Google Uji Coba Fitur Login Tanpa Password

Login Google

Password atau kata sandi adalah kode rahasia yang harus dijaga oleh setiap pengguna untuk masuk ke sebuah akun seperti email dan lainnya.

Selain harus dijaga secara private, password juga harus memiliki kombinasi yang unik. Tidak boleh sekedar nama saja tetapi juga kombinasi antara huruf, angka dan simbol karakter.

Hal itu yang juga direkomendasikan oleh Google sebagai penyedia layanan internet yang cukup banyak.

Lihat saja, hanya dengan masuk menggunakan satu akun (Google), maka pengguna sudah bisa mengakses berbagai layanan seperti GMail, YouTube, Blogger, Google Drive, dan layanan lain.

Ini artinya kekuatan sebuah sandi harus diperhatikan dengan serius.

Tapi masalahnya, masih banyak pengguna layanan Google yang belum menggunakan kata sandi yang benar-benar secure. Untuk itu, demi menjaga keamanan akun penggunanya, Google telah merancang metode login yang lebih secure.

Kali ini Google membuat sistem login yang tanpa menggunakan password. Ya..tanpa password.

Kemarin Rabu (23/12), Google telah melakukan uji coba fitur login tanpa password ini ke beberapa pengguna layanannya.

Jadi fitur login tanpa password ini mengandalkan smartphone sebagai alat otentikasinya. Ketika akan sign-in ke akun Google, pengguna hanya diminta untuk mengkonfirmasi akses melalui notifikasi yang muncul di smartphonenya. Untuk bisa menggunakan fitur ini, pengguna harus melakukan otentikasi terlebih dahulu antara smartphone dengan akun Google.

Ketika akan login, pengguna cukup memasukan alamat emailnya dan nanti akan mendapatkan notifikasi di smartphone yang telah disinkronisasi dengan akun Google yang dimilikinya.

Fitur ini sudah mendukung untuk iOS dan Android. Tapi saat ini masih dalam tahap uji coba. Dan belum ada kabar pastinya apakah fitur ini akan diimplementasikan ke seluruh pengguna atau tidak.

Post Author: S Adi Firmansyah

Selain mengelola blog ini, pria single yang satu ini juga mengelola beberapa blog lainnya, seperti EtalaseBisnis.com - RuangPegawai.com // #TechBlogger

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

  • Widya Herma

    Tapi, kalo mengandalkan no handphone juga kadan ada resikonya. Misalnya kalo nomer tersebut hilang ya pastinya bakalan lebih repot buat login. Tap setidakya inovasi google yang satu ini juga patut diapresiasi 😀