5 Negara dengan Spam Calls Terbesar di 2021 

Apa itu Spam Calls? Spam Calls adalah panggilan telepon dari seseorang atau perusahaan yang menawarkan suatu produk, jasa, atau sekedar memberikan informasi namun efeknya mengganggu penerima telepon. Spam Calls tidak hanya terjadi di Indonesia saja, tetapi hampir di semua negara di dunia. Namun, sepanjang tahun terdapat 20 negara dengan spam calls terbesar versi truecaller. 

Berdasarkan data mereka terdapat 20 negara yang sepanjang tahun memiliki banyak kasus spam calls dan beberapa negara diantaranya justru semakin buruk dari tahun ke tahun. Ini dia 5 negara dengan spam calls terbesar di sepanjang tahun 2021. 

Spam calls terbesar

1. Brazil sebagai spam calls terbesar pertama di 2021 

Brazil menduduki peringkat pertama spam calls terbesar di tahun 2021. Jumlah spam calls di negara ini jauh melebihi peringkat negara – negara di bawahnya dan mungkin masih tetap menduduki peringkat 1 tahun depan. Mengingat negara ini sudah menjajaki peringkat 1 selama empat tahun berturut – turut. 

2. Peru 

Peru menjadi negara spam calls terbesar di dunia. Tidak hanya dari Truecaller, tetapi berbagai situs lainnya juga mencatat Peru sebagai salah satu negara lima besar penyumbang spam calls. Sebanyak 46.5% spam calls di Peru berkaitan dengan Sales atau penjualan. Disusul dengan spam calls dari sektor jasa finansial dan 10% nya adalah scam. Data ini agak mengejutkan untuk Peru yang sebelumnya sudah berhasil mengurangi spam calls dengan berada di peringkat ke-4 pada tahun 2019. 

3. Ukraina 

Berbeda dengan Peru, spam calls terbesar di Ukraina datang dari sektor layanan finansial sebanyak lebih dari 50%. Uniknya, spam calls dari sales hanya sekitar 11% dan scam di negara ini bisa mencapai 20% lebih. Hal ini tentu menjadi perhatian besar karena dampak dari spam calls dengan tujuan scam sangat berbahaya dan sudah masuk pada tindak kejahatan. 

Baca juga:  Pengalaman Beli Voucher Data 4G Smartfren Kuota 60GB

4. India menggeser beberapa posisi dan menjadi negara spam calls terbesar ketiga 

Tahun 2021 menjadi tahun yang mengkhawatirkan bagi India terkait spam calls. Negara ini menduduki peringkat 4 spam calls terbesar di dunia. Hal yang paling mengejutkan adalah sebanyak 202 juta spam calls yang tercatat ternyata berasal dari 1 sumber spammer. Meskipun begitu, spam calls yang berkaitan dengan scam hanya berkisar 1.4% dimana sangat kecil sekali. Sementara persentase terbesar hadir dari sales. Ini berarti teknik pendekatan perusahaan kepada customer sudah sangat mengganggu. 

5. Mexico 

Mexico menjadi negara kelima penghasil spam calls terbesar di dunia sepanjang tahun 2021. Persentase scam masih tergolong kecil sebesar 4.8%. Meskipun begitu, scam di Mexico sudah mengarah pada penculikan virtual. Seseorang bisa menerima panggilan yang menginformasikan bahwa anggota keluarga mereka ada yang diculik dan akan dilepaskan jika mereka sudah mengirimkan sejumlah uang. 

Penawaran layanan finansial dan telepon penagihan hutang tahun ini menjadi mayoritas penghasil spam calls terbesar untuk negara Mexico.

Sedangkan Indonesia sendiri masuk pada peringkat 19 spam calls terbesar sepanjang 2021 dengan jumlah spam calls yang tidak berbeda jauh dari negara setelahnya ‘Chad’. Pergerakan kenaikan spam calls di Indonesia naik dua kali lipat sepanjang bulan Januari hingga Oktober. Kebanyakan spam calls berasal dari nomor yang belum pernah disimpan oleh penerimanya.  

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *