Kiat-Kiat Untuk Meningkatkan Kinerja Android Anda

Android Tweak

Setiap tahunnya, sistem operasi Android semakin berkembang dengan sangat cepat. Baru saja muncul Android KitKat, muncul lagi Android terbaru bernama Android Lollipop, dan seterusnya. Tak terkecuali dengan ponsel Android. Setiap bulannya selalu ada produk terbaru dari berbagai vendor di dunia. Tidak perlu terburu-buru melakukan upgrade saat muncul sistem operasi Android terbaru.

Mengapa demikian? Anda bisa memaksimalkan kinerja pada Android yang telah digunakan. Berikut tips dan trik untuk memaksimalkan kinerja Android.

1.Melakukan rooting serta memasang custom ROM

Untuk meningkatkan kinerja Android, Anda bisa melakukan rooting pada perangkat. Walaupun dirasa hal ini sangat merepotkan, karena Anda harus mengambil risiko untuk memindahkan data-data penting terlebih dahulu. Jika sudah melakukan root, perangkat bisa mendapatkan fitur terbaru dengan performa yang lebih baik. Namun apabila perangkat Android tidak mendapatkan pembaharuan dari produsen, Anda bisa melakukan pemasangan custom ROM.

2.Matikan aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukan

Apabila perangkat Android milik Anda memiliki kapasitas penyimpanan yang terbatas, namun berisi banyak aplikasi, sebaiknya matikan atau hapus aplikasi-aplikasi yang dirasa tidak perlu. Semakin sedikit kapasitas penyimpanan yang tersisa, maka kinerja Android akan semakin tidak maksimal. Selain itu, file-file multimedia seperti foto-foto, video, atau berkas lainnya bisa dipindahkan ke memori eksternal atau cloud penyimpanan seperti Dropbox dan Google Drive.

3.Membersihkan cache aplikasi

Cara yang satu ini juga bisa dilakukan. Cache aplikasi atau data cache merupakan data-data yang dibangun sejak aplikasi berjalan. Data-data tersebut akan menumpuk jika tidak dibersihkan. Tumpukan data tersebut akan memperlambat kinerja Android. Dengan membersihkan cache aplikasi, kinerja perangkat Android bisa menjadi lebih baik. Cara membersihkannya bisa secara otomatis dengan memakai aplikasi seperti Clean Master atau Cache Cleaner yang dapat diunduh di Google PlayStore.

4.Melakukan pembaharaun aplikasi

Biasanya pihak produsen dari Android maupun aplikasi akan memberikan update secara berkala terhadap perangkatnya. Lakukan hal ini secara berkala. Dengan mendapat pembaharuan baru pada perangkat Android dan aplikasi, keamanan ponsel dan bug akan meningkat. Selain itu, Android dan aplikasi akan bekerja lebih stabil dan maksimal.

5.Mematikan Animasi

Anda bisa mematikan animasi dari sistem operasi Android. Caranya dengan membuka menu Settings, kemudian pilih tab Developer Options dan menu Drawing Option. Jika sudah, matikan Window Animation Scale, Transition Animation Scale, dan Animator Duration Scale. Animasi yang bermunculan biasanya akan semakin memperlambat kinerja dari Android.

Kelima cara di atas bisa dipraktekkan agar perangkat Android milik Anda bisa terbebas dari istilah ‘lemot’. Selamat mencoba!

Post Author: S Adi Firmansyah

Selain mengelola blog ini, pria single yang satu ini juga mengelola beberapa blog lainnya, seperti EtalaseBisnis.com - RuangPegawai.com // #TechBlogger

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG