Earphone Xiaomi Mi Piston

Kalau tiga bulan yang lalu saya review earphone JBL M330 Wood yang katanya original tetapi faktanya adalah fake dan sudah rusak, maka sekarang saya coba review earphone Xiaomi Mi Piston Huosai 3 Earphone Fresh Version (ORIGINAL). Iya, nama produknya sih pakai embel-embel Original.

Kemarin saya membelinya di salah satu marketplace Indonesia dengan harga Rp 84.000. Awalnya memang agak ragu, ini memang asli dari Xiaomi atau tidak. Daripada ragu, akhirnya saya coba beli saja supaya bisa direview juga. 🙂

Xiaomi sendiri punya beberapa model earphone, dan yang saya beli ini adalah produk Xiaomi yang belum resmi masuk di Indonesia. Jadi kalau dilihat di website Xiaomi Indonesia, model earphone ini belum tersedia. Tetapi sudah banyak dijual di beberapa online shop dan marketplace.

Unboxing Earphone Xiaomi Mi Piston Huosai 3 Fresh Version

Jadi menurut informasi, model earphone Xiaomi yang satu ini adalah generasi ke 3 (Fresh Edition). Saat paket datang, langsung saja saya buka. Dan ketika melihat box nya saya jadi penasaran, apakah ini memang produk original Xiaomi?

Tetapi setelah melihat tulisan informasi yang ada di sisi box nya, saya baru tahu kalau earphone ini dibuat oleh pabrikan bernama 1MORE Shen Zhen Acoustic Technology Co., Ltd. Saya tidak peran Xiaomi apa, tetapi di box itu tertulis (Principal : Xiaomi Communication Co., Ltd.). Jadi yang memproduksi bukan Xiaomi sendiri.

Makanya di bawah box adalah tulisan 1MORE DESIGN.

Entah kok saya belum bisa mengatakan ini benar-benar produk dari Xiaomi. Mengingat ketika saya melihat website Xiaomi Internasional, tidak ada produk earphone yang model ini.

Earphone Xiaomi Mi Piston - Unboxing

Setelah saya unboxing, di dalam box ini berisi 1 unit Xiaomi Mi Piston Huosai 3 Earphone, bonus 1 set Earbuds yakni dapat 2 pasang (1 pasang ukuran normal, 1 pasang ukuran kecil), kemudian di dalamnya terdapat User Manual yang berbahasa China.

Itu saja yang ada di dalam paket pembeliannya, sob.

Spesifikasi Earphone Xiaomi Mi Piston Huosai 3 Fresh Version

Kalau melihat spesifikasi dan build quality nya, earphone ini sesuai dengan harganya yang hanya di bawah Rp 100rb. Kalau kata kawan saya, earphone engan harga di bawah Rp 200rb itu kualitasnya tidak bagus dan biasanya fake.

Tapi ya terserah kalian nanti. Intinya di sini saya mau review produk ini saja.

Kalau melihat informasi spesifikasi yang diberikan, earphone ini katanya punya komposisi triband suara yang lebih stabil. Selain itu juga punya redaman yang baik, sehingga suara yang masuk ke telinga memiliki earphone ini cukup baik.

Earphone Xiaomi Mi Piston 3

Xiaomi Mi Piston Huosai 3 Fresh ini punya panjang 1.25m dengan jack type 3.5mm. Untuk speaker impedancenya 32ohm dan channel output sebesar 5mW.

Earphone ini sudah dilengkapi Built-in Microphone juga, jadi bisa digunakan untuk menerima telepon atau untuk kebutuhan recording.

Yang saya suka dari earphone ini itu adalah desain kepala earphone nya yang agak miring. Jadi buat saya itu nyaman digunakan di telinga saya. Kadang yang modelnya biasanya (tidak miring) itu sering jatuh kalau nggak dalam sekali masangnya.

Uji Coba

Saya sudah coba meskipun baru sebentar, dan kualitas suara yang dihasilkan menurut saya cukup pas dengan telinga saya. Tidak garing tetapi tidak terlalu ngebass juga. Itu saya cobanya tanpa modifikasi EQ lho ya.

Secara kualitas, saya bisa kasih nilai 70/100. Cuma yang masih bikin saya bertanya-tanya adalah apakah ini memang produk dari Xiaomi? Atau hanya dari pabrikan lain kemudian di branding Xiaomi? Saya belum tahu. Mungkin kalau kamu tahu bisa tolong komen di bawah.

Ya meskipun tadi sudah coba scan barcode yang ada di dekat jack, kemudian saya buka dari di website Xiaomi tertulis “Authentication passed! This Mi product is authentic“, saya tetap belum bisa mengatakan apakah ini produk dari Xiaomi atau bukan.

Xiaomi Authentication

Karena bisa saja itu barcode dari produk Xiaomi yang lain dan ditempel di situ.

Itu aja sih yang bisa saya ulas. Nanti coba lihat saja beberapa bulan ke depan, apakah kualitasnya masih oke atau tidak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here