Ulasan Acer Nitro 5 AMD RYZEN : Laptop Dengan Visual Jernih, Performa Gigih

Acer Nitro 5 AMD RYZEN

Melengkapi jajaran Nitro 5 Series, Acer telah memperkenalkan anggota lainnya yaitu Acer Nitro 5 (AN515-46-R0CR) dengan prosesor AMD Ryzen™ 6000 Series.. Acer Nitro 5 (AN515-46-R0CR) tersedia dalam dua pilihan prosesor yaitu AMD Ryzen™ R7-6800H dan R5-6600H.

Tak hanya prosesor, laptop ini juga menawarkan dua varian kartu grafis yaitu NVIDIA® GeForce® RTX 3060 dengan 6 GB GDDR6 Dedicated VRAM (140W) dan NVIDIA® GeForce® RTX 3050 dengan 4 GB GDDR6 Dedicated VRAM (95W).

Selain prosesor, laptop ini memiliki sejumlah fitur andalan seperti layar Full HD dengan refresh rate 165 Hz dan response time 3ms, desain upgradeable dengan dual slot SSD M.2 PCIe Gen 4 dan RAM DDR5 hingga 32 GB, dukungan Intel® Killer E2600 Ethernet Controller and Wi-Fi 6E untuk konektivitas yang optimal, serta sistem termal Inovatif dengan Dual-fan Cooling, Quad-Exhaust, Upper-Air Intake dan NitroSense.

Berkat sederet fitur unggulan tersebut, Acer mengklaim bahwa laptop ini memiliki performa optimal sehingga cocok digunakan untuk bermain game kasual, edit foto dan video, serta kegiatan lainnya. Untuk membuktikan hal tersebut, kami akan melakukan review Acer Nitro 5 (AN515-46-R0CR) seperti berikut ini.

Desain dan Layar

Warna hitam yang menjadi ciri khas perangkat gaming Nitro Series kembali diterapkan di Acer Nitro 5 (AN515-46-R0CR). Namun, terdapat aksen garis yang menampilkan kesan elegan laptop ini pada cover atas. 

Selain itu, penempatan logo Acer kini diposisikan lebih ke pinggir dan berukuran lebih kecil, serta desain baru pada cover. Jika dibandingkan generasi sebelumnya, desain  Acer Nitro 5 (AN515-46-R0CR) banyak mengalami perubahan seperti disebutkan di atas.

Pada bagian depan, terbentang layar IPS berukuran 15.6 dengan resolusi FHD. Layar ini memiliki bezel yang tipis, refresh rate 165Hz dan response time 3ms. 

Semuanya terlihat lebih sempurna dalam layar Slim Bezel beresolusi tinggi Full HD dan didukung AMD FreeSync™ Premium yang menjaga agar frame rate tetap rapat dan sinkron. Kecepatan refresh rate 165Hz dan response time 3ms menjamin selama bermain game berjalan lancar. Saat kami bermain game, streaming video dan film, dan rutinitas lainnya, layar ini menyuguhkan visual yang tajam dan memanjakan mata.

Tepat di bawah layar, terdapat saluran udara di atas dan bawah yang berada di atas keyboard. Ini merupakan bagian dari desain sistem pendingin yang dimiliki oleh Acer Nitro 5.

Nitro 5 baru ini menggunakan dua kipas pendingin Acer CoolBoost. Udara panas dari dalam laptop dialirkan ke quad exhaust yang berjajar di bagian belakang. Dengan sistem pendingin ini, aliran udara menjadi 25% lebih baik.

Kecepatan dari kipas pendingin Acer CoolBoost ini bisa disesuaikan kecepatannya lewat aplikasi NitroSense. Jika sedang bermain game, kamu bisa set dengan kecepatan maksimal agar proses pendinginan juga berjalan lebih optimal, begitu juga sebaliknya. 

Ini terbukti ketika kami melakukannya, laptop tidak terasa panas saat kami bermain game dan melakukan kegiatan lain selama hampir seharian. Melalui hotkey (tombol yang ada di keyboard) juga membantu akses yang lebih cepat ke NitroSense. Cukup sekali tekan untuk bisa membuka aplikasi NitroSense. 

Masih di bagian depan laptop, disisipi keyboard dengan RGB yang membuat keyboardnya dapat menyala dengan terang serta warna-warni serta touchpad. Acer menggunakan RGB 4 zona dan warna yang ditampilkan bisa kamu atur melalui aplikasi NitroSense yang sama. Ketika menggunakan keyboard untuk bermain game, edit foto dan video, mengetik dokumen, browsing internet dan menyelesaikan rutinitas lainnya, keyboard cukup empuk dan touchpad sangat responsif.

Beralih ke sisi kanan dan kiri, ditemui beberapa port, seperti port HDMI 2.1, port USB 3.2 Gen1, 2 port USB 3.2 Gen 2, 1 port USB Type C, RJ-45 dan jack audio 3,5mm.

Acer Nitro 5 AMD RYZEN - Port

Performa dan Fitur

Kedua varian prosesor AMD Ryzen™ R7-6800H dan R5-6600H merupakan prosesor laptop tercanggih di dunia, dirancang untuk menghadirkan kinerja luas biasa, namun tetap sejuk dan tidak bising. Keduanya dibangun dengan teknologi fabrikasi 6nm terbaru. 

Baca juga:  Review Acer Aspire 5 Slim: Banyak Upgrade, Cocok untuk Kreator Konten

AMD Ryzen™ 6000 Series memiliki total hingga 8 cores dan 16 threads. Dengan clock speed hingga 5.0 GHz.

Untuk mendongkrak performanya, kartu grafis NVIDIA® GeForce® RTX 3060 dan NVIDIA® GeForce® RTXTM 3050 ini menampilkan grafik ray-tracing paling realistis dan fitur AI mutakhir seperti NVIDIA DLSS. Ditambah asupan NVIDIA DLSS sanggup meningkatkan kecepatan dengan kualitas gambar tanpa kompromi. 

Tingkatkan pengaturan dan resolusi untuk pengalaman visual pada gaming yang lebih baik. Tidak ketinggalan dukungan fitur Ray Tracing, yang dapat mensimulasikan bagaimana perilaku cahaya di dunia nyata untuk menghasilkan grafik paling realistis dan immersif dalam gameplay.

Didukung pula dual slot SSD PCIe NVMe Gen 4 berkapasitas 512 GB serta RAM DDR5 hingga 32 GB. Jika kamu merasa penyimpanan kurang luas, kamu bisa melakukan upgrade storage. Pasalnya, laptop ini mengusung desain upgradeable. Cukup dengan membuka cover belakang untuk melakukan upgrade.

Agar gaming makin lancar, laptop ini ditunjang MUX switch technology yang memungkinkan gamer dapat menonaktifkan kartu grafis terintegrasi untuk meningkatkan kinerja dalam game. Berkat kombinasi tersebut, game Hitman 3 dan Valorant berjalan mulus dan tanpa kendala di laptop ini. Visual Nya juga lebih smooth.

Kombinasi serasi dua speaker 2W dengan DTS:X® Ultra, suara menjadi jernih dan dapat disajikan dalam 3D spatial soundscape. Sehingga suara pergerakan lawan ketika bermain game Valorant terdengar jelas. Selain itu, suara dentuman peluru saat baku tembak dalam game lebih terdengar seperti sungguhan.

Ketika bermain game online, streaming video dan film, menggunakan sosial media atau sekedar browsing internet jaringan internet cukup stabil. Karena disokong Intel® Killer E2600 Ethernet Controller dan WiFi 6E dengan tools yang komplit. Sehingga menghasilkan latensi rendah dan koneksi andal yang hanya dapat disediakan oleh jaringan Killer.

Intel® Killer™ E2600 dapat secara otomatis mendeteksi, mengklasifikasikan, dan memprioritaskan lalu lintas jaringan dan memastikan data yang paling penting dikirimkan dengan cepat dengan throughput 1Gbps.

Teknologi WiFi 6E memiliki kecepatan yang lebih tinggi, yakni bisa 6x dibanding Intel® Wi-Fi 5.

Pengguna juga akan mendapatkan latensi yang lebih rendah 75% dibandingkan WiFi 5. Laptop ini dibekali baterai 57.5Wh Li-ion yang cukup hemat daya ketika kami gunakan hampir seharian untuk gaming dan kegiatan lainnya.

Berkat dukungan kedua varian prosesor AMD Ryzen™ R7-6800H dan R5-6600H dengan teknologi fabrikasi 6nm terbaru, game Hitman 3 dan Valorant berjalan mulus dan tanpa kendala di laptop ini. 

Visual Nya juga lebih smooth. Ini juga berkat asupan kartu grafis NVIDIA® GeForce® RTX 3060 dan NVIDIA® GeForce® RTX 3050 yang menampilkan grafik ray-tracing paling realistis dan fitur AI mutakhir seperti NVIDIA DLSS.

Ditambah lagi dengan layar IPS berukuran 15.6 dengan resolusi FHD, refresh rate 165Hz dan response time 3ms menyuguhkan visual yang tajam dan memanjakan mata saat kami bermain game, streaming video dan film, dan rutinitas lainnya. 

Berkat sistem pendingin termal Inovatif dengan Dual-fan Cooling, Quad-Exhaust, Upper-Air Intake dan NitroSense terbukti mampu menjaga suhu tetap dingin selama kami gunakan hampir seharian untuk gaming dan kegiatan lainnya. Daya tahan baterainya juga cukup irit dalam penggunaan yang sama.

Semua varian Acer Nitro 5 (AN515-46-R0CR) sudah tersedia secara online dan offline di Indonesia melalui Acer Official Store Indonesia dengan harga mulai dari Rp. 16.499.000. Untuk informasi seputar promo terkini dan ketersediaan produk terbaru di Indonesia, kamu bisa mengakses https://store.acer.com/en-id dan www.acerid.com.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *