Alat Tracker Asing Bisa Terdeteksi dengan Aplikasi Apple Ini

Apple Luncurkan Aplikasi Terbaru untuk Mendeteksi Alat Tracker Asing | Kamu sering melihat alat tracker di film – film? Alat tracker ini juga menjadi produk paling dicari oleh banyak orang di luar negeri. Kabarnya, Apple mengeluarkan sebuah aplikasi android untuk mendeteksi alat tracker lainnya yang ada di sekitar kita.

Apa itu Tracker dan Bagaimana Fungsinya?

Alat Tracker Apple
Ilustrasi gambar via Apple

Sesuai dengan namanya, Alat Tracker berguna untuk mendeteksi keberadaan lokasi suatu benda dan orang tergantung dimana alat tracker tersebut dipasangkan. Misalnya, jika alat tracker dipasang pada mobil, maka kita bisa mengetahui dimana posisi mobil dan kemana saja mobil tersebut menempuh perjalanan. 

Pengguna Alat Tracker biasanya menggunakan alat ini untuk mengetahui posisi benda – benda berharga milik mereka atau untuk memantau posisi anggota keluarga seperti anak. Jadi, alat tracker tidak hanya untuk mendeteksi atau mengetahui posisi benda tetapi juga orang. 

Fungsi Alat Tracker yang bisa dipasangkan untuk mendeteksi orang lain bisa berbahaya bagi privasi dan keamanan kita. Ada kemungkinan tindak kejahatan mulai dari yang ringan seperti penguntit hingga yang berat seperti assassination. Bagaimana caranya agar kita bisa mendeteksi alat tracker yang bukan menjadi milik kita adalah salah satu solusi yang bisa menjadi pilihan. 

Aplikasi Terbaru Apple untuk Mendeteksi Alat Tracker Asing 

Apple meluncurkan sebuah aplikasi yang bisa mendeteksi dan memberitahukan kepada pengguna bahwa terdapat alat tracker asing di sekitarnya yang tidak terdaftar sebagai milik pengguna tersebut. Apple juga memiliki produk Alat Tracker bernama AirTag yang bisa dipasangkan pada benda – benda untuk mengantisipasi kehilangan dan sebagainya. 

Baca juga:  5 Rekomendasi Headset Gaming untuk Bermain PUBG

Apple menyadari bahwa penggunaan Alat Tracker ini bisa juga digunakan untuk hal – hal yang tidak baik. Ditambah lagi, Apple Air Tag ini bekerja dengan memanfaatkan perangkat – perangkat Apple lainnya yang bisa membentuk koneksi yang besar. Hal ini tentu menjadi sasaran empuk bagi oknum – oknum yang tidak bertanggung jawab.  

Dengan aplikasi terbaru Apple berbasis Android, pengguna bisa mengetahui jika ada Alat Tracker lain. Apple juga sudah memiliki aplikasi yang sama untuk pengguna iPhone dua bulan setelah mereka meluncurkan AirTag. Bahkan di aplikasi yang kompatibel dengan iPhone, pengguna juga bisa mendeteksi jika ada device lain yang mencurigakan dan berada disekitar kamu. 

Bagaimana Cara Kerja Aplikasi Terbaru Deteksi Tracker untuk Apple AirTag? 

Aplikasi yang bisa mendeteksi alat tracker AirTag dan alat tracker lainnya dari third party bekerja dengan memeriksa keberadaan alat tracker yang tidak terkoneksi dengan device apapun yang menjadi milik pengguna melalui Bluetooth. Selain itu, jika kamu curiga adanya alat tracker lainnya yang terpasang di sekitar kamu, kamu juga bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk mendeteksinya. 

Cara kerjanya kurang lebih sama dengan saat kamu ingin berkirim file melalui Bluetooth. Kamu bisa mendeteksi keberadaan tracker – tracker asing di sekitar kamu melalui aplikasi. Beberapa fitur canggih lainnya yang dimiliki oleh aplikasi ini berkaitan dengan suara.

Pertama, aplikasi bisa mengeluarkan suara jika ada sebuah AirTag asing yang berada disekitar kita selama minimal 10 menit. Kedua, AirTag juga bisa mengeluarkan suara beep jika AirTag berada jauh dari device yang terkoneksi. Sehingga jika ada stalker, kita bisa mendapatkan alarm.

Ketiga, aplikasi juga memberikan prosedur atau langkah mudah untuk mengeluarkan baterai dan menonaktifkan Air Tag jika kita menemukan Air Tag asing. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.