Perbedaan Chipset dan Prosesor CPU pada Komputer

Chipset CPU

Banyak yang menganggap bahwa chipset itu ya prosesor (CPU), Prosesor itu ya Chipset, keduanya sama hanya berbeda istilah saja. Padahal jika kita mau lihat perbedaan chipset dan prosesor, keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Kalau kamu baca spesifikasi komputer atau laptop, pasti akan ada informasi Chipsetnya pakai ini, CPU atau prosesornya pakai itu. Nah, dari sini saja sudah menandakan kalau chipset dan prosesor itu beda. Lalu apa yang membedakannya?

Perbedaan Chipset dan Prosesor

Perbedaan Chipset dan Prosesor dari Sisi Teknis

Mari kita lihat salah satu contoh dari sebuah laptop yang memiliki spesifikasi seperti ini :

Banyak orang menganggap kalau CPU (Central Processiong Unit) itu adalah otak dari komputer, ya itu benar. Kalau CPU adalah otaknya, lalu apa jantungnya? Chipset itulah yang jadi jantungnya.

Chipset adalah

Jadi Chipset adalah sebuah perangkat yang bentuknya berupa chip yang berukuran kecil atau mikro dan di dalamnya terdapat sirkuit. Chipset memiliki keterbatasan karena sifat dari chipset ini adalah Read Only Memory. Perangkat ini hanya bekerja sesuai data yang dikirim ke dalamnya.

Chipset ini terus mengalami perkembangan. Kalau dari sisi ukuran mungkin tidak terlalu signifikan perubahannya. Tetapi chipset lebih mengalami perkembangan dari sisi peningkatan kecepatan.

Karena chipset ini merupakan penyedia akses antara prosesor dan area komputer (hardware) lainnya, sehingga kecepatan sangat berperan penting untuk memaksimalkan fungsi dari chipset ini.

Chipset modern memiliki dua bagian, yaitu northbridge yang bekerja dengan fungsi komputer dasar, dan southbridge yang bekerja dengan komponen sekunder atau non-vital.

Prosesor adalah

Prosesor atau CPU adalah perangkat chipset yang sudah dikembangkan sehingga memungkinkan bisa digunakan untuk menerima, mengolah, dan mengirim data. Maka dari itu dinamanya Processing, atau lebih lengkapnya Central Processing Unit (CPU). Karena di dalam CPU sudah bisa memproses berbagai data.

CPU ini dari tahun ke tahun selalu mengalami perubahan. Kalau kita lihat beberapa puluh tahun yang lalu, CPU yang ada di komputer memiliki ukuran yang cukup besar. Selain itu juga membutuhkan daya yang tinggi sehingga membuat konsumsi daya komputer secara keseluruhan menjadi besar bebannya.

Baca juga:  Begini Cara Menghitung Kebutuhan Daya Komputer Kamu

Saat ini, CPU mengalami perubahan bentuk menjadi lebih kecil.

Contoh Chipset dan Prosesor (CPU) pada Smartphone

Untuk lebih memudahkan, berikut ini kami berikan beberapa contoh chipset dan CPU yang digunakan pada smartphone.

Mi 11T Pro

  • Chipset : Snapdragon 888 5G
  • CPU : Octa-core (1 core 2.84 GHz Kryo 680 & 3 core 2.42 GHz Kryo 680 & 4 core 1.80 GHz Kryo 680)

iPhone 13 Pro

  • Chipset : Apple A15 Bionic
  • CPU : Hexa-core (2 core 3.22 GHz Avalanche + 4 core 1.82 GHz Blizzard)

Vivo X70 Pro

  • Chipset : MediaTek Dimensity 1200
  • CPU : Octa-core (1 core 3.0 GHz Cortex-A78 & 3 core 2.6 GHz Cortex-A78 & 4 core 2.0 GHz Cortex-A55)

Samsung Galaxy A52s

  • Chipset : Qualcomm Snapdragon 778G
  • CPU : Octa-core (4 core 2.4 GHz Kryo 670 & 4 core 1.9 GHz Kryo 670)

Kesimpulan

Dari sini kita bisa melihat bahwa Chipset itu bagian dari Prosesor. Sedangkan Prosesor atau CPU itu bisa berkembang berkat adanya Chipset.

Kalau sebuah komputer hanya ada chipset saja, ya tidak akan bisa digunakan untuk segala macam bentuk komputasi. Dengan adanya CPU, komputer akhirnya bisa digunakan untuk melakukan berbagai task.

Di smartphone sekarang ini pun juga ada chipsetnya. Tetapi lebih tepat disebut SoC (System on Chip). Karena di dalam SoC ini sudah ada banyak komponen inti dari sebuah smartphone. Nah di dalam SoC ini sudah ada Prosesornya, Modem, GPU, RAM, GPS, fungsi Quick Charge, dll.

Sebuah perangkat komputer, perlu untuk memiliki chipset dan prosesor (CPU). Karena keduanya adalah bagian internal dalam sebuah komputer yang sangat penting meskipun mereka tidak memiliki kesamaan.

Seperti itu, semoga penjelasan singkat ini bisa memberikan informasi buat kamu yang belum memahami perbedaan Chipset dan Prosesor.

Similar Posts

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *