Pentingnya Menggunakan Air Purifier

  • Whatsapp

Air Purifier tahu dong? Kalau belum tahu, Air Purifier itu adalah perangkat yang fungsinya untuk membersihkan udara. Jadi perangkat ini seperti kipas, ya kipas sih dalemnya, tapi ada beberapa filter yang akan menyaring udara yang dihisapnya kemudian di keluarkan dalam bentuk udara yang lebih bersih.

Jadi ada beberapa produk yang berhubungan dengan udara. Yaitu, Air Conditioner (AC), Air Cooler, dan Air Purifier. Air Conditioner atau AC sudah tahu dong ya pasti. Kalau Air Cooler itu juga bisa menyejukkan ruangan seperti AC, tapi hanya bisa menurunkan sekitar 5 derajat Celcius saja. Kalau AC kan bisa sampai 20 derajat Celcius. Cara kerja AC dan Air Cooler pun juga beda. Kalau Air Cooler itu seperti kipas angin hanya saja nanti bisa dikasih air yang kemudian disemburkan dalam bentuk uap sehingga membuat udara lebih sejuk.

Nah kalau Air Purifier ini untuk membersihkan udara dari debu, polutan, hingga bakteri dan virus. Kok bisa? Ya bisa, karena ada filternya.

Air Purifier

Filter Apa Saja yang Digunakan di Air Purifier?

Karena fungsinya untuk membersihkan udara, maka perangkat ini memiliki filter khusus yang mampu menyaring polutan atau partikel hingga berukuran 0,3 mikron.

Yang wajib ada di Air Purifier adalah Filter HEPA atau High Efficiency Particulate Air. Kalau kamu beli Air Purifier tapi tidak ada filter HEPA, itu namanya bohong. Terus mau disaring pakai apa? Dan mengapa harus pakai filter HEPA?

HEPA Filter Winix
HEPA Filter Air Purifier WINIX 2020EU

Karena Filter HEPA ini memiliki tingkat kerapatan yang sangat kecil. Bahkan kalau kita terawang, tidak terlihat ada pori-pori lubangnya. Jadi sangat rapat sekali dan kemampuan filter HEPA ini mampu menyaring partikel hingga ukuran 0,3 mikron. Ini kecil banget kok, partikel yang tidak kasat mata.

Tapi sekarang ini kadang ada filter HEPA yang kualitasnya berbeda-beda. Biasanya dari tingkat kerapatannya. Dan inilah yang perlu kamu perhatikan juga saat akan memilih produk Air Purifier.

Filter HEPA ini memiliki masa pakai yang terbatas. Umumnya filter HEPA bisa bertahan hingga 12 bulan. Akan tetapi kalau Air Purifier yang kamu beli hanya memiliki filter HEPA saja, maka itu akan semakin memperpendek masa pakainya. Ya karena udara akan langsung disaring lewat filter HEPA ini.

Untuk itu, pastikan ketika memilih produk Air Purifier, pilih yang memiliki beberapa filter agar penggunaannya lebih efisien.

Filter yang perlu ada selain Filter HEPA adalah :

  • Pre Filter. Pilih produk Air Purifier yang memiliki Pre Filter sebagai filter paling depan. Filter ini seperti jaring-jaring halus yang fungsinya untuk menyaring partikel yang ukurannya agak besar. Ya seperti debu kasar, rambut, atau bulu-bulu hewan peliharaan. Jadi dengan adanya Pre Filter ini nanti debu-debu kasar tidak langsung ke HEPA Filter.
  • VOC Filter. VOC (Volatile Organic Compounds) atau Senyawa Organik yang mudah menguap juga ada di udara yang tidak bisa berbahaya. Maka perlu ada juga VOC Filter yang bisa menetralkan senyawa organik tersebut di udara. Misalnya saja kamu bekerja di lingkungan industri tekstil, biasanya akan ada bau dari bahan kimia yang mengganggu. Nah, perlu adanya VOC Filter ini untuk bisa menetralkan baunya di dalam ruangan. Atau misalnya kamu perokok, terus di rumah ada anak kecil, maka wajib pakai Air Purifier yang ada VOC Filternya agar asap rokok bisa cepat dinetralkan dan tidak sampai bau kemudian dihirup oleh anak.

VOC Filter itu bentuknya adalah karbon aktif. Baru setelah itu ada HEPA Filter yang akan menyaring partikel-partikel kecil berukuran 0,3 mikron.

Jadi minimal kalau beli Air Purifier harus ada 3 filter tersebut. Supaya penyaringan juga bisa maksimal.

Mengapa Air Purifier Penting?

Mari kita lanjut ke pembahasan inti. Menggunakan Air Purifier menurut saya sangat penting. Apalagi di kondisi sekarang ini yang mana virus jadi masalah besar bagi kesehatan manusia.

Ada beberapa alasan mengapa Air Purifier itu penting untuk digunakan.

1. Mengatasi Masalah Debu

Debu itu sangat mengganggu. Selain nggak enak kalau dilihat secara kasat mata, tapi juga membuat tidak nyaman kalau sampai bersentuhan dengannya. Apalagi buat yang bekerja di bidang-bidang yang mengharuskan bebas debu. Penggunaan air purifier sangatlah penting agar bisa terbebas dari debu.

Nah buat yang alergi sama debu, dikit-dikit bersin kalau udara tidak bagus, maka perlu menggunakan Air Purifier. Tempatkan air purifier di kantor atau di kamar atau di mana saja yang Anda menghabiskan aktivitas di situ. Dengan menggunakan Air Purifier, maka debu atau partikel yang menyebabkan alergi akan bisa tersaring oleh Air Purifier ini.

2. Menetralkan Bau

Karena Air Purifer ada VOC Filter, maka masalah bau ruangan entah itu dari bau masakan, bau asap rokok, atau bau yang disebabkan oleh senyawa organik lain yang mudah menguap akan bisa dinetralkan.

Jangan menyepelekan masalah bau. Bau itu ada karena ada senyawa organik dan itu bisa berbahaya untuk tubuh kalau sampai terhirup. Bahayanya bisa jangka pendek sampai jangka panjang.

3. Mematikan Virus dan Bakteri

Saat ini sudah sudah ada Air Purifier yang mampu mematikan virus dan bakteri yang ada di udara. Bagaimana kok bisa mati? Karena adanya teknologi Plasmawave seperti yang ada di Air Purifier WINIX 2020EU dan WINIX Zero Compact.

Sangat penting ketika kamu membeli Air Purifier untuk memilih yang punya teknologi seperti itu. Teknologi Plasmawave yang ada di Air Purifier WINIX ini fungsinya sebagai filtrasi tahap akhir berbasis teknologi. Yakni akan mengeluarkan ion positif dan ion negatif. Kedua ion ini kemudian nanti secara mudahnya akan mematikan virus maupun bakteri yang ada di udara.

Sehingga udara yang ada tidak hanya bersih dari debu maupun polutan, tapi juga virus dan bakteri.

Sudah saatnya di ruangan rumah atau kantor kamu menggunakan air purifier. Memang tidak bisa menyejukkan, tetapi Air Purifier akan mampu memberikan kualitas udara yang jauh lebih bersih. Apalagi jika ruangan kamu minim sirkulasi udara / ventilasi dan sering menggunakan AC.

Pastikan kamu memilih Air Purifier yang terbaik. Air Purifier WINIX adalah air purifier yang memiliki 3 filter fisik (pre filter, voc filter, hepa filter) dan ditambah adanya teknologi Plasmawave. Sehingga udara yang dikeluarkan akan tersaring secara sempurna.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *