untuk Apa?

Kenapa kok harus punya lampu pintar ini sedangkan dipasaran saja sudah ada lampu LED yang harga jauh lebih murah? Iya benar lebih murah, tetapi kalau lihat fiturnya ya tentu tidak bisa dibandingkan.

Saya rasa di zaman sekarang ini perlu sih punya lampu pintar seperti ini, ya minimal satu lah di rumah. Entah buat meja belajar atau untuk ruangan.

Tetapi sebenarnya tidak hanya itu saja fungsinya. Lampu ini bisa difungsikan untuk banyak hal, salah satunya adalah estetika ruangan.

Dengan pilihan warna yang banyak, kamu bisa menggunakan lampu ini untuk mempercantik sudut ruangan rumah kamu. Apalagi jika kamu seorang YouTuber, sudah pasti perlu ruangan yang punya ambience warna yang menarik. Cukup pakai 2 atau 3 buah lampu Bardi ini kamu sudah bisa membuat ruangan atau studio kamu menarik.

Atau mungkin buat kamu yang punya usaha online, pengen foto produk dengan ambience warna yang menarik, bisa pakai lampu ini.

Selain itu lampu ini juga bisa digunakan sebagai dekorasi di cafe atau tempat-tempat umum. Apalagi scene music nya bisa dimanfaatkan ketika memutar lagu.

Dari sisi efektifitas penggunaan listrik pun juga akan sangat berpengaruh. Karena kamu bisa mengatur jadwal nyala mati lampu dengan tepat. Kalau manual kan biasanya sering lupa. Selain itu pakai Smart Light Bulb ini kamu juga bisa atur tingkat kecerahannya, yang artinya ini berpengaruh watt yang dikeluarkan. Meskipun lampu ini 12 watt, tetapi dengan mengatur tingkat kecerahan sesuai kondisi, kamu bisa bisa menghemat daya listrik.

Banyak kan fungsinya. Tentunya masih banyak lagi sesuai dengan kreasi kamu. Jadi kapan kamu mau beli? Coba kamu cek dulu produknya di sini https://bardi.co.id/products/smart-bulb-12w-rgbww/.

Btw, kalau saya giveaway lampu ini ada yang tertarik tidak? :)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *