Tips Agar Anak Anda Terhindar Dari Hal Negatif di Internet

Internet Baik untuk Anak

Kita tidak memungkiri lagi jika internet memang begitu berdampak bagi kehidupan nyata sekarang ini. Berkat internet pun pekerjaan menjadi lebih mudah dikerjakan. Misalnya saja ketika untuk berkomunikasi dengan orang yang lokasinya sangat jauh, cukup memakai e-mail atau social media maka semua itu bisa diatasi dengan cepat dan mudah.

Akan tetapi kita juga perlu menyadari bahwa internet ini juga seperti mata pisau yang memiliki dua sisi. Selain sisi positif, internet juga memiliki sisi negatif. Hal ini diakibatkan dari kemudahan dan kebebasan mengakses internet. Sehingga banyak oknum yang menggunakan internet untuk menyebarkan hal-hal negatif ke semua orang.

Di artikel kali ini, LhaGeek ingin memberikan tips bagi orang tua. Karena saat ini banyak anak-anak yang sudah sangat bebas dan leluasa mengakses internet. Karakter anak yang memang masih labil inilah yang sangat rentan untuk terserang hal-hal negatif yang ada di internet, seperti pornografi, kekerasan melalui game, dan komunikasi yang tidak baik dari pengguna lain.

Jelas, ini harus disikapi dengan serius oleh para orang tua agar anaknya tidak mendapatkan dampak yang buruk dari penggunaan internet.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan oleh orang tua :

#Menyadari bahwa anak Anda adalah digital native

Digital native itu adalah generasi yang lahir di waktu perkembangan teknologi digital sedang berlangsung. Ya contohnya saat ini. Salah satu cirinya adalah anak cepat paham dalam menggunakan gadget. Pasti fenomena ini banyak Anda temui dan merasa Anda sebagai orang tua kalah dengan anak kecil dalam mengoperasikan gadget atau teknologi kekinian.

Ini memang bagus, tapi dilain sisi anak Anda akan mudah terpengaruh hal-hal buruk dari teknologi. Jadi tetap biarkan anak mengenal teknologi, tapi orang tua juga harus paham dan mengontrolnya agar anak tidak terjebak pada hal-hal negatif yang ada.

#Jelaskan kepada anak dengan hati

Setelah orang tua menyadari fenomena saat ini, tentu harus menjelaskannya juga kepada anak. Bicarakan dengan anak soal dampak positif dan buruknya penggunaan teknologi. Jelaskan dengan hati jangan dengan emosi. Karena jika menjelaskan dengan emosi, yang ada anak malah menjadi brutal dengan teknologi. Yang ada nantinya tidak lagi mau memikirkan hal positif dan negatifnya.

#Sepakati : “Makna perangkat elektronik dan internet dikeluarga”

Jangan sampai penggunaan perangkat elektronik dan internet berdampak buruk bagi keluarga. Misalnya saja sibuk main gadget masing-masing ketika sedang berkumpul dengan keluarga. Hal-hal seperti ini perlu dijelaskan kepada anak dan semua anggota keluarga.

Sehingga penggunaan gadget tidak menjauhkan keluarga.

#Perbaiki alasan pemberian akses perangkat elektronik pada anak

Jika Anda saat ini memberikan anak kebebasan untuk mengakses perangkat elektronik hanya agar anak bisa diam dan tidak rewel, sebaiknya perlu diralat kembali alasan itu. Karena jika alasannya seperti itu sama saja dengan memberikan anak pisau yang tajam yang bisa melukai dirinya.

Jadikan pemberikan akses penggunaan perangkat elektronik pada anak untuk sarana edukasi dan komunikasi yang positif.

#Perhatikan Rating Aplikasi

Salah satu yang disukai anak ketika menggunakan gadget adalah untuk gaming. Sebagai orang tua, Anda harus paham bahwa game itu ada ratingnya. Jadi jangan sampai anak Anda bermain game yang tidak sesuai dengan umurnya.

#Buat Aturan & Konsekuensi

Jangan hanya memberinya terus melepaskannya saja. Tapi berikan aturan dan konsekuensi kepada anak jika melanggar. Anda harus mengontrolnya agar anak tidak mengakses hal buruk yang ada di internet.

Selain itu orang tua juga harus memantau perkembangan anak selama menggunakan gadget. Jika anak mulai memperlihatkan perilaku yang buruk, misalnya cepat emosi, membangkang, sebaiknya dekati dengan hati dan cari tahu apa yang telah diaksesnya. Kalau bisa jauhkan dulu anak dari gadget.

#Gunakan Parental Control

Di artikel sebelum-sebelumnya, LhaGeek sudah menuliskan beberapa aplikasi Parental Control yang bisa diinstal di smartphone. Penggunaan aplikasi seperti ini cukup efektif untuk memonitoring dan melindungi anak dalam menggunakan gadget. Sehingga bisa membatasi agar tidak mengakses yang tidak layak untuk diakses.

Baca : 4 Aplikasi Parental Control Di Android

Itu beberapa tips yang bisa orang tua lakukan untuk menhindari hal-hal negatif di internet.

Boleh saja orang tua memberikan akses penggunakan perangkat elektronik dan internet pada anak, asal dari sisi orang tua sendiri juga punya tanggung jawab kontrol agar anak tidak mendapatkan dampak buruknya.

Karena banyak anak-anak yang mendapatkan dampak buruknya yang diakibatkan karena orang tua yang membiarkan begitu saja. Tips ini dikutip dari buku saku sosialisasi #InternetBAIK

Post Author: S Adi Firmansyah

Selain mengelola blog ini, pria single yang satu ini juga mengelola beberapa blog lainnya, seperti EtalaseBisnis.com - RuangPegawai.com // #TechBlogger

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG