4 Fitur Gmail yang Baru dan Jarang Diketahui Penggunanya

Gmail merupakan salah satu bagian dari Google yang digunakan untuk mengirim dan menerima email. Dengan membuat akun Gmail, maka kita dapat menjalankan berbagai fitur lainnya, seperti Google Drive, Gmaps, Youtube dan lain sebagainya.

Mungkin kita hanya mengetahui Gmail secara umum, tetapi kurang mengetahui bahwa Gmail juga memiliki fitur baru yang seharusnya bisa kita manfaatkan dengan maksimal.

Gmail ternyata bukan hanya digunakan sebagai media untuk mengirim pesan elektronik, tetapi kita sendiri bisa memanfaatkan beberapa fitur di dalamnya, untuk membuat email yang lebih teratur dan terjadwal dengan baik.

Beberapa fitur Gmail yang baru ini mungkin tidak banyak diketahui sebagian besar orang, namun, untuk orang-orang tertentu, mungkin fitur Gmail ini bisa bermanfaat untuk membantu menyelesaikan pekerjaan.

Fitur Gmail yang Baru

fitur gmail

Ternyata Gmail memiliki beberapa fitur penting yang bisa jadi Anda perlukan dalam membantu menyelesaikan pekerjaan, yang memang berkaitan dengan mengirim dan menerima email. Apa saja fitur Gmail yang baru tersebut, berikut ulasan lengkapnya:

1.Membuat Jadwal Pengiriman Email

Fitur ini sebelumnya hanya tersedia untuk platform Android, namun kini, fitur ini sudah bisa dinikmati di desktop.  Pengguna Gmail kini bisa menjadwalkan pengiriman email sesuai dengan waktu yang diinginkan. Cara menggunakan fitur ini juga cukup mudah, berikut ulasannya:

  • setelah menulis email dan memasukan alamat email yang dituju, klik ikon segitiga terbalik yang berwarna biru tepat di sebelah tombol “kirim”
  • Kemudian pilih salah satu dari waktu yang disarankan atau klik “Pilih tanggal dan waktu” untuk menyesuaikan tanggal pengiriman
  • Kemudian Klik “Jadwalkan pengiriman”

Anda dapat menggunakan fitur Gmail yang baru ini, baik pada seluler maupun desktop. Namun, dalam aplikasinya, jika tidak menemukan ikon segitiga terbalik, maka Anda harus mengklik ikon tiga titik di sudut kanan atas layar terlebih dulu.

2. Mengirim Email dengan Batas Waktu Tertentu

Kita juga bisa mengirim email dengan batas waktu tertentu, melalui fitur Gmail yang baru. Email yang mungkin berisi dokumen penting, akan memiliki timer yang tidak terlihat oleh penerimannya. Setelah penerima menerima email tersebut, timer akan menyala dan jika batas waktu yang ditentukan sudah habis, maka email tersebut tidak bisa diakses kembali oleh penerima. Fitur ini ditandai dengan ikon kunci di bagian bawah saat menulis email

3. Bisukan atau Mute Percakapan Email

Email secara personal juga bisa menjadi percakapan diantara pengirim dan penerimannya. Namun, terkadang kita mungkin kurang menyukai dengan pengirim email yang mengirimkan emailnya ke beberapa akun sekaligus, tanpa menghapus akun lainnya. Kini, hal tersebut bisa kita hindari dengan menggunakan fitur Gmail yang baru, yaitu dengan melakukan mute percakapan email. Pengguna bisa mengetuk ikon tiga titik yang terletak di bagian atas kanan halaman email, dan aktifkan fitur mute serta bisukan rantai percakapan email tersebut.

4. Gunakan Gmail secara Offline

Ternyata Gmail tidak hanya bisa kita gunakan ketika online, tetapi juga saat offline. Pengguna dapat mengakses Gmail, menulis email serta menyimpan email tersebut tanpa koneksi internet. Namun, untuk mengirimkan email tersebut, Anda tetap memerlukan koneksi internet. Caranya, temukan di menu settings, lalu pilih offline tab.

Baca juga : Cara Bikin Email Baru di Gmail Melalui Komputer & Ponsel Android

Kini Anda tidak saja bisa mengakses Gmail untuk menerima dan mengirim pesan elektronik saja, tetapi dengan fitur Gmail yang baru, Anda bahkan bisa menjadwalkan, membisukan percakapan email hingga menggunakannya secara offline. Selamat mencoba!

Kamu mungkin juga suka :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.