Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Perkembangan Jaringan Seluler dari Waktu ke Waktu

Perkembangan Jaringan Seluler

Buat yang saat ini usianya sekitar 40-50 tahun, pasti akan merasakan perubahan jaringan seluler yang semakin membaik dan cepat. Dulu, sebelum ada smartphone, jaringan seluler hanya bisa digunakan untuk telepon dan sms saja, tapi sekarang sudah bisa digunakan untuk banyak aktivitas multimedia.

Nah anak-anak generasi sekarang ini pasti tidak akan pernah tahu bagaimana sebenarnya kondisi jaringan seluler di waktu dulu dan pertama kali muncul.

Melalui artikel ini, LhaGeek ingin berikan perkembangan jaringan seluler dari waktu ke waktu. Semoga bisa mengedukasi kita semua.

Perkembangan Jaringan Seluler

Jaringan 1G

Yang pertama kali muncul itu adalah jaringan 1G. Jaringan ini muncul sekitar tahun 1980an. Kecepatan jaringan ini maksimal hanya 2.4 Kbps. Di waktu itu sudah sangat berguna sekali, meskipun hanya bisa digunakan untuk panggilan telepon menggunakan sinyal analog.

Di era ini belum bisa digunakan untuk SMS.

Jaringan 2G

Di tahun 1990an, hadirlah jaringan 2G yang memiliki kecepatan maksimal 50 Kbps. Nah di jaringan ini diperkenalkan juga layanan SMS, MMS, dan picture message. SMS akhirnya menjadi andalan orang di era ini untuk berkomunikasi melalui pesan singkat.

Jaringan 3G

Jaringan 3G akhirnya muncul di tahun 1998 yang menawarkan kecepatan maksimal 2 Mbps jika dalam keadaan diam, dan 384 Kbps jika dalam kondisi bergera cepat.

Di era inilah mulai diaplikasikan istilah mobile broadband. Banyak orang sudah menggunakan internet melalui ponselnya dengan kecepatan yang lumayan pada waktu itu.

Jaringan 3G akhirnya mengalami perkembangan menjadi 3.5G atau HSPA (High Speed Packet Access) dan disusul 3.75G atau istilahnya HSPA+.

Hingga saat ini jaringan 3G masih banyak digunakan.

Jaringan 4G

Akhirnya di tahun 2008 muncul jaringan 4G yang hingga saat ini menjadi andalan para pengguna seluler. Jaringan ini memiliki kecepatan maksimal 1 Gbps jika dalam keadaan diam, dan 100 Mbps jika dalam keadaan bergerak cepat.

Namun, jaringan 4G ini pertama kali dikomersilkan ke pasar pada tahun 2009 di negara Norwegia dan Swedia.

Jaringan 4G ini akhirnya juga mengalami evolusi menjadi 4G LTE (Long Term Evolution) yang saat ini juga sudah banyak digunakan. Meskipun menawarkan kecepatan yang begitu cepat, tetapi faktanya jaringan 4G LTE yang ada sekarang khusus di Indonesia belum bisa maksimal.

Karena faktor meningkatnya pengguna, jaringan 4G ini menjadi sering lemot jika digunakan. Selain itu jaringan 4G juga belum merata sempurna di seluruh wilayah di Indonesia. Akhirnya banyak yang masih bertahan di jaringan 3G untuk mendapatkan jaringan seluler yang stabil.

Baca juga : Apakah Sinyal 4G Bikin Kuota Internet Cepat Habis?

Jaringan 5G

Kalau yang ini merupakan jaringan masa depan yang saat ini baru tahap uji coba dan pengembangan. Jaringan 5G diprediksi bakal muncul atau dikomersilkan pada tahun 2020. Kecepatannya diperkirakan bisa 10-20 kali lebih cepat dari jaringan 4G. Kecepatan maksimalnya bisa sampai 20 Gbps.

Dengan segala perkembangan yang ada di jaringan 5G ini diprediksi bakal bisa diimplementasikan untuk berbagai bentuk kegiatan baru, seperti AI (Augmented Reality) untuk film atau mungkin bisa digunakan untuk melakukan panggilan berbentuk hologram.

Kalau pun nanti bisa hadir di tahun 2020, jangan harap di Indonesia juga bisa hadir di tahun tersebut. Di Indonesia biasanya akan butuh waktu beberapa tahun lagi untuk mempersiapkan itu.

Itulah beberapa perkembangan jaringan seluler dari waktu ke waktu. Dan tidak menutup kemungkinan nanti di masa yang akan datang akan muncul lagi jaringan yang lebih cepat lagi.

Yang bisa kita dapat dari perkembangan jaringan seluler ini tentu kita harus bisa mensyukurinya. Dan kita harus bisa bijak dalam menggunakannya. Ini adalah momen untuk kita bisa lebih berkarya dan memanfaatkan jaringan yang sudah cepat ini untuk hal-hal yang positif.

Kalau dulu eranya 1G atau bahkan sebelum ada pesawat telepon banyak orang-orang yang bisa menciptakan karya keren, justru di era sekarang yang mana jalur komunikasi sudah sangat mudah, harus bisa menciptakan karya yang lebih banyak lagi.

Mari gunakan jaringan seluler ini dengan bijak dan positif.

Referensi :

  • https://www.lifewire.com/1g-vs-2g-vs-2-5g-vs-3g-vs-4g-578681
  • https://qz.com/1442559/everything-you-need-to-know-about-5g/

Baca Artikel Lainnya :

Net1 Jadi Pesaing Baru Bagi Provider Jaringan 4G LTE di Indonesia Kalau ditanya apa saja jaringan provider seluler di Indonesia, pasti mayoritas akan menjawab XL Axiata (Axis), Indosat Ooredoo, Telkomsel, Tri Indones...
Awas, Jaringan 4G Indosat Ooredoo Nyedot Pulsa LHAGEEK.com - Ternyata jaringan 4G tidak selamanya menguntungkan bagi pengguna telepon seluler. Faktanya banyak pengguna khususnya pelanggan Indosat O...
Sama-Sama Mendukung VoLTE, Pilih Andromax R2 atau E2? Sudahkah memaksimal jaringan 4G LTE yang ada saat ini? Pastikan mulai saat ini harus mencoba merasakan menggunakan jaringan 4G LTE yang telah ditawark...
Akhirnya XL Perluas Jangkauan 4G di Pulau Belitung LhaGeek.com - Sedikit demi sedikit berbagai daerah di Indonesia mulai terjangkau oleh jaringan 4G LTE. Berbagai provider termasuk XL Axiata juga mulai...
Ini Dia Ponsel-ponsel dengan Teknologi 4G LTE Guna mendukung jaringan 4G LTE yang mulai memasuki Indonesia, beberapa provider telepon seluler di Indonesia berlomba-lomba untuk menyediakan jaringan...


Tinggalkan Balasan