Review Antena TV Digital Outdoor Toyosaki AIO-235SC, Oke Punya!

  • Whatsapp

Antena TV Digital sekarang sedang banyak dicari seiring dengan program dari Pemerintah yang akan mulai meniadakan siaran TV Analog. Buat yang sudah punya Smart TV atau LED TV dan sudah support DVB T2, tinggal pasang antena TV Digital saja, tetapi buat TV yang belum ada DVB T2 harus menggunakan STB (Set Top Box) agar bisa menangkap siaran TV Digital.

Saya sendiri menggunakan Android TV TCL 32A5 yang di dalamnya sudah terdapat perangkat DVB T2 dan ini sudah bisa langsung menerima siaran TV Digital maupun Analog. Jadi saya tidak perlu lagi beli STB, cukup beli antena TV Digital. Kemarin sempat membeli Antena TV Digital Taffware yang tipis itu beserta booster nya. Tetapi setelah dicoba ternyata kurang bagus. Hanya bisa menangkap siaran digital sedikit sekali.

Selain itu kelemahannya memiliki kabel yang pendek juga, jadi mungkin itu yang menyebabkan perangkat TV saya tidak bisa menangkap lebih banyak siaran digital.

Akhirnya setelah mencoba bertanya ke kawan, saya mencoba untuk membeli Antena TV Digital Outdoor Toyosaki AIO-235SC. Apakah ada perubahan setelah menggunakan antena ini? Berikut pengalaman saya.

Toyosaki AIO-235SC

Saya beli antena ini di toko offline di Klaten, seharga Rp 140.000. Sebenarnya di online marketplace juga ada bahkan lebih murah, tetapi karena kemarin saya nggak sabar, akhirnya beli offline saja.

Antena TV Digital - Toyosaki AIO-235SC

Di dalam pembeli antena ini, yang didapatkan adalah :

  • 1 Unit Antena, 1 Unit Booster
  • 1 Unit Kabel Coaxial 10 meter
  • 1 Unit Converter (Colokan antena).

Meskipun di box nya tertulis antena outdoor, sebenarnya antena ini bisa digunakan di indoor. Karena di dalam unit pembeliannya juga sudah tersedia standing untuk antenanya. Jadi kalau mau di taruh di indoor tinggal didudukan saja. Kalau mau ditaruh di luar (dikasih tiang), tinggal dipasang saja, karena di belakang antena ini sudah ada pengaitnya.

Antena Toyosaki

Antena ini juga tahan di segala kondisi cuaca. Jadi meskipun ditaruh di luar ruangan, tetap aman jika terpapar sinar matahari, hujan, secara terus menerus. Kalau dilihat dari kualitasnya antenanya sih ya memang tebal, semoga saja pas ada hujan juga bisa kedap, dan tidak konslet. :D

Spesifikasi Toyosaki AIO-235SC

  • Model : AIO-235SC
  • Frequency : 470-860 MHz
  • Gain : 25 dB
  • Maximum Output : 95dBu
  • Impedansi : 75Ω
  • Tegangan : AC 220V / 50Hz
  • Daya Listrik : 3 Watt

Pengalaman Menggunakan Antena TV Digital Toyosaki AIO-235SC

Saya baru pertama ini menggunakan antena TV digital. Dan saya kurang tahu apakah posisi antena juga mempengaruhi kualitas sinyal. Ternyata setelah saya coba, ternyata benar. Saya hanya mendapatkan tidak lebih dari 10 siaran digital. Karena waktu itu saya juga coba letaknya di indoor, dekat dengan TV. Malah seringnya tidak dapat sinyal digital.

Owh ya, saya ngetest antena ini di wilayah Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Tentunya lokasi juga sangat mempengaruhi kualitas sinyal siaran TV Digital.

Kemudian saya coba pindah di luar ruangan tetapi masih di bawah teras. Ada penambahan channel, sekitar 19 channel tapi beberapa channel TV seperti Trans7, Trans TV, belum ada. Akhirnya saya taruh di luar, tidak tinggi, seukuran tiang lampu. Dan dengan sedikit diputar-putar akhirnya bisa mendapatkan 30 channel TV Digital. Seluruh channel TV Swasta dan TVRI sudah ada.

Pasang Antena TV Digital

Intinya adalah, meskipun ini antena TV Digital, tetap saja butuh penyesuaian posisi antena. Kalau kita berada di daerah yang agak pinggiran, memang sebaiknya di taruh di luar agar tidak ada penghambat. Karena keberadaan tembok atau bangunan juga bisa mempengaruhi kualitas sinyal.

Baca juga : 5 Rekomendasi Antena TV Digital Indoor Outdoor Kualitas Bagus

Kesimpulan

Antena TV Digital Toyosaki AIO-235SC ini menurut saya sudah cukup. Dengan harga Rp 140 ribuan, kita sudah mendapatkan antena tv dengan kabel yang cukup panjang dan kabelnya bagus. Selain itu adanya braket di bagian belakangnya juga memudahkan untuk pemasangan di tiang untuk outdoor.

Penangkapan sinyalnya juga bagus, asal posisinya benar agar bisa mendapatkan sinyal yang bagus.

Dan selama menggunakan antena ini, tidak ada masalah dipersinyalan. Siaran lancar dan sangat bening. Soalnya kadang ada antena yang bisa menangkap siaran digital, tetapi penangkapan sinyalnya kurang bagus, jadi siaran agak putus-putus.

Yang menarik lagi, antena ini juga sudah dilengkapi dengan booster yang model colokan listrik, bukan USB, jadi kekuatannya lebih bagus. Akan tetapi, saya disarankan sama penjualnya, kalau pas malam tidak digunakan sebaiknya booster dimatikan. Mungkin tujuannya biar tidak panas atau ada komponen yang rusak.

Okay itu saja review antena tv digital Toyosaki AIO-235SC yang saya beli. Kalau kamu ingin mencoba antena ini, kamu bisa beli lewat online marketplace saja yang lebih murah. Kamu bisa beli melalui link di bawah ini, karena ada harga yang cuma Rp 100ribu saja. Saya jadi agak nyesel beli di toko offline. :D

Link Pembelian Toyosaki AIO-235SC : Shopee | Tokopedia | Bukalapak

Pastikan kamu beli produk yang asli.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *