Acer Swift X
Acer Swift X

Acer resmi meluncurkan seri laptop Swift X terbaru dengan kode SFX14-41G. Masih dengan membawa identitas lini laptop Swift, laptop ini datang dengan karakter tipis, ringan dan stylish. Di artikel ini kami akan mengulas Acer Swift X generasi terbaru yang ditenagai prosesor AMD Ryzen 7.

Selain memberikan sentuhan pada bagian desain, performa juga menjadi kelebihan lain yang ditawarkan Acer Swift X. Tidak heran jika laptop ini diperuntukkan bagi pengguna yang berkecimpung sebagai kreator konten, video editor, hingga animator.

Langsung saja, berikut ini kami bagikan ulasan mengenai Acer Swift X generasi terbaru yang dimotori prosesor AMD Ryzen 7.

Desain

Kesan pertama yang kami rasakan ketika melihat Acer Swift X ini adalah desainnya yang bernuansa premium. Acer mengadopsi desain stylish dan elegan, serta membalutnya dalam dua varian warna Safari Gold dan Steam Blue.

Selain punya “tongkrongan” yang elegan, bodi dari laptop juga dibuat tipis sehingga memudahkan penggunanya bermobilitas. Ketebalan bodi Acer Swift X hanya sekitar 17,9mm saja dengan bobot 1,39 kg.

Dengan desain ramping yang dimilikinya, Acer tetap memperhatikan sistem pendinginan perangkat agar tetap bisa berjalan optimal. Untuk itu Acer membenamkan sistem pendingin baru yang diklaim memiliki aliran udara hingga 20% lebih baik.

Kinerja sistem pendingin yang lebih baik ini membuat pengguna bisa mendapatkan performa optimal meski laptop digunakan dalam waktu lama. Selain itu, sistem pendinginan yang optimal juga akan membantu proses efisiensi dan daya tahan baterai.

Acer Swift X sudah dilengkapi kipas pendingin lebih besar dan dirancang khusus dengan 59 bilah yang dapat memindahkan volume udara panas dari perangkat 10% lebih baik kemudian membuangnya keluar. 

Selain itu desain Air Inlet Keyboard memberikan ventilasi udara yang lebih luas, sehingga suhu tinggi tidak terperangkap di bagian dalam keyboard, serta membuat sistem membuang lebih banyak panas hingga 10%. 

Acer Swift X Keyboard

Acer juga menyediakan 3 pilihan preset kecepatan kipas (Silent, Normal, dan Performance). Anda bisa melakukan pengaturan pada kecepatan kipas ini dengan mudah hanya dengan menekan tombol Fn + F.

Ketersediaan konektornya, Acer Swift X disematkan port USB Type C, port USB 3.2 featuring power off USB Charging, port USB 2.0, port HDMI dan port jack audio 3,5mm. Laptop ini juga sudah memberikan dukungan fingerprint reader yang tertanam di bagian kanan bawah keyboard dengan Windows Hello.

Layar

Memiliki target pengguna dari kalangan desain dan kreator konten, tentunya layar laptop ini mesti memiliki spesifikasi yang mumpuni. 

Acer Swift X menggunakan layar IPS 14 inci beresolusi FHD. Bezelnya juga dibuat tipis untuk memberikan sudut pandang lebih luas dan lega. Rasio layar ke bodinya mencapai 85,73% dan memiliki sudut pandang hingga 170 derajat.

Acer Swift X - Body

Layar ini mendukung cakupan spektrum warna 100% sRGB yang membuat warna yang ditampilkan terlihat lebih cerah, lebih kaya warna dan akurat. 

Baca juga:  Acer Swift 5 Aerospace: Hadirkan Kombinasi Desain yang Ringan dan Elegan

Selain cocok untuk digunakan ketika membuat konten atau desain, layar dari Acer Swift X ini menurut kami juga pas untuk menikmati konten entertainment seperti menonton film.

Tepat berada di bezel atas tertanam kamera beresolusi HD 1280 x 720 yang mampu merekam video hingga 720p. Webcam ini juga mendukung fitur Super high dynamic range imaging (SHDR) untuk menghasilkan gambar dengan rentang dinamis yang tinggi.

Performa

Sektor dapur pacu laptop ini ditenagai AMD Ryzen 7 5800U. Prosesor ini memiliki arsitektur Zen 3 yang menjanjikan peningkatan performa 20% dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Sementara untuk pengolahan grafik nya mengandalkan NVIDIA GeForce RTX 3050 yang tergolong powerful. Kombinasi prosesor AMD Ryzen 7 5880U dan NVIDIA GeForce RTX 3050 ini sanggup diandalkan untuk edit foto atau video, hingga bermain game.

Acer Swift X memiliki RAM LPDDR4x dual channel berkapasitas 16 GB. Sementara ruang penyimpanannya berjenis SSD memiliki kapasitas 512 GB. Acer juga menyediakan slot tambahan penyimpanan untuk SSD NVMe untuk Anda yang ingin mengekspansi ruang penyimpanan.

Laptop ini juga sudah dilengkapi dengan Cortana with Voice menjadi asisten virtual yang membantu Anda  melakukan berbagai tugas seperti mencari aplikasi, membuat catatan, mencari konten atau informasi di Internet hanya dengan menggunakan perintah suara sederhana. 

Selain itu, terdapat fitur AI-enhanced noise suppression yang akan membantu mengurangi suara berisik yang tidak diinginkan (noise) di berbagai skenario pemakaian agar aktivitas video conference atau panggilan suara dapat menghasilkan audio yang lebih jernih. 

Fitur-fitur ini sangat cocok untuk pengguna yang sering melakukan meeting atau konferensi online. Tidak ketinggalan, fitur Modern Standby dan Wake on Voice untuk melengkapi berbagai fitur dan fungsi yang ditawarkan oleh Acer Swift X.

Acer Swift X menjalankan sistem operasi Windows 10 Home. Anda juga akan mendapatkan bonus aplikasi Office Home and Student 2019 yang bisa digunakan secara gratis seumur hidup.

Acer SWIFT X

Kesimpulan

Acer Swift X jadi pilihan menarik untuk Anda yang butuh laptop memiliki kemampuan untuk desain atau membuat konten. Desain stylish dan ramping juga menjadi nilai lebih yang bisa Anda dapat dari Acer Swift X.

Jangan lupakan juga bonus berupa sistem operasi Windows 10 Home dan aplikasi Office yang bisa Anda peroleh tanpa mengeluarkan biaya tambahan. Acer Swift X resmi dijual di Indonesia dengan harga Rp 14.999.000. 

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.