Pentingnya Melihat Spesifikasi Smartphone Sebelum Kamu Membelinya

Smartphone Hardware

LhaGeek.com – Dari pengalaman yang saya dapatkan, ternyata banyak orang yang membeli ponsel hanya sebatas karena rekomendasikan teman saja. Misalnya gini, ada salah seorang yang membeli ponsel merek A, dia merasa puas dengan ponsel itu, lantas ketika ada rekannya yang ingin membeli ponsel, ia merekomendasikan ponsel merek tersebut. Padahal dia puas hanya sebatas luarnya saja, tidak tahu dalamnya itu ponsel.

Fenomena seperti itu banyak sekali muncul terutama di kalangan pengguna awam.

Kalau kamu mau beli ponsel, sebaiknya jangan ikuti saran teman. Saran teman belum tentu benar, kecuali teman kamu memang sudah ahli dan punya pengetahuan dalam hal IT dan teknologi ponsel. Tapi biasanya orang yang ahli IT itu justru tidak menyarankan untuk membeli ponsel berdasarkan mereknya, tapi disarankan untuk mencari ponsel yang memiliki kriteria-kriteria tertentu.

Nah, salah satu contohnya dengan memberikan referensi spesifikasi yang harus ada di ponsel, khususnya smartphone.

Karena sekarang ini banyak sekali orang yang hanya terhipnotis karena iklan ponsel saja. Mereka tak mau melihat dalamnya. Padahal ketika akan membeli smartphone itu wajib mengetahui spesifikasinya. Supaya ponsel yang dibeli cocok dengan yang diinginkan.

Ada beberapa hal penting yang bisa didapatkan ketika melihat spesifikasi sebelum membeli ponsel.

#1 Tahu Jenis-Jenis Prosesor

Banyak orang awam ketika ditanya itu smartphone pakai prosesor apa? Dia jawab tidak tahu, padahal ponselnya cukup mahal. Tapi yang jelas dengan mengetahui spesifikasi chipset dan prosesornya, paling tidak bisa membandingkan pada yang smartphone bagus dan tidak. Karena salah satu indikator smartphone tersebut bagus atau tidak adalah dilihat dari prosesornya.

Chipset Performance Top 10

Saat ini ada beberapa jenis chipset prosesor, seperti  Qualcomm Snapdragron, Samsung Exynos, Intel Atom, MediaTek. Dari beberapa jenis chipset itu masing-masing punya tipe sendiri-sendiri. Misalnya saja Snapdragon yang paling banyak digunakan di smartphone. Snapdragon ini punya beberapa tipe, Snapdragon 615, Snapdragon 652, Snapdragon 808, Snapdragon 810, dll.

#2 Tahu Soal GPU

Sudah tahukah GPU itu? GPU bukan Gosok, Pijat, Urut, tapi Graphic Processor Unit. GPU ini sama halnya dengan prosesor utama, tapi fungsinya untuk prosesor grafis. Nah, smartphone yang punya GPU jelas akan memiliki kualitas render grafis yang sangat baik. Apabila kamu mencari smartphone yang baik untuk gaming, carilah yang sudah tersedia GPU.

GPU Performance Top 10

Tapi GPU ini juga bermacam-macam, kenalilah karekteristik masing-masing GPU.

#3 Lebih Mengenal Kualitas Kamera

Kalau beli smartphone dan mencari yang kameranya bagus, jangan sekedar berpatokan pada ukuran megapikselnya. Megapiksel besar belum tentu hasil memuaskan dan ini sudah banyak terjadi di beberapa merek smartphone. Dan tak jarang pula banyak pengguna smartphone yang mengeluh kualitas kameranya biasa saja padahal ukuran megapikselnya sudah besar.

Sensor Kamera

Yang menentukan kualitas kamera ponsel bagus atau tidak itu bukan saja ukuran megapikselnya, tapi ada beberapa faktor, seperti :

  • Prosesor. Jenis prosesor yang digunakan juga berdampak pada kualitas foto yang dihasilkan. Karena ini hubungannya dengan image processing.
  • Sensor Kamera. Ada beberapa jenis sensor kamera yang digunakan pada beberapa smartphone saat ini, misalnya saja sensor kamera dari Sony, OmniVision, Samsung, Toshiba, LG, dll. Nah, contohnya saja sensor gampar high-end dari Sony, yakni Exmor RS. Lalu model yang terbaru ada IMX230 dengan paduan resolusi 21MP. Sensor ini sudah digunakan di Samsung Galaxy Note 4, LG G4, dan Galaxy S6.
  • Aperture. Coba lihat spesifikasi kamera, pasti ada tulisan f/1.4 , f/2.0. Nah, aperture ini gampangnya bukaan/diafragma yang mengatur cahaya yang dapat masuk ke dalam lensa kamera. Saat ini kebanyakan smartphone menggunakan aperture f/2.o.

Aperture (1)

 #4 Tahu Kualitas Layar

Ini sangat penting. Beberapa smartphone sudah disertai lapisan pelindung layar (anti gores). Dengan mengetahui spesifikasi bagian layar ini, kamu tak perlu lagi memasang anti gores manual jika smartphone memang sudah dilengkapi dengan lapisan pelindung, misalnya Gorilla Glass.

Gorilla Glass ini salah satu merek dari lapisan pelindung layar, dan juga punya beberapa tipe yang menandakan tingkat kekuatannya. Pernah melihat smartphone yang digores pakai silet tidak apa-apa? Ya, itu sudah ada lapisan anti goresnya. Jadi nggak perlu lagi beli anti gores manual.

#5 Tahu Kapasitas Baterai

Jangan sampai membeli smartphone tapi tidak tahu kapasitas baterainya. Alhasil nanti kalau sudah dibeli cuma bisa mengeluh smartphone kok boros banget. Padahal itu kesalahan kamu sendiri kenapa milih yang kapasitasnya rendah.

Cari tahu tentang kapasitas baterai tiap-tiap smartphone. Cek juga itu pakai jenis removable (bisa dilepas) atau non-removable (tertanam di body, tidak bisa dilepas). Dan biasanya yang non-removable itu baterainya lebih awet. Cek juga tipenya apakah pakai Lithium-ion atau Lithium-polymer. Yang lebih awet itu pakai Lithium-Polymer.

***
Biasanya orang-orang hanya melihat spesifikasi smartphone hanya di bagian RAM, memori internal, dan kamera berdasarkan resolusinya saja. Dan hal seperti itu kurang menjadikan tolok ukur untuk mendapatkan smartphone yang bagus.

Lagi pula dengan melihat spesifikasinya terlebih dulu, kamu bisa memperkirakan antara kualitas dan harga. Meski harga sudah ditentukan, tapi paling tidak kamu bisa melihat smartphone dengan spek seperti ini layak dengan harga segini dan sebagainya.

Jadi, mulai sekarang coba melihat spesifikasinya lebih detail terlebih dulu. Di internet banyak sekali sumber bacaan yang bisa didapatkan untuk mendapatkan informasi mengenai spesifikasinya.

Post Author: S Adi Firmansyah

Selain mengelola blog ini, pria single yang satu ini juga mengelola beberapa blog lainnya, seperti EtalaseBisnis.com - RuangPegawai.com // #TechBlogger

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG