TV Digital Adalah? Ini 4 Cara Memilih TV Digital Sesuai Aturan Kominfo

Penggunaan TV Digital sepertinya akan segera diwajibkan di Indonesia. Pasalnya, keputusan KemKominfo mengenai migrasi TV analog ke TV digital sudah mulai direalisasikan. Artinya, Kamu wajib melakukan migrasi ini. Lalu Seperti apa TV Digital itu?

Apa itu TV Digital?

TV Digital adalah suatu perangkat televisi yang mampu menghasilkan kualitas gambar dan suara yang bagus, seperti hal nya ketika kamu nonton di Youtube, atau Nonton film di Netflix dengan kualitas HD, bahkan 4K.

TV Digital adalah

TV ini dijalankan dengan menggunakan modulasi sinyal digital juga sistem kompresi, sehingga kualitas gambar dan suaranya jauh lebih jernih dibandingkan TV Analog. 

Banyak juga yang mengira kalau TV Digital adalah TV yang bisa dijalankan dengan koneksi internet. Padahal, TV jenis ini tidak membutuhkan internet sama sekali. TV Digital adalah jenis TV yang sama seperti TV di rumah-rumah, Namun menyajikan kualitas yang lebih baik. 

Di zaman teknologi yang selalu up to date ini, Bermigrasi ke TV digital ternyata penting juga loh. Dilansir dari liputan6.com, Keberadaan TV Digital adalah pertanda bahwa negara kita benar-benar mengalami perubahan teknologi yang lebih baik. Analog Switch Off atau (ASO) ini juga akan melakukan penataan frekuensi. 

Ketika zaman TV analog, Frekuensi yang dihabiskan untuk satu TV adalah 8 megahertz (MHz). Sedangkan, di era TV Digital adalah lebih hemat, 8 MHz bisa untuk Sembilan hingga dua belas TV. Jika frekuensi bisa lebih hemat, tentunya sisa frekuensi yang ada bisa dimanfaatkan untuk kepentingan lainnya. 

Bayangkan jika pemerintah kita tidak memanfaatkan digitalisasi TV, Besar kemungkinan di masa depan nanti, kita akan mengalami keterlambatan dalam teknologi, seperti koneksi Handphone yang lemot, buffering bahkan tidak bisa menggunakan peralatan teknologi lainnya.

Perbedaan TV Analog dan TV Digital

Setelah mengetahui TV Digital adalah TV yang sebenarnya sama seperti TV di rumah kamu, Lalu apa perbedaanya dengan TV analog ya? Kemudian, TV di rumah kita kebanyakan ini TV analog atau sudah TV Digital ya?

Sinyal yang Diterima

Perbedaan pertama terdapat pada sinyal yang diterima TV. TV analog hanya menerima sinyal UHF yang berbentuk analog, Sementara TV Digital adalah televisi yang mampu menangkap sinyal analog maupun digital dengan sangat baik. 

Pemancar TV 

Pada TV analog, Kualitas gambar dan suara sangat tergantung kepada jauh dekatnya stasiun pemancar televisi. Sementara pada TV Digital Sinyal tidak bergantung pada stasiun pemancar.

Jenis Televisi

Banyak orang mengira bahwa TV Digital adalah TV dengan bentuk layar datar yang banyak dijual saat ini. Sedangkan TV analog adalah TV yang bentuknya besar seperti tabung. Namun, faktanya TV layar datar seperti LCD/LED juga masih ada yang hanya menerima sinyal analog.

Baca juga:  5 Rekomendasi Smart TV Digital 32 Inch di Bawah Rp 3 Juta

Fitur TV

Coba perhatikan, Biasanya pada TV analog tidak terdapat fitur canggih seperti hal nya pada TV Digital. Fitur canggih pada TV Digital adalah fitur-fitur tambahan seperti yang terdapat pada smartphone Android. 

Kualitas Gambar

Poin ini tentunya menjadi perbedaan yang mendasar pada TV analog dan TV Digital. Kualitas gambar yang dihasilkan pada TV Digital tentunya lebih jernih, dibandingkan analog yang masih menggunakan visual standar. Kualitas gambar HD hingga 4 K tentunya bisa kamu nikmati di TV Digital.

Baca juga : Review Antena TV Digital Outdoor Toyosaki AIO-235SC, Oke Punya!

Tips Memilih TV Digital Sesuai aturan Kominfo

Mengingat migrasi TV Analog ke TV Digital adalah wajib bagi pengguna TV di tahun 2022 nanti, Ada baiknya kita mulai memperhatikan TV di rumah kita. Jika memang kamu punya TV analog sebaiknya pastikan bahwa TV tersebut bisa mendukung teknologi siaran TV Digital. 

Jika ingin membeli TV yang baru, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dimanfaatkan sebelum membeli TV Digital yang baru:

Pastikan berteknologi DVB-T2

TV Digital adalah TV yang hadir dengan teknologi generasi baru tentunya. Oleh sebab itu, Jika kamu ingin membeli TV baru, pastikan kamu mengetahui spesifikasi dan teknologi perangkatnya. Jika mendukung teknologi DVB-T2, maka dapat dipastikan mendukung teknologi siaran TV Digital.

Mencari Referensi

Sebaiknya kamu mencari dan menemukan banyak referensi TV baru berbagai merek, tipe dan harga, sebelum membeli TV Digital. Ada ratusan merek TV yang mendukung teknologi ini, Namun pastikan seluruh fiturnya sangat familiar denganmu. 

Terdapat Sertifikasi Kominfo

Kamu harus tahu bahwa setiap perangkat televisi digital yang diperdagangkan di Indonesia, Wajib memiliki sertifikasi dari Kemkominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika). 

Melansir dari Aceh.Tribunews, Hingga saat ini ada sekitar 700 perangkat TV yang sudah berteknologi DVB-T2 dan bersertifikasi Kominfo. 

TV Digital adalah TV yang wajib digunakan di masa depan nanti. Lalu bagaimana jika TV yang kamu miliki saat ini adalah TV analog? Untuk menerima sinyal TV Digital, kamu hanya perlu menambahkan perangkat Set Top Box (STB) dengan jenis DVB-T2 ( Digital Video Broadcasting – Terrestrial) generasi kedua. Selamat bermigrasi ke TV Digital. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *