Ini Dia Fitur Terbaru Android 7.0 Nougat Yang Layak Ditunggu

Android-7.0-Nougat

LhaGeek.com – Update sistem operasi Android 7.0 Nougat telah diluncurkan secara resmi oleh Google pekan lalu. Dan kini pengguna smartphone Android mulai penasaran dengan apa saja fitur yang ada di Android Nougat ini.

Mengingat saat ini belum semua pengguna Android yang bisa merasakan versi Marshmallow, tapi sudah saja datang versi terbarunya, Android 7.0 Nougat.

Seperti yang sempat diperbincangkan dulu ketika masih menjadi rumor, Android 7.0 Nougat ini memang memiliki banyak fitur baru yang memang layak ditunggu. Untuk pengguna smartphone Nexus mungkin sudah bisa merasakannya. Tapi untuk smartphone lain nampaknya harus rela menunggu.

Kecuali untuk ponsel yang bakal dirilis besok September, LG V20, yang bakal menggunakan Android 7.0 Nougat. Sedangkan untuk merek lain, nampaknya harus menunggu dulu. Karena memang biasanya tiap produsen smartphone akan mengkostumisasi terlebih dahulu update Android ini agar sesuai dengan ciri khas masing-masing merek smartphone.

Nah daripada berlama-lama, lebih baik kita simak apa saja fitur unggulan dari Android 7.0 Nougat ini.

1. Quick Switch

Ini merupakan pembaharuan dari fitur yang telah ada. Jadi difitur ini nanti pengguna bisa lebih cepat dalam berpindah antar aplikasi yang baru digunakan. Fitur ini memanfaatkan tombol overview yang ada di bagian kanan bawah layar dengan melakukan double tap.

Jadi biasanya kan kalau menekan tombol overview akan muncul recent apps yang banyak itu, nah nanti ketika double tap secara otomatis akan membuka aplikasi sebelumnya. Misalnya sekarang posisi aplikasi yang aktif adalah aplikasi Facebook, sebelumnya sudah membuka Instagram. Nah dengan double tap maka aplikasi Instagram langsung terbuka, so lebih cepat saja.

2. Multi Window

Fitur yang layak ditunggu juga adalah Multi Window. Biasanya ketika kita membuka aplikasi apapun itu pasti yang tampil dilayar ya aplikasi yang sedang kita buka itu kan, nah dengan adanya fitur di Android 7.0 Nougat ini nanti kita bisa menjalankan dua aplikasi sekaligus dalam satu layar.

Jadi nanti dalam satu layar akan bisa menjalankan dua aplikasi sekaligus, tentunya pembagiannya setengah ukuran layar. Tapi ini menarik, khususnya yang suka multitasking dan nggak mau switch dari aplikasi satu ke lainnya.

Tapi fitur ini juga perlu didukung oleh spesifikasi dari smartphone itu sendiri agar mumpuni menjalankan fitur ini. Karena yang jelas dengan menggunakan fitur ini sama artinya butuh tenaga dua kali. Jadi masalah RAM, prosesor juga harus diperhatikan.

3. Instant Apps

Ketika kita ingin mencoba aplikasi yang ada di Google Play Store ya kita harus mengunduh dan menginstallnya kan ya. Tapi dengan adanya fitur Instant Apps ini pengguna nggak perlu lagi mengunduh maupun menginstall aplikasi.

Jadi semisal ada pengguna yang menuju ke sebuah link aplikasi yang ada di Play Store, maka nanti aplikasi tersebut akan berjalan layaknya seperti terinstall di smartphone. Dan Google sendiri menjanjikan proses ini berjalan dengan cepat. Tapi ya kurang tahu juga bagaimana cepatnya. So kita tunggu saja.

4. Data Saver

Sering boros kuota internet? Mungkin dengan update ke Android 7.0 Nougat ini nanti masalah boros kuota internet akan bisa teratasi. Karena ada fitur Mode Data Saver yang bisa diandalan untuk mengurangi pemakaian kuota data seluler. Ketika mengaktifkan fitur ini, pengguna bisa membatasi aplikasi mana saja yang ingin dikurangi atau dibatasi kecepatannya atau kualitas gambarnya. Sehingga dampaknya akan menghemat kuota data seluler.

5. Fitur Doze

Fitur ini dampaknya akan menghemat baterai. Sebenarnya fitur ini sudah ada di Android 6.0 Marshmallow, tapi di Android Nougat ini fitur Doze diperbaiki lagi dan diperkuat lagi agar bisa mendapatkan performa terbaiknya dalam menghemat baterai.

Dengan memanfaatkan sensor-sensor yang ada pada smartphone, fitur Doze ini akan bekerja. Ketika ponsel tidak digunakan maka penggunaan baterai akan diturunkan, sehingga akan menghemat daya baterai.

6. Enkripsi Yang Lebih Baik

Jika di Android versi sebelumnya menggunakan enkripsi yang menyeluruh, kini di Android Nougat setiap file dan folder bakal dienkripsi dengan baik. Sehingga masalah privacy data pengguna akan terlindungi dengan aman.

7. Tambahan Emoji

Kalau kamu suka kirim-kirim emoji dengan kekasih, gebetan atau mantan, nampaknya nanti ketika sudah update ke Nougat bakal lebih sering lagi kirim-kiriman emoji. Soalnya bakal ada 1.500-an lebih karakter emoji yang bisa dicoba. Tentu ini akan lebih seru.

Nah, itu dia beberapa fitur unggulan dari Android 7.0 Nougat yang layak ditunggu. Semoga saja smartphone kamu bisa dapat update Android yang satu ini. Kalau nggak dapat ya ‘lem biru’ saja (lempar beli baru).

Post Author: S Adi Firmansyah

Selain mengelola blog ini, pria single yang satu ini juga mengelola beberapa blog lainnya, seperti EtalaseBisnis.com - RuangPegawai.com // #TechBlogger

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG