Membersihkan Memori Internal Yang Penuh Dengan Tiba-Tiba

Internal Storage

LhaGeek.com – Ada yang pernah ngalami kejadian penyimpanan memori internal yang penuh dengan tiba-tiba? Padahal kapasitas sebelumnya masih cukup longgar dan tidak merasa mengisinya dengan file-file besar.

Kasus seperti ini sering ditemui di smartphone Android yang digunakan oleh orang awam. Maksudnya orang awam adalah mereka yang sekedar memakai ponsel Android tanpa tahu Android itu apa dan bagaimana.

Jangan anggap remeh masalah seperti ini, karena kalau dibiarkan bisa saja berakibat fatal, ponsel mati!

Sebelum membaca cara membersihkannya, lebih baik kamu ketahui dulu apa saja penyebab memori internal ini penuh dengan tiba-tiba. Sehingga nantinya kamu bisa mencegahnya agar tidak terulang lagi.

Ada beberapa hal yang menyebabkannya.

1. Cache dari sistem dan aplikasi

Ketika kamu menjalankan banyak aplikasi, maka sistem Android akan membuat sebuah file cache. Fungsi dari cache ini adalah untuk mempercepat ketika kamu akan membuka aplikasinya lagi. Jadi keberadaan cache ini sangat positif karena dapat mempercepat akses aplikasi. Tapi tetap ada kekurangannya. Yakni jika cache ini terlalu banyak, maka akan membuat kapasitas memori internal semakin sempit.

Apalagi file cache ini tidak terlihat (hidden), jadi perlu dihapus secara berkala.

2. Data dari game

Nah kalau kamu suka nge-game, terutama games HD yang membutuhkan data besar, biasanya akan terus mengunduh data yang diperlukan. Misalnya saja game Real Racing 3, itu pengguna sering disuruh mengunduh datanya.

3. Terlalu banyak menginstall aplikasi

Mungkin kamu tak pernah mengecek berapa kapasitas ukuran aplikasi yang kamu unduh. Sehingga karena banyak aplikasi yang diunduh, menyebabkan memori internal semakin terkuras.

Itu beberapa penyebab yang tidak disadari pengguna saja.

Lalu untuk mengatasi dan membersihkan memori internal yang penuh dengan tiba-tiba ada beberapa cara, diantaranya :

#Menghapus Cache

Kasus cache yang menggendut ini paling banyak ditemui. Untuk itu perlu dihapus secara berkala. Bagaimana cara menghapusnya? Caranya bisa secara manual (tanpa aplikasi) dan bisa melalui aplikasi.

-Tanpa Aplikasi :

Untuk menghapus file cache sistem bisa masuk ke Setting  > Storage & USB > Internal Memori > Cache data

Clear Cache

Sedangkan untuk menghapus cache aplikasi, bisa masuk ke Setting > Apps > pilih aplikasinya > Storage  > Clear Cache

Sekilas memang agak repot jika secara manual. Untuk itu saya sarankan menggunakan aplikasi saja.

-Pakai Aplikasi :

Di artikel ini saya mencontohkannya menggunakan aplikasi Clean Master, dimana menurut saya aplikasi sangat membantu sekali untuk mengatasi hal semacam ini.

Setelah mengunduh dan menginstallnya, langsung saja buka dan pilih menu Junk Files.

Clean Junk

Nanti akan muncul jumlah file sampah yang harus dihapus, setelah itu langsung saja hapus dengan memilih Clean Junk xxxMB.

Cara menghapus cache ini cukup memberikan efek yang signifikan. Apalagi kalau smartphone dari awal beli hingga sekarang belum pernah dihapus cache-nya. Pasti file sampah akan sangat banyak sekali.

#Uninstall Aplikasi

Cara yang kedua yakni menghapus atau uninstall aplikasi yang tidak dipakai. Buat apa pasang banyak aplikasi kalau pada akhirnya tidak dipakai. Lebih baik dihapus daripada membuat kapasitas memori internal menjadi sempit.

Pastikan kalau sudah dihapus, terus lakukan hapus Junk files pakai aplikasi Clean Master atau lainnya. Supaya bekas install-an dapat dibersihkan dengan benar-benar bersih.

#Pindahkan Data

Kalau punya data yang besar di memori internal, lebih baik pindahkan ke memori eksternal. Atau kalau ternyata smartphone tidak mendukung memori eksternal, bisa ditaruh di cloud seperti Google Drive, Dropbox, dan lainnya.

Demikian beberapa cara untuk membersihkan memori internal yang penuh dengan tiba-tiba. Semoga membantu! Jangan lupa subscribe blog ini untuk mendapatkan update artikel terbaru langsung di email kamu.

Post Author: S Adi Firmansyah

Selain mengelola blog ini, pria single yang satu ini juga mengelola beberapa blog lainnya, seperti EtalaseBisnis.com - RuangPegawai.com // #TechBlogger

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG