Samsung Galaxy A7 2017

LHAGEEK.com – Tren smartphone sekarang ini adalah memiliki sensor sidik jari, iris scanner, dual camera, dan anti air. Dan ketika ada ponsel dengan fitur-fitur itu, pasti sudah dilihat sebagai ponsel yang paling canggih. Ya nggak? 😀

Dan wajar jika banyak brand yang berlomba-lomba untuk memproduksi smartphone dengan fitur-fitur tersebut. Salah satunya adalah Samsung yang sudah mulai mengeluarkan produk-produk smartphone yang anti air.

Adalah Samsung Galaxy A7 2017 Edition, ponsel pintar dari Samsung ini telah memiliki sertifikat IP68 yang mampu tahan air maupun debu. Ponsel ini diklaim mampu bertahan di dalam air dengan kedalaman 1,5 meter selama 30 menit. Jadi kalau kamu mau foto-foto selfie di dalam air bakal bisa. 😀

Baca juga :

Galaxy A7 2017 ini bukan satu-satunya, Samsung pun sudah banyak mengeluarkan smartphone dengan fitur anti air seperti saudaranya, yakni Samsung Galaxy A5 2017.

1Spesifikasi Samsung Galaxy A7 SM-A720 (2017)

Kalau boleh jujur, Galaxy A7 (2017) ini bukanlah smartphone kelas atas yang dikeluarkan Samsung. Karena untuk varian Galaxy A memang mayoritas memiliki spesifikasi untuk kelas menengah. Tetapi, yang bikin saya seneng, dari segi body itu well banget. Tampilan luarnya itu simple elegan, tapi justru terlihat mewah.

Ponsel ini menggunakan bahan metal di bagian body. Untuk ukuran layarnya cukup besar sih, 5.7 inci dengan resolusi 1080 x 1920 piksel Full HD. Dan tetap menggunakan teknologi Super AMOLED yang bikin tampilan semakin gonjreng. Super AMOLED ini beda dengan IPS, kalau di AMOLED ini warna putih ya putih beneran, kalau hitam ya hitam beneran. Menurut saya, teknologi AMOLED masih yang terbaik dibanding lainnya. Desain bodynya melengkung di bagian pojok-pojoknya, membuat kesan lebih sempurna.

Samsung Galaxy A7 (2017) ini menggunakan prosesor Octa-core 1.9 GHz Cortex-A53 dengan chipset dari Exynos 7880. Untuk grafisnya menggunakan GPU Mali-T830MP3.

Prosesor tersebut didukung dengan adanya RAM 3 GB, ya sudah cukup lah. Namun, akan lebih baik jika RAM 4 GB. 😀 biar nggak nanggung kali ya. Sedangkan untuk kapasitas memori internalnya adalah 32 GB dan sudah ada slot microSD up to 256 GB. Tetapi nanti pengguna hanya bisa melihat space kosong sekitar 23 GB saja, karena sisanya sudah dipakai untuk sistem.

Galaxy A7 (2017) ini sudah menggunakan Android OS v6.0.1 (Marshmallow) yang sudah dikustomisasi dengan interface khas Samsung.

Samsung Galaxy A7 2017 - Kamera

Masalah kamera, saya cukup kaget, karena baik kamera depan maupun belakang sama-sama menggunakan ukuran 16 MP dengan f/1.9. Untuk kamera belakang menggunakan teknologi PDAF. Biasanya kan kamera depan itu resolusinya kecil, atau sebaliknya. Tetapi smartphone ini memberikan resolusi yang sama untuk kedua kameranya.

Sensor-sensor bisa dikatakan cukup lengkap. Ada sensor sidik jari yang ada di tombol home, Accelerometer, Barometer, Gyro Sensor, Geomagnetic Sensor, Hall Sensor, Proximity Sensor, dan RGB Light Sensor.


2Sisi Plus Samsung Galaxy A7 (2017)

Kalau menurut saya, smartphone ini layak sih untuk dimiliki. Dengan harga sekitar Rp 5 Jutaan, kita tetap mendapatkan kualitas yang memuaskan, seperti :

  • Dukungan Fast Charging. Galaxy A7 2017 ini memiliki baterai dengan kapasitas 3600 mAh. Tidak terlalu besar tetapi cukup untuk seharian penuh. Lagi pula sudah mendukung fast charging jadi lebih efisien dalam hal pengisian daya.

  • Water-Resistance. Sudah nggak perlu takut lagi smartphone nyemplung di air. Kalau mau mandi sambil ndengerin musik pun bisa. Mau renang di kolam renang sambil selfie-an pun bisa.
  • Kamera yang maksimal. Dengan adanya kamera depan maupun belakang yang ukurannya 16 MP semua, ini membuat hasil foto semakin maksimal. Samsung itu dikenal dengan kualitas fotonya yang realistik. Artinya hasil foto ya sesuai dengan aslinya seperti saat dipandang mata.
  • Desain yang minimalis. Secara tidak langsung dengan desainnya yang simple, elegan dan penempatan tombol-tombol serta speaker di bagian sisi kanan ini membuat penggunanya semakin PD. Apalagi kalau memilih yang warna hitam, wah semakin keren.
  • USB Type-C. Di era sekarang ini sudah nggak perlu dipusingkan lagi kalau masing ngisi baterai. Pasang kabel tinggal colok saja, tidak perlu lihat kebalik atau tidak.
  • Bisa Dual-SIM Card. Di Samsung Galaxy A7 (2017) ada slot micro SIM di sisi kiri, lalu juga ada slot micro SIM kedua di sisi atas. Dua-duanya bisa aktif, sambil dipasangi kartu microSD. Karena slot microSD juga ada sendiri.

Samsung Galaxy A7 2017 - Slot

3Sisi Minus Samsung Galaxy A7 (2017)

Akan tetapi, meskipun banyak sisi plusnya, Samsung Galaxy A7 (2017) ini juga memiliki beberapa sisi minus, seperti :

  • Ukurannya yang terlalu besar. Ya, Samsung Galaxy A7 (2017) ini memiliki layar 5,7 inci. Ukuran bodynya 156.8 x 77.6 x 7.9 mm. Ya sebenarnya tidak terlalu besar, tetapi bagi sebagian orang memegang ponsel dengan ukuran layar 5,7 inci membuat kurang nyaman. Umumnya nyaman di ukuran 5 – 5,2 inci. Tapi ini masalah selera saja.
  • Tidak bisa digunakan di laut. Meskipun sudah memiliki sertifikasi IP68, tetapi ponsel ini tidak direkomendasikan untuk digunakan di air laut atau yang memiliki kadar garam tinggi. Karena nanti bisa merusak komponennya.
  • Layar kurang responsive. Kalau saat digunakan di air, maka touch screen tidak akan responsive, bahkan tidak bisa digunakan. Jadi ya kalau mau buka Facebook, Twitteran, IG-an, ya jangan di air. 😀 Kalau foto-foto saja bisa dilakukan di air, dan shutter nya pakai tombol volume.
  • Mudah kotor. Di bagian belakang ini akan mudah kotor karena bekas jari atau kalau kena minyak, karena akan mengurangi kegagahannya. Tetapi ini bisa diakali dengan menggunakan soft case atau kalau kotor ya dicuci saja. 😀

Baca juga : Teknologi Iris Scanner Bakal Jadi Pengganti Fingerprint di Smartphone

Jadi bagaimana? Apa kamu tertarik memiliki smartphone ini? Samsung Galaxy A7 (2017) memang bukan satu-satunya yang terbaik, tetapi kalau kamu ingin smartphone yang compact, simple, dan anti air, kamu bisa coba ponsel ini. Link pembelian ada di bawah ya…

Kalau pengen beli ponsel ini bisa dibeli di sini sob : https://goo.gl/fu5Ib5

Kalau kamu nggak sudah ukurannya yang gede, kamu bisa coba Samsung Galaxy A5 (2017). Spesifikasinya hampir sama, cuma ukurannya lebih kecil, anti air juga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here