Vending Machine, Sebuah Teknologi yang Membuat Hidup Menjadi Lebih Baik di Kenya

Kamu pastinya sudah tidak asing lagi dengan Vending Machine. Sebenarnya, tren teknologi satu ini sudah ada sejak lama terutama di Indonesia. Namun, penggunaannya masih terbatas di tempat – tempat umum tertentu dan belum familiar bagi sebagian orang. Dulu, Vending Machine hanya digunakan untuk pembelian minuman atau kopi instan saja. Tetapi saat ini, Vending Machine juga bisa melayani banyak hal mulai dari koran, majalah, charger, hingga kartu dan tiket perjalanan. 

Teknologi Vending Machine yang Kita Kenal di Indonesia

Vending Machine

Teknologi Vending Machine yang kita kenal di Indonesia pada umumnya hanya sebatas pembelian makanan dan minuman saja. Vending Machine ini ada di bandara, stasiun kereta, dan rumah sakit. Dahulu, Vending Machine di Indonesia hanya melayani pembayaran menggunakan cash. Calon pembeli memasukkan sejumlah uang pas, kemudian menekan minuman atau makanan yang diinginkan, sebelum akhirnya makanan atau minuman tersebut keluar. 

Bacaan Lainnya

Saat ini, tren teknologi vending machine sudah jauh berkembang di Indonesia. Kita bisa menggunakan sistem pembayaran online menggunakan aplikasi yang terintegrasi di dalam ponsel pintar kita. Ditambah lagi, kita juga bisa melakukan Top Up saldo dengan ragam pembayaran digital. 

Alasan Mengapa Vending Machine Penting untuk Kenya 

Sebuah cerita muncul dari seorang penjual susu di daerah Kibera, Kenya. Sebelumnya, ia menjual susu seperti biasa dengan menjajakannya di dalam toko dan melakukan pembayaran cash langsung padanya. Namun saat ini, dia sudah menginstalasi sebuah vending machine dari sebuah Perusahaan Zaidi di Kenya untuk menjual susu – susu miliknya. Ia tidak perlu berjaga 24 jam dan transaksi terus berjalan. 

Baca juga:  Ini Dia Cara Beli Minuman di Vending Machine Indonesia dengan Bluepay

Pengguna Vending Machine miliknya tinggal memasukkan sejumlah susu yang diinginkan, meletakkan plastik, botol, atau tempat apapun yang dimilikinya, kemudian susu akan keluar sejumlah yang dimasukkan. Sejak ia menginstalasi mesin ini, penggunanya mengalami kenaikan yang signifikan. 

Penduduk sekitar merasa cara ini lebih mudah untuk mereka. Mereka bisa membeli susu sejumlah uang yang mereka punya dan sesuai dengan kebutuhan mereka. Misalnya, salah satu penduduk memiliki 7 anak. Setiap anak ingin susu hanya 200ml saja, sehingga ia bisa membelinya sesuai dengan ukuran tersebut. 

Baca juga : Ini Dia Cara Beli Minuman di Vending Machine Indonesia dengan Bluepay

Tren Teknologi Vending Machine di Kenya 

Hingga saat ini, banyak sekali vending machine yang tersedia di Kenya. Tidak hanya menjual susu saja tetapi juga minyak makan hingga oli. Keberadaan vending machine ini tidak hanya menguntungkan para pedagang tetapi juga semakin banyak perusahaan yang bergerak untuk mengembangkan berbagai jenis vending machine. 

Sebagian pedagang mungkin tidak memiliki cukup uang untuk mendapatkan vending machine yang bagus dan membayar biaya perbaikannya. Jika terjadi pemutusan listrik, vending machine mati, dan makanan didalamnya menjadi busuk. Salah satu perusahaan seperti Zaidi menggunakan pendekatan bisnis yang berbeda. Mereka akan menyediakan vending machine, melakukan proses instalasi, hingga perbaikan. Pedagang hanya perlu membayar biaya listrik, kebersihan, dan memberikan sekian % keuntungan kepada perusahaan tersebut. Solusi yang mudah untuk mereka tetap bisa mengembangkan bisnis karena keduanya sama – sama diuntungkan. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.