Jangan Lakukan Ini Jika Kamu Pakai WiFi Hotspot di Tempat Umum

WiFi Hotspot Umum

LhaGeek.com – Sekarang ini tempat-tempat umum sudah banyak dilengkapi akses WiFi hotspot gratis. Kamu…kamu…dan kamu bisa leluasa nyambungin WiFi hotspot di tempat itu. Semisal di cafe, hotel, bandara, kampus, dan lain-lain. Ya meskipun ada yang memberikan password, tapi WiFi hotspot tersebut bisa digunakan secara bebas.

Tapi banyak yang belum menyadari bahwa internetan lewat WiFi hotspot gratis di tempat-tempat umum tersebut bisa mengancam keamanan kamu. Bukan diri kamu saja tapi juga data yang ada di komputer/laptop/smartphone kamu.

Meskipun tidak selamanya begitu, tapi tahu tidak bahwa hacker selalu mengincar mangsanya melalui jaringan WiFi hotspot gratisan seperti itu. Untuk itu, sebaiknya kamu jangan melalukan hal-hal penting yang bisa membahayakan diri kamu. Apa saja itu?

#1 Transaksi Uang Secara Online

Buat kamu yang suka transaksi uang melalui layanan online seperti Internet Banking dan sejenisnya, mending mulai waspada jika harus melakukan transaksi di jaringan WiFi hotspot umum. Bisa jadi ketika transaksi, jaringan mu sudah diretas, sehingga si hacker bisa mengetahui data transaksi yang telah kamu lakukan. Ini sangat bahaya!

#2 Jangan Login ke Situs Pribadi

Data pribadi kamu sangat penting, dan biasanya itu ada di situs-situs pribadi kamu. Misalnya saja mengakses Facebook, Twitter, dll. Ya sebenarnya agak susah sih kalau WiFi-an di cafe tapi nggak Facebook-an. Tapi demi keamanan kenapa tidak?

#3 Login e-Mail

E-mail biasanya berisi tentang surat-surat yang penting dari klien atau data-data pribadi lain. Sekali lagi, data pribadi adalah privacy kamu. Jangan pernah orang lain tahu. Untuk itu, cegah dengan tidak mengakses e-mail di WiFi hotspot gratis.

Pastinya sulit untuk tidak melakukan hal-hal itu. Padahal itu semua memang yang sering dilakukan ketika internetan di cafe atau tempat umum lainnya.

Tenang…., untuk antisipasinya kamu bisa melakukan pencegahan kok.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar tetap aman saat internetan di jaringan WiFi tempat umum.

#Gunakan Jaringan WiFi Yang Benar

Sebelum menghubungkan laptop kamu ke jaringan WiFi, pastikan jika nama WiFi nya benar milik tempat tersebut. Nama SSID dan passwordnya sama. Sehingga kamu tidak salah masuk di jaringan WiFi hotspot yang salah.

#Akses Situs Yang Telah Terenkripsi SSL (HTTPS)

Pastikan jika ingin mengakses situs pribadi, atau ingin transaksi online, situs memiliki enkripsi SSL. Cirinya adalah di url memakai https:// bukan http://. Ini penting agar data kamu yang dikirim ke server tidak terdeteksi karena telah terenkripsi.

#Gunakan Virtual Private Network (VPN)

Sudah tahu VPN? Jika belum googling lah. VPN akan membuat jaringan kamu lebih secure. Kamu bisa lebih aman ketika menggunakan VPN. Tapi ingat, jangan pakai VPN yang gratisan. Usahakan pakai VPN yang berbayar ya.

#Aktifkan Anti Virus

Jika kamu pengguna Windows OS, lebih baik mengaktifkan anti virus yang mendukung Internet Security. Anti virus yang baik adalah yang selalu up to date. So, pastikan AV mu terupdate di versi terbaru.

#Matikan Network and Sharing

Kadang ada laptop yang membuka akses sharing folder di laptopnya secara terbuka jika sudah terhubung di jaringan internet yang sama. Untuk itu kamu perlu menonaktifkan fitur sharing ini. Pengguna Windows, kamu bisa masuk ke Control Panel, pilih Network and Sharing Center, lalu Change Advanced Sharing Settings. Selanjutnya tinggal pilih Turn of di semua pilihan.

Semoga informasi ini bermanfaat. 🙂

Post Author: S Adi Firmansyah

Selain mengelola blog ini, pria single yang satu ini juga mengelola beberapa blog lainnya, seperti EtalaseBisnis.com - RuangPegawai.com // #TechBlogger

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG