fbpx

Review Pembersih Udara Terbaik Air Purifier WINIX 2020EU

Air Purifier WINIX 2020EU

Pembersih Udara Terbaik Air Purifier WINIX 2020EU | Kali ini aku mau mengulas salah satu produk Air Purifier Terbaik yang mampu membersihkan udara di rumah kamu dengan keunggulan dan fitur teknologi yang dimilikinya. Tapi sebelum kita bahas lebih jauh. Aku mau tanya dulu.

Apakah kamu termasuk perokok aktif? Apakah di rumah ada balita atau anak kecil? Apakah di rumah kamu ada anggota keluarga yang punya alergi debu? Kalau iya, kamu wajib memperhatikan kebersihan udara di rumah. Apalagi sekarang ini lagi pandemi. Kita nggak tahu apakah diri kita membawa virus atau bakteri dari luar atau tidak. Karena menurutku menjaga kualitas udara di rumah itu sangat penting. Meskipun kamu sendiri jarang keluar-keluar rumah.

Mengapa? Karena Udara yang kita lihat secara kasat mata mungkin kelihatannya bersih-bersih saja. Padahal di udara itu terdapat banyak partikel polutan, debu, bakteri bahkan virus yang berbahaya yang bisa saja berdampak buruk ke sistem pernafasan kita.

Perlu kita tahu, bahwa di udara itu banyak sekali polusi yang cukup tinggi. Apalagi jika kamu tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta. Ketika kamu keluar maka yang kamu hadapi adalah udara kotor. Bahkan di dalam rumah pun sebenarnya juga kotor.

Jangan menganggap berada di dalam ruangan itu udara lebih bersih. Justru menurut EPA (Environmental Protection Agency), tingkat polutan udara di dalam ruangan tertutup justru lebih berbahaya 2-5x dibanding di luar ruangan. Apalagi jika sirkulasi udara di rumah tidak bagus. Inilah mengapa kamu perlu memiliki perangkat yang bernama Air Purifier atau pembersih udara yang tidak hanya menyaring udara menjadi bersih tetapi juga menyehatkan.

Aku saja yang tinggalnya di desa, yang sehari-hari bekerja di dalam ruangan, ternyata kualitas udara bisa kotor. Bagaimana kamu yang kerjanya di perkotaan dan banyak polusi? Bisa dibayangkan bahayanya bukan?

Karena aku tidak ingin terjadi hal-hal yang tidak aku inginkan, akhirnya aku mencegahnya dengan pembersih udara, yaitu Air Purifier WINIX 2020EU. Dan inilah yang akan aku ulas di sini, supaya kamu juga bisa tahu pentingnya menggunakan Air Purifier di era sekarang ini.

Alasan Memilih Air Purifier WINIX 2020EU

Air Purifier WINIX 2020EU

Di luar sana memang sudah banyak produk Air Purifier, tetapi kenapa aku memilih WINIX Air Purifier 2020EU beberapa diantaranya adalah karena faktor keunggulan dan fitur yang diberikan. Karena aku tidak ingin hanya memiliki produk pembersih udara yang sekadar menyaring udara saja, tetapi juga ingin membuat udara menjadi lebih berkualitas. Intinya tidak sekadar bersih, tetapi juga sehat.

Bagi kamu yang belum terlalu tahu dengan brand WINIX, WINIX merupakan perusahaan terkenal dari Korea Selatan yang sudah ada sejak 1973. Awalnya sih aku juga belum tahu, tapi setelah cari-cari informasi ternyata produk WINIX ini bagus. Fokusnya memproduksi produk-produk inovatif untuk pengolahan udara di rumah. Dan Air Purifier WINIX 2020EU ini adalah salah satunya.

WINIX 2020EU ini merupakan Best Selling Air Purifier di Korea dan sudah terjual lebih dari 1 juta unit dan membuatnya menjadi pembersih udara No.1 di Korea pada tahun 2018.

Selain itu WINIX juga sudah mendapatkan berbagai sertifikasi internasional, seperti :

  • AHAM (Association of Home Appliance Manufacturers). Ini adalah badan sertifikasi dari Amerika Serikat yang berfokus pada pengujian keamanan produk rumah tangga. Dan AHAM ini juga sudah terakreditasi oleh ANSI (American National Standars Insititute).
  • UL (Standard Global Safety)
  • Energy Star
  • ECARF & UK Allergy. Produk WINIX sudah diuji coba dan sudah disetujui untuk membantu membersihkan udara dari polutan yang menyebabkan alergi. 

Aku tidak ingin Air Purifier yang aku pakai biasa-biasa saja, jadi aku pakai WINIX ini yang kualitasnya sudah terjamin dan teruji, tidak diragukan lagi. Apalagi saat ini produk WINIX Air Purifier 2020EU ini sudah ada resmi di Indonesia.

Inilah beberapa alasan mengapa aku memilih produk ini. Tapi tentunya ada alasan lain yang membuat aku tertarik, terutama masalah keunggulan dan fiturnya.

Keunggulan WINIX Air Purifier 2020EU

Sertifikasi-sertifikasi di atas sangatlah penting bagi ku, karena untuk menjamin kalau produk ini benar-benar aman digunakan. Apalagi dengan melihat keunggulannya, aku pun semakin tertarik.

Adapun beberapa keunggulan WINIX Air Purifier 2020EU ini adalah :

4 Stage Filtration

Pembersih udara Winix 2020EU ini memiliki 4 tahap penyaringan udara. Sehingga udara yang dikeluarkan nanti benar-benar bisa bersih dan memberikan positif bagi tubuh.

4 tahap itu apa saja?

  1. Pra Filter
Air Purifier WINIX 2020EU

Di penyaringan pertama ini ada pra filter. Bentuknya kayak jaring-jaring tapi halus. Ini fungsinya untuk menyaring udara jika ada partikel yang besar seperti debu, serbuk, bulu hewan peliharaan, rambut, atau yang lainnya. Jadi cocok juga untuk yang punya hewan peliharaan di rumah seperti kucing. Kan kadang bulunya beterbangan kemana-mana tuh.

Filter ini tidak perlu diganti, cukup dibersihkan secara rutin setiap 14 hari sekali. Bisa dibersihkan dan dicuci. Tapi pastikan kalau mau dipasang lagi, sudah dalam keadaan kering ya.

  1. Filter Karbon AOC (Advanced Odor Control)
Air Purifier WINIX 2020EU

Kemudian di tahap penyaringan kedua ada Filter Karbon AOC (Advanced Odor Control). Fungsi dari filter ini adalah membersihkan udara dari VOC (Volatile Organic Compounds) atau senyawa organik, seperti asap masakan, bau spray, asap rokok, serta bau ruangan lainnya.

Jadi misal Anda perokok, dan punya anak kecil, wajib menaruh Winix 2020EU ini di ruang keluarga atau kamar. Sehingga bau-bau rokok yang berbahaya bisa terserap dan hilang oleh pembersih udara ini.

Filter karbon ini perlu dibersihkan setiap 3 bulan sekali dan perlu diganti tiap 12 bulan. Atau tergantung dari kondisi filternya masih bagus atau tidak kemampuannya membersihkan udara.

  1. Filter TRUE HEPA
Air Purifier WINIX 2020EU

Setelah filter karbon, ada filter HEPA. Filter ini mampu menyaring 99,97% partikel udara yang ukurannya sampai 0,3 mikron. 1 mikron itu 0,001 mm, kalau 0,3 mikron ya bayangkan sendiri kecilnya seberapa :D Yang jelas partikel ini tidak kasat mata. Nah dengan menggunakan Air Purifier ini, partikel seperti itu akan terhisap ke filter TRUE HEPA ini.

Filter TRUE HEPA tidak bisa dibersihkan, dan harus diganti setiap 12 bulan atau tergantung dari kondisinya.

  1. Teknologi Plasmawave
Air Purifier WINIX 2020EU

Nah ini yang membuat udara yang dihasilkan dari Air Purifier ini tidak sekadar bersih tetapi juga menyehatkan. Karena WINIX 2020EU ini sudah dilengkapi teknologi Plasmawave. Teknologi ini akan melepaskan ion positif dan negatif ke udara. Nantinya ion positif dan negatif ini akan membentuk radikal hidroksil (OH) kemudian nempel ke zat polutan kemudian melepaskan hidrogen pada zat polutan. Gabungan OH radikal dan Hidrogen ini kemudian kembali ke udara dalam wujud uap air (H2O).

Live On XL

Jadi ini teknologi Plasmawave ini juga bisa mengontrol kelembaban udara.

Itu 4 tahap penyaringan udara yang ada di Air Purifier WINIX 2020EU ini. Jadi tidak hanya sekedar menyaring udara kotor, tetapi juga bisa untuk menghilangkan bau yang ada di ruangan.

Fitur Air Purifier WINIX 2020EU

Fitur-fitur WINIX 2020EU ini juga lengkap. Dengan adanya fitur-fitur ini mampu memudahkan kita untuk mengoperasikan Air Purifier ini dan mengetahui kualitas udara di ruangan kita.

Apa saja fiturnya?

#1. Mode Auto dan Sleep

Dengan adanya mode Auto kita tidak perlu lagi mengatur Air Purifier ini secara manual. Cukup aktifkan mode Auto, maka Air Purifier WINIX 2020EU ini akan mendeteksi secara otomatis kualitas udara yang ada di ruangan. Kalau udaranya lagi kotor oleh senyawa organik atau bau-bauan, maka kecepatan penyaringan akan meningkat, tetapi kalau udara sudah tidak bau, maka kecepatan akan menurun.

Fitur Auto ini bisa bekerja sedemikian rupa karena adanya Smart Sensor yang ada di perangkat ini. Jadi sensornya akan bekerja mendeteksi tingkat kualitas udara bau atau VOC (Volatile Organic Compound) seperti bau dari spray, asap rokok, bau masakan, dll yang ada pada ruangan. Kemudian akan mengatur kecepatan kipasnya secara otomatis.

Selain itu ada mode Sleep yang bisa kita aktifkan kalau kita sedang istirahat. Misalnya saja kalau Air Purifier ini ditempatkan di kamar. Kalau pas lagi tidur, kita bisa mengaktifkan mode ini agar suaranya senyap tetapi tetap bekerja untuk menyaring udara.

Tapi jika sudah mengaktifkan mode Auto, maka nanti ketika kita tidur dan lampu kamar dimatikan, maka secara otomatis Air Purifier WINIX 2020EU ini akan berubah ke mode Sleep. Karena sudah ada sensor cahaya yang akan mendeteksi tingkat gelap terangnya cahaya.

#2. Indikator Kualitas Udara

Simple tapi bermanfaat. Adanya indikator kualitas udara yang diperlihatkan melalui Lampu LED, akan memudahkan kita mengetahui kualitas udara yang ada di ruangan saat itu juga. Lampu LED akan menyala Merah jika kualitas udaranya buruk, warna Amber (Orange) jika kualitas udaranya sedang, dan Biru jika kualitas udaranya sudah baik.

Air Purifier WINIX 2020EU

#3. Change Filter Indicator

Kita juga tidak perlu khawatir mengecek kapan filter harus dilakukan penggantian. Karena Air Purifier ini memiliki indikator untuk mengecek filter. Jadi nanti indikatornya akan menyala jika filter sudah waktunya ganti. Tips aja supaya filternya tahan lama, sebaiknya lakukan perawatan secara rutin untuk masing-masing filternya.

Air Purifier WINIX 2020EU

#4. Plasmawave Button

Meskipun teknologi Plasmawave ini baik untuk digunakan, tetapi kamu tetap bisa leluasa untuk aktif/menonaktifkannya.

Air Purifier WINIX 2020EU ini juga memiliki kecepatan kipas dengan 4 pilihan, yakni Low, Medium, High, dan Turbo. Kalau kondisi ruangan nanti terlihat berdebu misalnya pas lagi bersih-bersih, sebaiknya set ke Turbo supaya daya serapnya bisa kencang.

Spesifikasi Air Purifier WINIX 2020EU

  • Model No : 2020EU
  • Daya : AC 220-240 V, 50/60 Hz
  • AHAM CADR : TOBACCO SMOKE : 232, DUST : 243, POLLEN : 246
  • Berat : 6,7 kg
  • Voltase : 70 W
  • Timer : 1/4/8/jam
  • Demensi : 380 mm (P) x 208 mm (L) x 600 mm (T)
  • Sound : 27.8 – 54.8 dB
  • Ukuran Ruangan : 33.4 m2 /360 ft2
  • Maksimal Ukuran Ruangan : 77 m2

Informasi lengkapnya bisa dilihat di website winix.id atau kalau mau melakukan pembelian bisa juga lihat di WINIX Indonesia Shopee Official Shop.

Kamu mungkin juga suka :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.