Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Menghemat Kuota Internet Saat Nonton di Netflix

Menghemat Kuota Internet Nonton Netflix

Lhageek.com, Menghemat Kuota Internet – Apakah kamu hobi nonton film di Netflix tapi sering khawatir kuota habis? Tenang, kamu tidak perlu lagi takut karena kami akan berbagi cara menghemat kuota data ketika kamu nonton Netflix!

Bentuk hiburan sehari-hari memang semakin beragam. Di masa lalu, orang menghibur diri dengan mendengarkan radio. Kemudian, televisi yang menyajikan visual.

Kemunculan komputer, internet, dan telepon pintar mengubah posisi televisi sebagai sarana hiburan. Salah satunya adalah Netflix, yang populer, terutama di kalangan anak muda. Bagi kamu yang suka nonton Netflix, pasti yang jadi kekhawatiran adalah kuota internet yang cepat habis.

Baca juga : 5 Rekomendasi Paket Internet Harga Rp 100 Ribuan Kuota Besar

Bagaimana Cara Menghemat Kuota Internet Saat Nonton di Netflix?

Menghemat Kuota Internet Nonton Netflix

Cukup ngeri bukan jumlah biaya yang diperlukan untuk menonton Netflix? Apalagi jika kamu adalah tipe orang yang harus menonton video berkualitas HD. Jika kamu menggunakan paket internet tanpa batas, itu mungkin tidak terlalu mengganggu. Tetapi apa yang terjadi jika kamu menggunakan paket internet berdasarkan volume?

Untuk alasan ini, Penulis ada di sini untuk memberikan solusi. Di bawah ini adalah cara yang dapat kamu gunakan untuk menyimpan paket data saat menonton di Netflix!

1. Tetapkan kualitas video Netflix

Sebelum kamu mengetahui mengenai cara untuk dapat menghemat kuota di Netflix, ada baiknya maka kamu juga mengetahui terlebih dahulu berapa biaya yang akan kamu perlukan untuk streaming di Netflix. Jumlah kuota yang dibutuhkan sebanding dengan kualitas yang diberikan. Semakin tinggi resolusi video yang kamu lihat, semakin banyak biaya yang kamu perlukan.

Untuk detail lebih lanjut, kamu dapat melihat referensinya di tabel berikut:

Kualitas videoPenggunaan per Jam
Di bawah (360p)0,3 GB
Sedang (SD / 480p)0,7 GB
Tinggi (HD / 720p)3 GB
Tinggi (Ultra HD / 1080p)7 GB

Netflix juga memiliki konfigurasi otomatis yang akan menyesuaikan dengan kecepatan internet yang tersedia. Nah, jika kita memilih Otomatis, biasanya akan sangat sulit untuk mengontrol penggunaan paket data, yaa. Oleh karena itu, lebih baik memilih mode yang cocok dengan sisa kuota Kamu ketika memilih paket Netflix yang ingin Kamu gunakan.

2. Melalui konfigurasi Netflix

Cara selanjutnya yang dapat Kamu lakukan adalah menggunakan konfigurasi paket data yang dimiliki oleh Netflix. Cukup buka menu Lainnya > Pengaturan aplikasi > Penggunaan data seluler. Ada beberapa opsi penggunaan data yang dapat Kamu pilih.

  • Otomatis: Netflix akan secara otomatis memilih apa yang akan menyeimbangkan kualitas video dengan jumlah data yang dibutuhkan. Secara default, Netflix Kamu akan memilih mode ini. Saat memilih mode konfigurasi ini, rata-rata Kamu hanya perlu sekitar 1 GB untuk melihat selama 4 jam.
  • Wi-Fi saja: Kamu hanya dapat mengirim ketika Kamu terhubung ke jaringan Wi-Fi, yang berarti paket data Kamu aman dan tidak akan berkurang.
  • Menyimpan data adalah mode hemat data yang hanya membutuhkan 1 GB untuk menikmati Netflix selama 6 jam.
  • Data maksimum adalah bahwa jika Kamu tidak memikirkan kuota sama sekali, Kamu dapat memilih mode ini untuk menonton video di Netflix dengan resolusi tertinggi.

Jika Kamu menggunakan mode ini, Kamu memerlukan kuota sekitar 1 GB untuk dapat mentransmisikan hanya 20 menit. Selain meninjau aplikasi, Kamu juga dapat mengakses konfigurasi ini melalui situs web Netflix resmi, tergantung di mana Kamu paling sering membuka.

3. Unduh video Netflix

Cara efektif lain yang dapat Kamu gunakan adalah mengunduhnya terlebih dahulu saat ada koneksi Wi-Fi. Metode ini juga cocok untuk Kamu gunakan ketika Kamu ingin melakukan perjalanan jauh, sehingga Kamu tidak merasa bosan selama perjalanan, yaa.

Di sisi lain, mengunduh video di Netflix juga sangat mudah. Di setiap episode film atau seri, ada tombol unduhan yang terletak di sebelah judul. Kamu hanya perlu menekan tombol itu dan menunggu sampai selesai. Oh, ya, Kamu juga dapat menyesuaikan kualitas video yang diunduh melalui pengaturan, antara Stkamur atau Tinggi.

Di atas adalah cara bagaimana Kamu dapat mencoba menghemat penggunaan data internet saat streaming di Netflix. Penggunaan paket data seringkali tidak terkontrol, terutama jika digunakan untuk transmisi video. Karena itu, aplikasi streaming seperti Netflix dan YouTube menyediakan konfigurasi untuk membantu Kamu mengelola penggunaan data agar tidak bocor.

Kamu mungkin juga suka :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.