Spesifikasi Samsung Galaxy A52s 5G: Fitur, dan Harga

Samsung Galaxy A52s 5G merupakan ponsel 5G dari Samsung yang cukup banyak diminati, meskipun jaringan 5G di Indonesia belum sepenuhnya menyebar.

Samsung A52s ini masuk di Indonesia sejak September 2021 lalu. Tetapi sampai sekarang ponsel 5G Samsung ini masih jadi dicari. Meskipun di luar sana sudah banyak smartphone 5G yang beredar, baik dari Samsung maupun merek lain.

Bacaan Lainnya

Jaringan 5G sendiri saat ini baru ada di kota-kota besar di Indonesia, seperti daerah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Batam, Makassar, Denpasar, Medan, Balikpapan, Surakarta, dan beberapa kawasan wisata super prioritas. Debut pertama dilakukan oleh provider Telkomsel yang memulai menyebarkan jaringan 5G pada Mei 2021 lalu.

Samsung Galaxy A52s 5G

Spesifikasi Samsung Galaxy A52s 5G

Ponsel ini diluncurkan dengan dua varian yang dibedakan dari kapasitas memori internalnya. Untuk Samsung A52s hanya memiliki varian RAM 8GB saja. Sedangkan memori internal ada pilihan 128GB dan 256GB. Untuk memori eksternalnya bisa sampai 1TB.

Meskipun ini adalah smartphone 5G, tetapi spesifikasi dapur pacunya tidak terlalu tinggi. Bisa dikatakan ini ponsel kelas menengah. Karena prosesornya menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 778G 2.4GHz.

Chipset ini dirancang khusus untuk mendukung jaringan 5G. Sudah banyak smartphone yang menggunakan SoC ini. CPU yang digunakan di chip ini adalah Kryo 670 dengan kecepatan 2,4GHz, didukung GPU Adreno 642L. GPU ini katanya memiliki kinerja yang lebih tinggi sebesar 40% dibanding versi sebelumnya.

Kalau ditanya apakah chipset ini sudah mendukung untuk kebutuhan gaming, jawabannya tentu sudah. Karena di dalamnya juga sudah ada fitur dari Qualcomm Snapdragon Elite Gaming.

Untuk sistem operasinya, sudah menggunakan Android 11 dengan antar muka khas Samsung, One UI 3.1

Layar Super AMOLED

Samsung A52s sudah menggunakan jenis layar Super AMOLED dengan resolusi layar 1080×2400 (FHD+). Lebar layarnya sendiri 6,5 inci dan sudah mendukung Refresh rate 120Hz.

Layarnya juga sudah memiliki proteksi Corning Gorilla Glass 5.

Detail Spesifikasi Samsung A52s 5G:

  • Dimensi : 159.9 x 75.1 x 8.4 mm (6.30 x 2.96 x 0.33 in)
  • Berat : 189 g (6.67 oz)
  • Display : Glass front (Gorilla Glass 5), plastic back
  • SIM : Single SIM (Nano-SIM) or Hybrid Dual SIM
  • Tipe Layar : Super AMOLED, Refresh rate 120Hz, 800 nits (HBM)
  • Ukuran layar : 6.5 inches, 102.0 cm2
  • Resolusi layar : 1080 x 2400 pixels, 20:9 ratio
  • Proteksi layar : Corning Gorilla Glass 5
  • Sistem operasi : Android 11, One UI 3.1
  • Chipset : Qualcomm SM7325 Snapdragon 778G 5G (6 nm)
  • CPU : Octa-core (4×2.4 GHz Kryo 670 & 4×1.9 GHz Kryo 670)
  • GPU : Adreno 642L
  • Slot kartu : microSDXC (uses shared SIM slot)
  • Kamera Belakang : Kamera utama 64MP, Ultra Wide 12MP, Depth camera 5MP, Macro Camera 5MP, LED flash, panorama, HDR
  • Kamera Depan : 32MP, HDR
  • Baterai : Li-Po 4500 mAh, non-removable
  • Sensor : Fingerprint (under display, optical), proximity, accelerometer, gyro, compass
Baca juga:  Samsung Galaxy S20 FE, Sebuah Tribute untuk Fans Samsung

Fitur Samsung A52s 5G

Smartphone ini memiliki beberapa fitur yang menjadi nilai jualnya. Yang jadi highlight utama dari ponsel 5G ini adalah sisi kameranya.

Samsung Galaxy A52s memiliki empat kamera di sisi belakang dan satu kamera di sisi depan. Untuk kamera utama memiliki resolusi 64MP dengan aperture f/1.8 dan sudah terdapat fitur OIS (Optical Image Stabilization). OIS ini cara kerjanya memanfaatkan sensor gyroscope dengan melakukan kalibrasi gerakan. Sehingga ketika ada guncangan akan bisa distabilkan.

OIS ini akan bekerja secara otomatis saat kamera digunakan. Karena stabilisasi gambarnya ini menggunakan optik bukan elektrik, jadi hasilnya pun lebih smooth dan tidak mempengaruhi kualitas resolusi gambar yang dihasilkan. OIS ini akan bekerja baik saat melakukan perekaman video.

Kemudian ada kamera ultra-wide, dengan resolusi 12MP, f/2.2, yang posisinya ada di sisi paling atas. Dengan kamera Ultra-Wide ini mampu mengambil gambar dengan sudut pandang 123 derajat. Untuk kamera utamanya tadi ada di sisi tengah.

Di bagian bawah, ada Depth camera 5MP, f/2.4. Kamera ini untuk foto portrait dan memberikan efek bokeh. Lalu kamera yang terakhir ada Macro camera dengan resolusi 5MP, f/2.4. Ukuran lebih kecil dibanding kamera lainnya, dan posisinya ada di sisi kanan atas flash light.

Dengan Macro Camera ini kamu bisa mengambar gambar dengan detail kecil melalui lensa makro yang ada di kamera ini.

Fitur kamera lainnya adalah bisa Slow Motion di 240fps dengan kualitas HD. Perekaman video bisa berkualitas UHD 4K di 30fps.

Kamera Samsung A52

Tahan Air dan Debu

Samsung Galaxy A52s 5G sudah mendapatkan sertifikasi IP67 yang artinya bisa tahan air dan debu. Ponsel ini mampu bertahan di dalam air maksimal kedalaman 1 meter selama 30 menit. Jadi tidak bakal takut ponsel bakal mati atau konslet.

Akan tetapi disarankan untuk tidak digunakan di pantai, kolam renang dengan kandungan kaporit, dan air yang mengandung sabun.

Dual Speaker

Fitur lainnya ada di bagian audionya. Ponsel 5G ini memiliki dua speaker yang berada di atas dan bawah ponsel. Tidak main-main, audio yang dihasilkan akan lebih maksimal dan jernih. Apalagi sudah bekerjasama dengan Dolby Atmos. Tentu akan memberikan pengalaman menarik saat digunakan untuk menonton film atau game.

Baterai Tahan Lama

Samsung A52s 5G ini memiliki baterai yang cukup besar, 4.500 mAh. Baterainya sudah Super fast charging.

Fitur lainnya yang ada di ponsel ini adalah sudah tersedianya NFC dan fitur keamanan Samsung Knox.

Samsung Knox

Harga Samsung Galaxy A52s 5G

Untuk saat ini harga Samsung Galaxy A52s 5G masih diangka Rp 6,499,000. Ini harga resmi di situs Samsung.com. Mungkin kalau beli di marketplace akan mendapatkan harga yang lebih murah dari ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.